Harmony Blog

Apa Itu Virtual Account, Cara Kerja dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Diupdate Apr 8th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Virtual AccountPin

Virtual account (VA) adalah sebuah metode pembayaran otomatis lewat akun yang dibuat khusus untuk tiap pelanggan. Saat melakukan transaksi, perusahaan akan memberikan VA kepada pelanggan berupa nomor ID. Nomor tersebutlah yang akan digunakan pelanggan untuk menyelesaikan transaksi.

Virtual account adalah suatu metode pembayaran dan didesain untuk memunculkan nomor ID yang unik dan berbeda bagi setiap transaksi pelanggan.Click to Tweet

Dengan perkembangan teknologi tentu banyak berpengaruh dalam mempermudah aspek kehidupan. Kita tidak mengalami keterbatasan dalam melakukan sistem pembayaran karena semuanya dapat dilakukan secara online dengan adanya digitalisasi.

Pembeli tidak hanya dapat melakukan pembayaran melalui uang giral atau uang cash atau melakukan transfer melalui bank pilihan mereka. Tentu kini Anda dapat melakukan banyak pilihan jenis pembayaran lain.

Anda dapat menggunakan fitur transfer dari ATM, mobile banking, hingga aplikasi OVO, Dana, Go-Pay dan virtual account. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mempermudah dan mempersingkat waktu Anda, karena kini Anda tidak perlu untuk mengantri di bank.

Kini sudah banyak masyarakat yang menggunakan VA, selain cepat, praktis dan efisien. Virtual account ini tentu lebih aman, dikarenakan adanya fitur verifikasi otomatis sehingga penggunanya tidak perlu lagi mengirim bukti transfer atau transaksi mereka.

Apa itu Virtual Account?

Akun virtual atau virtual account adalah suatu akun sementara yang digunakan oleh konsumen dalam melakukan transaksi. Bentuk contoh virtual account ini berupa sebuah nomor ID customer.

Apa itu virtual accountPin

Tentunya jenis VA ini sangat berbeda dengan bank transfer. Jika Anda melakukan pembayaran dengan bank transfer secara manual, tentunya Anda perlu melakukan konfirmasi pembayaran secara manual dan mengirim bukti transfer berupa foto struk transfer dan lainnya.

Namun apabila Anda menggunakan VA, tentunya Anda sudah tidak perlu repot lagi dalam mengirimkan bukti transfer. Anda hanya melakukan pembayaran sesuai dengan nilai invoice ke ID yang diberikan oleh penjual. Apabila pembayaran Anda sudah sukses, maka transaksi Anda akan tercatat secara otomatis.

Lalu Bagaimana Cara Kerjanya?

Dengan VA tentu akan memudahkan pelanggan dalam melakukan dan mengidentifikasi pembayaran non tunai dengan mudah.

Cara kerja virtual accountPin

Adapun contoh virtual account yaitu, apabila seorang pedagang melakukan tiga jenis pembayaran sebesar Rp. 200.000.

Maka satu akun VA ini dapat digunakan secara instan untuk melakukan transaksi pembayaran, dengan cara memberikan nomor rekening unik untuk melakukan pembayaran. Adapun cara kerja VA yang harus Anda ketahui yaitu:

  • Pedagang (Merchant) akan memberitahu kepada calon pembeli untuk melakukan pembayaran ke nomor invoice yang spesifik untuk dilakukan pembayaran.
  • Selanjutnya untuk setiap nomor VA akan langsung terkait dengan pembeli atau faktur (Invoice).
  • Setelah pembayaran yang dilakukan sudah diterima, maka akan ada notifikasi balik yang dikirim ke pedagang, dan selanjutnya pedagang dapat langsung mengidentifikasi pembeli dari invoice, di mana pembayaran tersebut sudah dilakukan.

Baca Juga: Budget Management – Pengertian, Fungsi Dan Cara Membuatnya

Apa Saja Manfaat Penggunaan Virtual Account (VA)?

Proses pembayaran yang dilakukan melalaui VA tentu akan semakin mudah dan praktis. Selain itu Anda juga secara langsung memperoleh satu nomor yang langsung memberitahukan kepada Anda berapa jumlah nominal transaksinya.

Setelah itu uang yang datang lewat transaksi tersebut bisa langsung masuk ke dalam rekening bisnis Anda secara real time. Lalu transaksi yang dilakukan akan tercetak langsung secara otomatis. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi susah dalam mengecek manual transaksi yang dilakukan satu-persatu.

Dengan memudahkan para pebisnis dalam bertransaksi, pihak bank juga telah menyediakan pilihan untuk Anda dalam memberikan nomor VA yang telah disesuaikan dengan nomor ponsel dari pihak pelanggan.

Hal ini dilakukan agar perusahaan dan konsumen mudah melakukan transaksi serta mudah untuk mengingat nomor VA.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Virtual Account

Adapun beberapa pembayaran melalui VA yang sudah disediakan oleh pihak bank besar Indonesia yaitu:

  • Virtual Account Mandiri

    Tentu bagi Anda yang memiliki rekening mandiri sudah tidak asing lagi dengan istilah virtual account mandiri ini. Apabila Anda melakukan pembayaran melalui rekening mandiri, Anda dapat melakukan pembayaran dengan melalui virtual account mandiri, transfer ATM, transfer iBanking dan juga melalui M-Banking.

  • Virtual Account BRI

    Untuk setiap pengguna akun BRI juga dapat melakukan pembayaran melalui virtual account BRI, transfer ATM, transfer iBanking serta transfer M-Banking. Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih jelas mengenai penggunakan contoh virtual account BRI ini. Anda dapat menghubungi cabang BRI terdekat di kota Anda.

  • Virtual Account BCA

    Bagi para pemilik bisnis ataupun konsumen yang memiliki rekening BCA, Anda dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan virtual account BCA dengan transfer melalui ATM, transfer KlikBCA, dan juga dapat melalui M-bangking BCA.

    Tetapi untuk melakukan virtual account BCA hanya dapat dilakukan pembayaran dengan menggunakan rekening sah BCA saja. Untuk lebih lanjutnya Anda dapat mengikuti panduan dari Bank BCA tersebut.

  • Virtual Account BNI

    Selain bank yang sudah dijelaskan di atas, bank ini juga memiliki cara pembayaran virtual account BNI yang menyediakan layanan yang dapat mempermudah pelanggannya.

    Melalui virtual account BNI ini, setiap pengguna rekening BNI juga dapat melakukan pembayaran melalui transfer ATM, transfer iBanking, M-Banking dan juga dapat melalui SMS Banking.

Itulah pembahasan mengenai VA, sebagai pebisnis Anda juga bukan hanya fokus pada sistem pembayaran yang Anda miliki saja bukan? Anda juga harus memperhatikan pembukuan untuk setiap transaksi yang Anda lakukan.

Untuk itu, Anda bisa mengandalkan aplikasi akuntansi berbasis cloud dalam membantu pengelolaan transaksi bisnis Anda. Salah satunya yaitu Harmony Software Akuntansi.

Cobalah untuk Anda gunakan software akuntansi seperti Harmony yang dapat dengan mudah melakukan rekonsiliasi bank secara otomatis, pembuatan invoice otomatis, pemantauan stok, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Gunakan Harmony sekarang juga GRATIS 30 hari.

Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony