Harmony Blog

Apa sih Arti Barter serta Kelebihan dan Kekurangannya Dalam Bisnis?

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Arti Barter-HarmonyPin

Sebagian dari Anda mungkin ada yang belum mengetahui apa arti barter? Barter merupakan kegiatan tukar-menukar barang yang dilakukan oleh dua pihak tanpa menggunakan alat bayar seperti uang. 

Pada zaman dulu kegiatan barter menjadi jenis transaksi yang sering dilakukan melalui penukaran barang dengan barang atau jasa.

Barter terjadi ketika seseorang melakukan tukar menukar barang atau jasa tanpa melibatkan mata uang.

Meski secara nilai finansial, dalam melakukan barter bisa saja tidak seimbang, di karenkan adanya perbedaan harga pokok ataupun nilai barang yang dimiliki berbeda-beda antara kedua pihak tersebut.

Namun masing-masing pihak yang terlibat biasanya telah sepakat. Selain itu, keuntungan yang diperoleh pun didasari oleh asas manfaat yang tepat.

Barter dilakukan oleh dua belah pihak yang saling membutuhkan, maka barang dianggap seimbang ketika kedua belah pihak telah sepakat untuk melakukan barter.

Selain itu kejujuran dari kedua belah pihak juga menjadi kendala dalam transaksi barter. Jika salah satu pihak tidak jujur terhadap kualitas barang yang ditukarnya, maka akan merugikan pihak lainnya.

Untuk mengetahui barter lebih lanjut, pada kesempatan ini kita akan membahas secara mendalam mengenai apa itu arti barter serta kelebihan dan kekurangannya dalam bisnis.

Baca Juga: Prinsip Etika Bisnis : Penjelasan dan Penerapannya dalam Bisnis

Apa itu Barter?

Sistem barter merupakan metode kuno dalam sistem perdagangan di dunia. Pola transaksi itu dikenal jauh sebelum ada yang namanya uang sebagai alat tukar.

Penerapan sistem barter sangat sederhana. Cukup menukar satu barang dengan barang yang dimiliki orang lain.

Transaksi tukar-menukar tersebut selayaknya harus disepakati oleh kedua belah pihak, sehingga barang tersebut memiliki nilai yang berbeda-beda dalam transaksi dalam masyarakat.

Selain itu barter memiliki beberapa sifat utama yaitu, pihak yang ingin melakukan kegiatan barter harus mempunyai barang untuk bisa ditukarkan, pihak yang melakukan barter harus memiliki rasa saling ingin membutuhkan dan kegiatan ini harus dilakukan pada saat yang bersamaan, dan nilai barang yang di barter harus setara.

Dalam proses kegiatan barter, tentu bukan hal yang mudah untuk mencari orang yang ingin melakukan penukaran barang miliknya dengan orang lain karena asas manfaat yang ada di dalamnya.

Sistem barter juga akan mampu mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi antara kalangan atas dan kalangan bawah. Karena setiap individu akan saling memerlukan barang yang mereka butuhkan.

Kelebihan dan Kekurangan Barter dalam Bisnis

Berikut di bawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan barter dalam dunia bisnis yaitu:

Kelebihan Barter

• Dapat Meningkatkan Arus Kas.

Dalam melakukan barter, tentunya tidak ada melibatkan uang sebagai alat pembayaran. Hal tersebut menjadi alat alternatif dalam perekonomian modern pada saat ini.

Sebab Anda dapat menyimpan uang tersebut untuk keperluan lain yang tidak bisa Anda lakukan dalam kegiatan barter seperti pembayaran utilitas dan bunga pinjaman.

Untuk itu, saat ini sistem barter menjadi semakin penting ketika nilai uang menurun tajam karena dampak inflasi.

Menghindari Terjadinya Pemborosan.

Dengan adanya barter juga dapat mengurangi pemborosan, karena barang apa yang Anda tukarkan merupakan jenis barang yang sedang Anda butuhkan.

Namun sebaliknya, jika Anda membeli barang peralatan bisnis dengan menggunakan uang, maka kemungkinan Anda akan membeli jenis barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan dan akan membuat keuangan bisnis Anda menjadi berkurang.

Mengenal Satu Sama Lain

Dalam melakukan kegiatan barter, tentu Anda akan sering melakukan komunikasi dan bertukar barang antara satu sama lain. Karena sering bertukar barang akan menjadikan seseorang lebih mengenal antara satu sama lain.

Karena dengan sistem ini seseorang lebih banyak bernegosiasi atau berkomunikasi atas perdagangannya dalam menjalankan bisnis. Tentu komunikasi bisnis dapat Anda lakukan dalam kegiatan ini.

Orang yang hidup pada jaman dahulu rata-rata mereka mempunyai hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar. Salah satunya adalah adanya sistem barter ini. Semakin sering orang melakukan barter maka semakin banyak pula orang yang akan dikenalnya.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Produk Tidak Laku Menjadi Laris Manis

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kekurangan Barter

Barang Tidak Dapat di Bagi. 

Satu pihak mungkin ingin membeli sejumlah barang orang lain, tetapi agen itu hanya memiliki satu unit barang lain yang tidak dapat dibagi dari barang lain yang bernilai lebih.

Misalnya, satu pihak ingin membeli satu sepeda untuk anaknya dan hanya memiliki seekor sapi. Satu ekor sapi seharusnya dapat ditukar dengan beberapa sepeda, namun karena hanya membutuhkan satu unit, tentu dia akan berpikir jika harus menukar satu sepeda dengan sapi miliknya.

Sulit Dalam Melakukan Transaksi

Untuk sebuah transaksi terjadi kedua belah pihak harus menginginkan barang yang dimiliki satu sama lain. Misalnya, jika seorang peternak sapi ingin memiliki topi, tetapi pemilk usaha pembuat topi tersebut tidak menginginkan barang si peternak sapi, maka peternak tersebut batal memiliki topi.

Barang Harus Dibawa

Barang yang akan ditukarkan harus dibawa kemana-mana. Jika jumlah barang yang mau ditukarkan masih sedikit tidak akan menjadi masalah besar.

Namun bayangkan jika seseorang yang memiliki jumlah barang yang banyak untuk di barter, maka tentu akan sangat kesulitan ketika harus membawa barang barter tersebut.

Bagaimana Sistem Barter di Era Saat ini?

Seperti yang kita tahu, bahwa sistem barter merupakan cara lama yang digunakan dalam sistem pertukaran barang. Namun bukan berarti pada zaman sekarang sistem barter sudah tidak digunakan lagi.

Di era saat ini, sistem penerapan barter jauh lebih moderen, kompleks dan variatif. Jenis barang yang di barter juga bukan lagi barang untuk kebutuhan pangan, melainkan sudah jenis barang sandang hingga aktiva perusahaan baik yang berwujud dan tidak berwujud.

Adapun contoh sistem barter yang sering dilakukan oleh masyarakat ataupun pebisnis pada saat ini yaitu:

• Sistem tukar tambah, barter bisa juga melalui tukar tambah yang berkaitan antara uang dengan barang, yaitu seperti barang elektronik, laptop, handphone, TV dan lainnya.

• Menukarkan utang dengan saham, cara ini bisa dijadikan oleh beberapa perusahaan. Dimana perusahaan ini memiliki utang dengan bank, dan meminta kepada perusahaan lainnya untuk membayar utang tersebut dengan penukaran saham.

• Seperti contoh barter jasa atas kolaborasi bisa Anda ketahui melalui era sekarang yang marak ditonton oleh masyarakat seperti aplikasi Youtube.

Melalui Youtube ini artis, influencer, atau pebisnis lainnya dapat tampil berkolaborasi dengan Youtube mereka masing-masing.

Sehingga naiknya popularitas aplikasi Youtube dan penambahan subscriber pada seorang influencer akan dianggap menjadi barter serta keuntungan.

Walau sudah ada sejak zaman dulu, nyatanya barter masih sering terjadi dalam sistem ekonomi dengan sedikit mengalami perubahan dalam penerapannya.

Selain itu sistem barter juga bisa dijadikan solusi ampuh ketika nilai mata uang menjadi terus menurun karena adanya inflasi terhadap mata uang.

Untuk Anda yang melakukan transaksi dengan perusahaan lain dengan menggunakan sistem barter.

Anda harus mengakui pendapatan dari adanya transaksi barter tersebut dan harus mencantumkannya pada laporan laba rugi berdasarkan nilai wajar dari kegiatan non barter.

Di era teknologi, pastinya pebisnis modern dipermudah dengan kecanggihan sistem yang dapat membantu Anda menjalankan bisnis.

Dengan mengikuti sistem yang ada, Anda perlu memastikan pula metode pembukuan menggunakan sistem akuntansi yang modern dan memiliki teknologi canggih serta lebih efisien baik waktu maupun biaya.

Harmony adalah software accounting yang dapat Anda gunakan di era modern saat ini. Dengan berbasis cloud, Harmony dapat membantu Anda melakukan pencatatan laporan keuangan secara real time.

Anda tidak perlu repot, karena software Harmony menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan. Sudah saatnya Anda memakai teknologi Harmony. Cukup daftarkan diri Anda disini dan nikmati Gratis 30 Hari, dan rasakan perbedaannya sekarang juga.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Anda juga mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony