Harmony Blog

Apa Saja Produk Bank Syariah di Indonesia?

Diposting Mei 22nd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Produk Bank SyariahPin

Produk bank syariah menjadi makin digemari masyarakat Indonesia. Karena merupakan salah satu negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia.

Melihat fakta tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Syariah Nasional sangat mendukung sistem syariah di dunia perbankan.

Minat masyarakat Indonesia semakin tinggi dengan produk bank syariahClick to Tweet

Bank syariah adalah suatu bank yang menyediakan berbagai macam jenis produk bank dengan mengupayakan instrumen-instrumen keuangan sesuai dengan ketentuan dan norma syariat islam.

Prinsip-prinsip syariah tentunya diakomodasi dan disertakan dalam produk-produk bank syariah yang disediakan.

Jenis produk bank syariah ini kurang lebih sama dengan produk-produk perbankan konvensional. Meskipun memiliki kesamaan, tentu kedua bank ini juga memiliki perbedaan antara bank syariah dan konvensional. 

Dalam perkembangannya, sistem ekonomi syariah ini juga tengah populer dikalangan masyarakat pada saat ini.

Sebab dengan adanya peran dan visi pemerintah terhadap kawasan industri halal menjadikan bank syariah sebagai prioritas untuk mengembangkan perekonomian.

Seperti yang kita tahu juga, bahwa hidup di zaman modern seperti ini ketergantungan akan jasa layanan bank sangatlah sulit untuk dihindari dalam praktek kehidupan kita sehari-hari.

Dapat dibayangkan, jika tidak adanya bank tentu sangat sulit untuk menyimpan dan juga mentransfer uang, mendapatkan tambahan modal usaha atau melakukan transaksi perdagangan antar negara secara efektif dan aman.

Namun hal tersebut tidak perlu untuk Anda pikirkan lagi, kini Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai macam transaksi dengan memanfaatkan berbagai macam produk bank syariah.

Yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh pebisnis juga. Berikut beberapa jenis produk bank syariah yang perlu Anda ketahui yaitu:

  1. Deposito Syariah

    Dalam perbankan syariah terdapat produk bank yang dapat Anda manfaatkan yaitu produk deposito syariah. Jenis produk bank syariah ini adalah sebuah produk simpanan berjangka yang dikelola bank syariah.

     

    Deposito syariahPin

    Jenis produk ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan prinsip mudharabah.

    Selain itu untuk penarikannya juga tidak bisa dilakukan sewaktu-waktu. Sebab ada  waktu penarikan yang mana sudah disepakati sebelumnya oleh pihak bank dan juga dengan pihak nasabah.

    Untuk keuntungan deposito di bank syariah berupa nisbah atau bagi hasil. Umumnya nisbah yang ditawarkan adalah 60:40 untuk nasabah dan juga bank.

    Baca juga : Ketahui Perbedaan Akuntansi Syariah dan Akuntansi Konvensional

    Lalu apa manfaat yang dapat diambil oleh nasabah ketika menggunakan produk ini? Berikut manfaat dari produk deposito syariah yaitu:

    • Pengelolaan dananya dilakukan secara syariah jadi dipastikan halal.
    • Terdapat fasilitas automatic roll over (ARO)
    • Pembagian keuntungan yang Anda terima bisa Anda atur sendiri dan bisa juga dijadikan sebagai jaminan pembayaran.
    • Dana nasabah sudah dipastikan aman karena dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  2. Pembiayaan atau Pinjaman Syariah

    Pembiayaan atau Pinjaman Syariah

    Jenis produk perbankan syariah selanjutnya adalah pembiayaan atau pinjaman syariah. Dimana nasabah yang melakukan pinjaman dana harus wajib melunasi utang tersebut dalam bentuk pembayaran langsung atau cicilan.

     

    Pembiayaan atau pinjaman syariahPin

    Transaksi ini tentu tidak tergolong riba selama bertujuan tolong-menolong dan tetap mengikuti syariat.

    Selain itu keuntungan yang didapatkan dari margin harga beli barang di toko dengan harga jual kepada nasabah.

    Seperti contoh, apabila nasabah meminjam uang tunai untuk membeli komputer, maka bank syariah akan membelikannya terlebih dahulu di toko.

    Kemudian komputer tersebut dijual kepada nasabah dengan harga yang sudah dimasukkan dalam margin.

  3. Tabungan Syariah

    Produk bank syariah ketiga adalah tabungan. Tabungan merupakan simpanan dana dalam jumlah tertentu.

    Selain itu, tabungan syariah ini juga terkait dengan adanya kesepakatan yang sudah disepakati bersama antara nasabah dengan pihak bank.

    Kesepakatan tersebut berupa akad mudharabah tentang simpanan yang pengelolaanya diberikan kepada bank dengan sistem bagi hasil.

    Perlu Anda tahu juga, bahwa produk syariah ini menerapkan sistem bagi hasil bukan bunga, sehingga dapat menghindari adanya unsur riba yang tidak halal.

    Terkait dengan masyarakat di Indonesia yang mayoritas beragama Islam, pengelolaan atau manajemen keuangan syariah dibutuhkan untuk dapat menyesuaikan dengan prinsip-prinsip dalam Agama Islam.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

    Selain itu perbankan syariah ini juga berperan dalam mengelola dana simpanan untuk disalurkan sebagai modal usaha produktif yang sesuai dengan prinsip syariah.

    Keuntungan yang diberikan juga dalam bentuk hasil, sesuai dengan kesepakatan yang sudah ditentukan.

  4. Gadai Syariah

    Jenis produk bank syariah ini merupakan produk pinjaman tunai dari bank syariah kepada nasabahnya. Dalam produk bank syariah ini, gadai syariah menggunakan akad rahn atau ijarah.

     

    Gadai syariahPin

    Selain itu syarat utama yang harus dilakukan nasabah adalah wajib menyerahkan barang jaminan kepada pihak bank.

    Namun apabila nasabah atau debitur tidak sanggup melunasi cicilan tersebut, maka barang jaminan yang Anda berikan akan dijual untuk menutupi utang.

    Namun apabila harga barang yang dijual melebihi hutang, maka kelebihannya akan dikembalikan kepada debitur.

    Seperti dalam pandangan islam, di mana barang yang digadai tetap menjadi milik debitur, otomatis biaya pemeliharaan juga akan ditanggung debitur yang kemudian dibayarkan kepada kreditur atau bank

  5. Giro Syariah

    Produk bank syariah yang terakhir ialah giro syariah. Jenis produk bank syariah ini merupakan produk simpanan di bank syariah yang mana dana yang Anda simpan tersebut bisa ditarik dengan menggunakan cek atau bilyet giro selain kartu ATM.

    Nasabah giro juga disebut sebagai giran, yang mana bisa dari perorangan atau badan hukum yang membutuhkan kemudahan bertransaksi dalam jumlah yang sangat besar kapan saja.

Itulah beberapa produk perbankan syariah, mau pilih yang mana?

Setelah itu, Anda perlu mengelolanya dengan baik. Dan jangan lupa untuk terus membereskan pembukuan. Agar nantinya tidak mengalami kerugian.

Untuk membantu Anda, hadir Software Akuntansi Harmony yang bisa menjadi pilihan Anda dalam mengelola pembukuan dan akuntansi bisnis perusahaan. Mengapa demikian?

Sebab, Software Akuntansi Harmony dilengkapi berbagai fitur dan modul akuntansi yang fungsional dan memudahkan sistem pembukuan bisnis menjadi lebih modern, cepat, dan reliable.

Segera yuk, pakai GRATIS 30 hari Software Akuntansi Harmony untuk membuktikan keunggulannya. Daftar melalui tautan ini atau follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info terupdate aktivitas media sosial kami.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony