Apa Yang Dimaksud Dengan Akuntansi Secara Umum dan Lengkap?
Harmony Blog
Accounting
Apa Yang Dimaksud Dengan Akuntansi Secara Umum dan Lengkap?
August 18, 2020
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Apa yang dimaksud dengan akuntansi? Mungkin sebagian orang sudah sangat familiar dengan pengertian akuntansi. Namun bagi yang awam dengan pembukuan dan akuntansi akan sangat bingung jika baru mendengar dan mempelajarinya.

Dalam perusahaan di mana organisasi pencari laba yang memiliki keharusan untuk berhubungan dengan permasalahan keuangan harus memberikan informasi mengenai kinerja keuangannya kepada berbagai pihak yang berkepentingan (stakeholder) dengan perusahaan.

Definisi lain menyebutkan bahwa apa yang dimaksud dengan akuntansi merupakan sebuah pengetahuan yang mempelajari perekayasaan dalam penyediaan jasa. Yang berupa informasi keuangan kuantitatif dari suatu unit organisasi dan cara penyampaian (pelaporan) informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan.

Dilihat dari beberapa definisi diatas, pengertian akuntansi dipandang sebagai suatu sistem informasi akuntansi proses seni, dan seperangkat pengetahuan yang pada dasarnya mengarah pada suatu aktivitas atau kegiatan dalam akuntansi itu sendiri.

Hasil dari proses akuntansi adalah laporan keuangan, informasi yang dihasilkan tersebut dapat menjawab informasi yang dibutuhkan para pemakainya.

Namun untuk lebih memahami mengenai apa yang dimaksud dengan akuntansi, berikut akan dibahas mengenai apa yang dimaksud dengan akuntansi, dan macam-macam transaksi yang terdapat dalam akuntansi tersebut:

Apa Yang Dimaksud Dengan Akuntansi?

Pengertian akuntansi menurut para ahli Meigs (dalam wikipedia.com, 2008) apa yang dimaksud dengan akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sebuah sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Dapat di artikan juga bahwa apa yang dimaksud dengan akuntansi adalah sebuah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan.

Secara umum, pengertian akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan, sehingga informasi tersebut dapat digunakan oleh seorang yang berkepentingan sebagai bahan untuk mengambil sebuah keputusan.

Dalam perkembangan akuntansi pada saat ini, chart of account biasanya digunakan dalam software akuntansi untuk mempermudah proses akuntansi, baik dalam proses pencatatan transaksi pengeluaran dan pemasukan.

Dengan adanya chart of account sebuah perusahaan dapat mengatur atau mengubah sendiri alur dan tatanan bagan akuntingnya. Selain itu, chart of account terbuat untuk menampilkan laporan keuangan, mulai dari neraca hingga pada laporan laba ditahan.

Dalam pengertian akuntansi sudah pasti akan berhubungan dengan angka-angka dan perhitungan rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi, dan terdapat beberapa yang telah didefinisikan bahwa pengertian akuntansi terdiri dari:

• Pengidentifikasian, mengenai atau memilah peristiwa-peristiwa ekonomi yang merupakan laporan keuangan/transaksi.

• Dilakukannya sebuah pencatatan secara sistematis, kemudian pencatatan ini diklasifikasi dengan cara diringkas.

• Pengukuran, menetapkan nilai dari peristiwa yang dipilih tersebut dalam satuan uang.

• Pengkomunikasian, menyajikan informasi berdasarkan transaksi yang sedang terjadi atau sudah berlangsung.

Baca Juga: Siklus Akuntansi Biaya : Pengertian Lengkap dan Jenis- Jenisnya

Proses Dalam Akuntansi

1. Mencatat

Proses pertama yang harus dikerjakan dalam membuat suatu laporan adalah melakukan pencatatan di berbagai transaksi yang dilakukan, seperti halnya mencatat harga pokok produksi pada perusahaan.

Hal tersebut dapat dikatakan sebagai pembukuan yang merupakan proses dari sebuah pencatatan akuntansi. Sebab pembukuan hanya berkaitan pada pencatatan dan tidak ada yang lain. Adapun 3 tahap pencatatan transaksi keuangan:

• Menggunakan sistem yang akan membantu Anda dalam mengelola catatan keuangan.

• Menggunakan sistem yang akan.

• Melacak transaksi keuangan secara terperinci.

• Menggabungkan laporan untuk menyajikan dalam satu set pada akhir laporan keuangan.

2. Meringkas

Umumnya, data mentah merupakan hasil pencatatan transaksi dan dianggap tidak terlalu penting. Data mentah juga tidak berpengaruh dalam proses pengembalian keputusan.

Tetapi di sinilah peran seorang akuntan untuk menggunakan data mentah tersebut, dengan cara membaginya menjadi beberapa kategori dan menterjemahkannya. Jadi, proses yang bisa terjadi adalah mencatat transaksi, lalu meringkasnya.

Baca Juga: Perbedaan Kas Kecil dan Kas Besar Dalam Perusahaan

3. Pelaporan

Semua segala urusan perusahaan adalah tanggung jawab manajemen. Sebagai pemilik bisnis Anda juga harus tahu tentang berbagai operasi yang terjadi dalam perusahaan dan bagaimana perusahaan menggunakan uang mereka.

Untuk mengatasi hal ini, maka pemilik bisnis harus menerima laporan keuangan. Pemilik perusahaan akan menerima laporan ini setiap bulanan, tiga bulanan dan laporan tahunan yang merangkum semua kinerja mereka.

4. Menganalisa

Tahap proses akuntansi terakhir adalah menganalisa setiap proses yang telah Anda lakukan. Setelah merekam dan meringkas, maka sangat penting untuk menarik kesimpulan dalam sebuah bisnis yang Anda lakukan. Manajemen bertanggung jawab untuk memeriksa poin positif dan negatif.

Macam – Macam Bukti Transaksi

Di dalam pengertian akuntansi, sebuah kegiatan transaksi pastinya sering Anda jumpai dalam lingkungan Anda sehari-hari. Namun dalam sebuah transaksi, terdapat macam-macam bukti transaksi yang perlu Anda ketahui, berikut macam-macam bukti transaksi dari pengertian akuntansi :

1. Bukti Transaksi Internal

Transaksi internal yaitu suatu transaksi keuangan yang terjadi di dalam perusahaan,seperti misalnya pemakaian perlengkapan, penyusutan dan lain sebagainya. Dan ada pun yang termasuk dokumen transaksi internal adalah sebagai berikut.

• Kas Masuk

Dalam sebuah dokumen kas masuk merupakan tanda bukti bahwa perusahaan telah menerima uang secara tunai (cash).

• Kas Keluar

Dalam transaksi internal terdapat dokumen kas keluar, yang dimaksud dengan kas keluar adalah tanda bukti bahwa perusahaan telah mengeluarkan uang tunai, seperti pembelian tunai, pembayaran gaji, pembayaran utang, atau pengeluaran-pengeluaran lainnya.

• Memo

Dalam sebuah transaksi, memo adalah bukti pencatatan antar bagian atau antara manajer dan bagian-bagian yang ada di lingkungan perusahaan.

custom-form-newsletter


2. Bukti Transaksi Eksternal

Jenis transaksi selanjutnya ialah transaksi eksternal, transaksi eksternal ini merupakan sebuah bukti pengeluaran uang,  bisa diperoleh dari kuitansi yang dibuat serta ditanda tangani oleh pihak penerima uang. Terdapat beberapa macam bukti transaksi, seperti misalnya faktur, kuitansi, nota kontan, cek, nota debet, dan nota kredit, tergantung pada jenis transaksi nya.

•  Faktur

Dalam jenis transaksi faktur merupakan salah satu tanda bukti telah terjadi pembelian atau penjualan secara kredit. Jenis faktur ini dibuat oleh penjual dan diberikan kepada pihak pembeli. Namun bagi penjual, faktur yang diterima disebut faktur penjualan. Biasanya faktur dibuat rangkap sesuai dengan kebutuhan., yaitu lembaran pertama untuk pembeli, lembaran kedua untuk penjual, dan lembaran ketiga untuk arsip.

• Kuitansi

Jenis transaksi kuitansi merupakan bukti penerimaan sejumlah uang yang ditandatangani oleh penerima uang dan diserahkan kepada yang membayar sejumlah uang tersebut. Dalam sebuah lembaran kuitansi terdiri dari dua bagian, yaitu bagian sebelah kanan diberikan kepada pihak yang membayar dan bagian kiri yang tertinggal sebagai arsip penerima uang.

• Nota

Transaksi nota adalah bukti atas pembayaran terhadap sejumlah layanan yang telah diberikan oleh suatu perusahaan secara tunai. Dan nota tersebut dibuat oleh pedagang dan diberikan kepada pembeli. Dan biasanya nota dibuat rangkap dua, yaitu lembaran pertama untuk pembeli dan lembaran kedua untuk penjual.

• Nota Debit

Selain nota, terdapat juga jenis transaksi nota debit. Pengertian dari nota debit ini adalah sebuah bukti perusahaan telah mendebit perkiraan pelanggan nya yang disebabkan oleh berbagai hal. Jenis transaksi ini dikirimkan oleh perusahaan kepada pelanggan nya karena barang yang dibeli dikembalikan disebabkan rusak atau tidak sesuai dengan pesanan, dan penjual setuju barangnya diterima kembali atau harganya dikurangi.

• Nota Kredit

Jenis nota kredit adalah bukti bahwa perusahaan telah mengkredit barang nya tersebut kepada pelanggan. Dan nota kredit tersebut diberikan kepada konsumen supaya konsumen tersebut tahu bahwa akun nya sudah dikredit dengan jumlah tertentu. Maka penerima nota kredit tersebut akan mencatat pada akun pihak pengirim nota.

• Cek

Jenis transaksi cek merupakan sebuah surat perintah yang dibuat oleh pihak yang mempunyai rekening di bank agar bank membayar sejumlah uang kepada pihak yang namanya tercantum di dalam cek tersebut. Pihak-pihak yang berhubungan dalam pengeluaran cek tersebut adalah pihak penarik dan pihak penerima.

Sudahkah Anda mengerti mengenai pengertian akuntansi? ketika Anda mendengar sebuah akuntansi, pasti Anda sudah tidak asing lagi untuk mengartikan nya. Sebab yang dimaksud dengan akuntansi ini sangatlah sering untuk Anda jumpai dalam kehidupan Anda sehari-hari, bahkan sering Anda terapkan baik dalam membeli suatu barang, menjual suatu barang, bahkan dalam lingkungan kerja Anda.

Namun bagaimana cara agar laporan keuangan yang Anda miliki dapat sesuai dengan apa yang Anda dan perusahaan inginkan? Anda sudah tidak perlu repot untuk membuat laporan keuangan dengan cara yang manual, bahkan memerlukan waktu lama dalam mengerjakanya. Kini Anda dapat menggunakan sebuah software akuntansi Harmony.

Harmony merupakan software akuntansi online yang memudahkan bisnis Anda dalam mengelolasistem informasi akuntansi dan kebutuhan akuntansi lainnya, sehingga waktu yang Anda tidak terbuang sia-sia.

Harmony menyediakan software akuntansi dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan walau Anda tidak memiliki background sebagai akuntan sekalipun. Harmony sudah membantu banyak perusahaan dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam membereskan pembukuan secara akurat dan realtime. Ingin mencoba Harmony? Silahkan daftar Gratis 30 Hari di sini.

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Instagram, Facebook, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/