Apa Sih Peran Analis Keuangan (Financial Analyst) dan Cara Memilih Yang Tepat?
Harmony Blog
Finance
Apa Sih Peran Analis Keuangan (Financial Analyst) dan Cara Memilih Yang Tepat?
December 19, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Analis keuangan tentunya akan dibutuhkan dalam sektor keuangan perusahaan. Hal ini dikarenakan bahwa analis keuangan memiliki tujuan untuk memantau kondisi keuangan yang berguna dalam mengantisipasi resiko kerugian di dalam perushaan.

Seperti yang diketahui bahwa analis keuangan adalah seseorang yang akan melakukan kegiatan untuk menilai kelangsungan kegiatan usaha, profitabilitas, stabilitas dan menganalisis kegiatan usaha. Dengan demikian profesi analis keuangan ini menyajikan dan memberikan informasi laporan keuangan dalam bentuk rasio.

Hasil laporan inilah di dalam analis keuangan yang tersajikan kepada pimpinan perusahaan, untuk mengambil suatu kebijakan perusahaan yang biasa disebut sebagai financial leverage. Agar nantinya setiap keputusan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan bisa dilakukan secara tepat, serta menunjukkan kekuatan dan kelemahan dari kondisi keuangan perusahan tersebut.

Sebagai analis keuangan yang berarti harus menganalisis kondisi keuangan serta memperkirakan untung dan rugi dalam perusahaan tersebut.

Apa Yang Dimaksud Profesi Analis Keuangan (Financial Analyst)?

Secara umum, seorang analis keuangan adalah orang yang bekerja di dalam perusahaan untuk memantau, menganalisis serta mempelajari data keuangan tersebut.

Dengan ilmu dan pengetahuan yang didapat, berguna untuk memprediksi hasil atau dampak perusahaan tersebut. Sehingga seorang analis keuangan akan merekomendasikan apa saja panduan keuangan dan wawasan dari pilihan yang terbaik bagi perusahaan.

Maka dari itu perusahaan yang menggunakan analis laporan keuangan akan mencari seseorang yang profesional di bidangnya, agar bisa mendapatkan strategi finansial untuk bisnis tersebut.

Selain itu analis keuangan juga memiliki peran untuk menganalisis dan melaporkan perubahan kinerja keuangan tersebut masih menjadi tugasnya.

Apa Tanggung Jawab dan Tugas Analis Keuangan?

Selain menganalisis adapun tanggung jawab dan tugas analis keuangan dalam perusahaan, yaitu :

1. Mengumpulkan Seluruh Informasi Serta Data

Sebagai analis laporan keuangan sebaiknya mengumpulkan seluruh informasi serta data yang akan dibutuhkan, seperti laporan historis keuangan, harga saham statistik, akuntansi buku besar, data ekonomi makro, riset industri serta semua data kuantitatif lainnya.

2. Mengatur Data Informasi

Setelah mengumpulkan seluruh data, dan memasukan data ke excel atau database lainnya. Maka selanjutnya yaitu data tersebut di atas dan dibersihkan setelah itu di masukan ke dalam format supaya dapat mudah dipahami.

Cara ini dilakukan supaya dapat mengurutkan angka berdasarkan data, kategori, penambahan rumus atau fungsi dan memastikan format laporan tersebut dilakukan secara konsisten supaya mudah dipahami dan dibaca.

3. Ketahui Hasil Analisis Keuangan Serta Prediksi Perusahaan

Setelah merapikan data dalam excel, selanjutnya analis keuangan mulai menganalisis informasi data historis masa lalu. Seperti contoh analisis keuangan rasio margin kotor, margin bersih, biaya tetap atau variabel, tingkat pertumbuhan laba atas ekuitas, aset, rasio utang atau ekuitas, dan saham earning per share (EPS).

Tahap selanjutnya yaitu memprediksi informasi historis yang sudah dianalisis, serta memperkirakan hasil kinerja perusahaan dimasa mendatang. Metode prediksi ini meliputi kegiatan analisis regresi, dan tingkat pertumbuhan laba.

4. Berikan Hasil Rekomendasi Dan Buat Hasil Model Excel

Profesi ini harusnya tidak hanya mahir di angka saja, namun juga memiliki wawasan yang luas namun juga memiliki solusi untuk meningkatkan perusahaan. Contoh analisis keuangan yaitu merekomendasikan solusi agar dapat memotong atau memangkas biaya.

Profesi ini juga harus melihat peluang untuk meningkatkan pendapatan, meningkatkan produk di pangsa pasar, serta menambah efisiensi kepuasan pelanggan.

Untuk membuat hasil analisis keuangan menjadi model excel di perusahaan manapun, model keuangan merupakan bagian penting. Seperti model perencanaan internal (budget management), diskon analisis arus kas (model DCF), dan model LBO (leveraged buyout) dan model M&A (mergers and acquisitions).

5. Buat Presentasi Dan Hasilkan Laporan Untuk Internal

Ketika hasil laporan dan analisis sudah dilakukan oleh seorang analis keuangan, maka langkah selajutnya hasil analisis data tersebut akan di input ke dalam excel. Setelah itu dipindahkan ke dalam bentuk power point untuk di jadikan grafik supaya dapat persentasikan kepada manajemen perusahaan.

Hasil laporan internal merupakan hal yang penting bagi seorang analis keuangan, hal ini supaya dapat melacak hasil analisis secara aktual serta anggaran perusahaan. Hasil ini juga sangat penting bagi perusahaan serta klien yang ingin mengetahui informasi tersebut dengan jelas, mudah dimengerti, tepat waktu, akurat, dan berwawasan luas.

custom-form-newsletter

Skill Apa yang Dibutuhkan sebagai Analis Keuangan?

Setelah Anda mengetahui tugas analis keuangan (financial analyst), sebaiknya Anda juga perlu memiliki skill sebagai profesi analis keuangan di perusahaan. Di mana posisi ini membutuhkan keterampilan hard skill serta soft skillnya yang membuat Anda menjadi lebih profesional diantaranya :

Cara Memilih Yang Tepat Sebagai Analis Keuangan         

Dalam mencari analis keuangan terdapat hal yang harus diperhatikan di dalam perusahaan dengan memilih seseorang yang memiliki keahlian 3 hal, yaitu seperti:

1. Memiliki Keahlian Analisis Serta Mempunyai Sertifikasi

Sebagai seorang analis keuangan perlu memiliki beberapa keahlian serta sertifikasi keahlian yang menambah daya tarik perusahaan. Keahlian lainnya yaitu mahir menggunakan komputer serta internet, dan juga diperlukan keahlian berbahasa asing terutama bahasa Inggris.

2. Dapat Melakukan Secara Cepat

Sebagai tugas analis sudah seharusnya melakukan kegiatan tersebut dengan cepat dan tepat. Agar pekerjaan tersebut dapat menghasilkan laporan yang diinginkan perusahaan secara efektif dan efisien.

3. Memiliki Ketelitian Dan Cermat

Memiliki ketelitian dan cermat merupakan hal yang wajib sebagai seorang analis keuangan, karena data keuangan sangat berkaitan dengan kondisi perusahaan saat itu. Sehingga dibutuhkan keahlian analis untuk menghasilkan saran dan solusi yang tepat bagi perusahaan

Profesi ini tentu memiliki peran yang penting bagi perusahaan, kehadirannya berguna untuk melakukan analisis data keuangan. untuk itu, sebaiknya lakukan perencanaan keuangan perusahaan supaya laporan tersebut menjadi lebih rapi dan mudah dipahami.

Dengan bantuan seorang analis keuangan secara tidak langsung juga dapat membantu perusahaan lebih supaya lebih mudah untuk menentukan kondisi finansial perusahaan secara keseluruhan. Agar mudah menentukan serta menyajikan laporan keuangan perusahaan, cobalah gunakan software Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang sangat mudah dan praktis digunakan. Harmony software sudah membantu ribuan pemilik bisnis khususnya pelaku usaha kecil dan menengah dalam membantu mereka membuat laporan keuangan  secara instan dan tanpa perlu repot.

Tidak hanya itu saja, Harmony juga hadir dengan fitur akuntansi yang sangat mengikuti perkembangan jaman. Dengan 20 lebih laporan keuangan real time maka Anda akan dipermudah dalam mengontrol keuangan usaha, sehingga Anda bisa lebih fokus dalam pengembangan usaha Anda. Jadi tunggu apalagi, Coba gunakan Harmony secara GRATIS selama 30 hari disini.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service.

Kunjungi halaman sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya serta ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/