Harmony Blog

Apa Arti Return Dalam Investasi dan Jenisnya?

Diposting Mei 21st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Arti ReturnPin

Apakah Anda sudah memahami arti return dalam investasi? Nah, kini akan dibahas lebih lengkap tentang return.

Walaupun ada berbagai jenis investor, namun hampir sebagian besar investor menginginkan hal yang sama, yaitu mewujudkan expected return yang tinggi.

Expected return atau return ekspektasi adalah pengembalian atau jumlah keuntungan yang menjadi harapan investor agar bisa diraih di masa mendatang.Click to Tweet

Secara sederhana, arti return adalah hasil yang diperoleh dari investasi. Yaitu keuntungan investasi yang diperoleh investor saat berinvestasi.

Dalam sistem ekonomi liberal, lazim terjadi tingkat return adalah negatif atau pihak investor mengalami kerugian.

Kerugian atau capital loss bisa disebabkan berbagai hal, antara lain: saat nilai investasi turun akibat bencana alam, pandemi, hingga mengikuti suku bunga bank atau lembaga keuangan.

Keuntungan investasi dan harga aset investasi yang bisa berubah seiring waktu, membutuhkan strategi dan trik tertentu agar investasi berhasil. Arti return atau keuntungan investasi ini dapat digambarkan misalnya ketika membeli saham atau obligasi.

Dengan kata lain, arti return adalah pengembalian berupa keuntungan yang diperoleh investor. Semakin tinggi resiko investasi, biasanya expected return adalah juga semakin besar jumlahnya. Atau istilahnya “high risk, high return”.

Jenis-Jenis Return Adalah

Selain expected return dan realized return, ada pula istilah required return yang perlu diketahui pebisnis. Berikut penjelasan selengkapnya.

Jenis arti returnPin

  1. Required Return

    Seperti yang sudah dibahas mengenai arti return sebelumnya tak sedikit pebisnis atau investor yang mengeluarkan sejumlah dana tertentu untuk “modal” awal berinvestasi.

    Agar tetap memperoleh return atau keuntungan, maka dibutuhkan biaya required return. Arti required return adalah sejumlah keuntungan atau dana tertentu yang dipakai untuk pembiayaan berinvestasi.

    Baca Juga: Lembaga Keuangan: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

    Atau, bisa dibilang required arti return adalah jumlah minimal keuntungan yang harus diperoleh investor agar bisa menutupi biaya yang sudah ia keluarkan sedari awal berinvestasi.

    Required return adalah salah satu indikasi untuk menentukan apakah investor tersebut mengalami untung atau rugi.

  2. Expected Return

    Sementara itu, expected return atau return ekspektasi adalah pengembalian atau jumlah keuntungan yang menjadi harapan investor agar bisa diraih di masa mendatang selama periode berinvestasi.

    Sesuai namanya, expected return masih berupa wacana atau harapan yang belum terealisasi atau belum terwujud nyata.

    Akan tetapi, setidaknya investor dapat memperbesar peluang expected return dengan memilih sektor industri atau bidang usaha yang prospektif sesuai arti return atau keuntungan pengembalian investasi.

  3. Realized Return

    Berbeda dengan expected arti return yang masih berupa angan-angan atau harapan, maka realized return sudah terealisasi atau terwujud nyata. Jadi, realized return adalah bentuk keuntungan atau pengembalian investasi yang sudah benar-benar terjadi.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

    Bahkan, realized return adalah bahan indikator apakah expected return dan risiko-risiko yang bisa terjadi di masa mendatang.

    Jika realized return suatu badan usaha tinggi dan pengembalian historisnya mencatatkan data yang prospektif, maka performa perusahaan akan semakin baik di mata investor.

    Sehingga, penilaian investor terhadap expected arti return juga semakin bertambah di periode selanjutnya.

    Setiap investor atau pebisnis tentunya berharap memperoleh pengembalian keuntungan atau realized return yang tinggi.

Jika investasi sudah selesai, dan keuntungan sudah berada di tangan, arti return yang sesungguhnya telah terealisasi atau terwujud realized return.

Namun sangatlah wajar jika perusahaan masih ragu untuk berinvestasi di pasar saham atau bursa efek.

Perusahaan dapat berinvestasi pada peningkatan teknologi modern, peralatan atau mesin industri canggih, maupun sumber daya manusia yang profesional.

Ingin meningkatkan sistem pembukuan bisnis dengan teknologi berbasis Cloud yang modern? Saatnya, beralih menggunakan Software Akuntansi Harmony.

Kegiatan pembukuan dan akuntansi yang rumit bisa diselesaikan dengan mudah, cepat, dan praktis. Selain itu, Software Akuntansi Harmony juga menawarkan lebih dari 20 jenis laporan keuangan yang siap pakai dan menyederhanakan proses pembukuan.

Yuk, jangan tunda lagi nikmati kemudahan fitur Software Akuntansi Harmony secara real-time kapan saja dan di mana saja, GRATIS 30 hari melalui tautan ini.

Dapatkan pula berbagai info menarik seputar bisnis dan fitur Software Akuntansi Harmony secara lengkap dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony