Apa Itu Total Quality Management (TQM), Elemen dan Keuntungannya
Harmony Blog
Business
Apa Itu Total Quality Management (TQM), Elemen dan Keuntungannya
February 1, 2021
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Apakah Anda pernah mendengar istilah Total Quality Management atau TQM? Dalam ilmu manajemen, TQM merupakan salah satu strategi yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Seorang pebisnis seharusnya memahami tentang Total Quality Management yang mungkin bisa diterapkan pada bisnisnya. Simak penjelasan tentang Total Quality Management, elemen dan keuntungannya bagi bisnis berikut ini.

Penerapan Total Quality Management yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan membuat bisnis tersebut semakin berkembang.

Pengertian Total Quality Management

TQM atau Total Quality Management adalah sistem manajemen kualitas yang berfokus pada pelanggan dengan melibatkan semua level karyawan guna melakukan peningkatan atau perbaikan yang berkesinambungan. Pengertian lainnya, total quality management adalah strategi manajemen yang bertujuan menanamkan kesadaran kualitas pada semua proses dalam organisasi.

Secara sederhana, bisa disimpulkan total quality management adalah pendekatan manajemen untuk mencapai keberhasilan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan. Prinsip kerja TQM adalah dengan menggunakan strategi, data dan komunikasi yang efektif untuk menyatukan kedisiplinan kualitas ke dalam kegiatan dan budaya perusahaan.

Pelaksanaan total quality management yang baik akan diperoleh jika seluruh karyawan perusahaan turut serta aktif dalam melakukan peningkatan proses, produk, layanan serta budaya pada perusahaan tersebut. Tujuannya agar bisa menciptakan kualitas terbaik melalui total quality control terhadap layanan atau produk agar kepuasan pelanggan bisa tercapai.

Beberapa contoh total quality management yang bisa dijumpai yaitu penerapan manajemen operasi yang komprehensif untuk meningkatkan mutu produk. Contoh total quality management lainnya adalah pembinaan sumber daya manusia yang menyeluruh untuk menghasilkan layanan terbaik kepada pelanggan. Strategi pemasaran yang melibatkan semua divisi dalam perencanannya juga merupakan contoh total quality management yang diterapkan dalam bisnis.

Elemen Pokok Total Quality Management

Ada 8 elemen atau karakteristik dalam implementasi total quality management, yaitu :

1. Elemen Total Quality ManagementFokus pada Pelanggan

Elemen atau karakteristik TQM yang pertama yaitu fokus pada pelanggan. Produk atau jasa yang diproduksi atau dijual harus bisa memenuhi ekspektasi pelanggan. Perusahaan harus melakukan riset, inovasi dan total quality control secara terus-menerus agar bisa menyediakan produk atau jasa yang terbaik untuk pelanggannya.

2. Keterlibatan Karyawan Secara Keseluruhan

Elemen atau karakteristik TQM yang kedua adalah karyawan. Dalam konsep TQM semua karyawan harus dilibatkan agar menghasilkan layanan dan produk yang terbaik. Perusahaan diharapkan memberikan pelatihan kepada karyawannya agar mereka lebih terampil dalam menjalankan tugasnya. Penerapan sistem penilaian dengan menggunakan KPI (Key Performance Indicator) akan membuat kinerja karyawan lebih efektif sehingga bisa menghasilkan TQM yang baik.

3. Sistem yang Terintegrasi

Perusahaan harus mempunyai sistem yang terintegrasi dengan baik untuk mencapai visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan. Hal ini juga merupakan salah satu elemen pokok dalam konsep TQM. Penggunaan sistem informasi manajemen mungkin dibutuhkan dalam proses integrasi yang dilakukan.

4. Pendekatan Strategi dan Sistematik

Elemen atau karakteristik TQM lainnya yaitu pendekatan strategi dan sistematik dalam mencapai visi, visi dan tujuan perusahaan.  Proses ini disebut juga dengan manajemen strategi, yaitu manajemen yang melakukan perencanaan strategi dalam mengintegrasikan seluruh konsep kualitas pada strategi perusahaan secara menyeluruh.

Baca juga : Manajemen Proyek: Pengertian, Tujuan dan Contohnya

5. Pemusatan Perhatian pada Proses

Elemen berikutnya yaitu perhatian pada peningkatan proses yang merupakan pondasi dasar dalam konsep TQM. Proses yang dimaksud di sini adalah serangkaian langkah yang dimulai dari penerimaan input supplier dan mengubahnya menjadi output yang akan dikirimkan ke pelanggan.

6. Peningkatan yang Berkesinambungan

Elemen selanjutnya yaitu peningkatan yang berkesinambungan. Dengan adanya peningkatan berkesinambungan akan mendorong perusahaan untuk menciptakan cara-cara yang lebih efektif dalam mencapai tujuan perusahaan serta memenuhi harapan semua pihak yang berkepentingan.

7. Komunikasi

Elemen yang terakhir yaitu komunikasi. Perubahan yang terjadi dalam perusahaan yang mencakup perubahan strategi, kebijkanan, jadwal dan lain sebagainya harus dikomunikasikan dengan baik kepada semua karyawan. Komunikasi yang efektif juga bisa memberikan motivasi dan semangat kerja dalam mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

8. Keputusan Berdasarkan Fakta

Total Quality Management mewajibkan perusahaan untuk mengumpulkan dan melakukan analisis data secara berkesinambungan. Tujuannya adalah agar bisa membuat keputusan atau kebijakan yang akurat dan tepat sasaran. Dengan menggunakan data, manajemen perusahaan dapat menarik kesimpulan berdasarkan kejadian ataupun hasil sebelumnya.

Keuntungan Total Quality Management

Pada dasarnya konsep total quality management bertujuan meningkatkan kualitas dan mengidentifikasi ukuran kualitas terbaik melalui total quality control yang efektif agar kepuasan pelanggan bisa tercapai. Oleh karena itu, penerapan total quality management pada suatu perusahaan bisa memberikan beberapa keuntungan, antara lain :

1. Total Quality Management Bisa Menciptakan Kepuasan Pelanggan

Penerapan sistem total quality management yang efektif akan memberikan kepuasan kepada pelanggan. Keluhan yang diterima perusahaan akan hilang atau menjadi sedikit dan hal ini akan menjadi daya saing dalam kompetisi usaha yang ada.

2. Terjadi Penghematan Biaya Dalam Total Quality Management

Sebuah perusahaan yang menerapkan total quality management secara konsisten dari waktu ke waktu akan berhemat pada beberapa hal. Karena TQM bisa mengurangi biaya perusahaan, khususnya pada bidang scrap, rework, layanan lapangan, serta pengurangan biaya garansi.

3. Total Quality Management Mampu Mengurangi Cacat

Sistem total quality management lebih fokus dalam meningkatkan kualitas dalam suatu proses daripada memeriksa kualitas menjadi sebuah proses. Tentu saja hal ini akan menghemat waktu karena tidak perlu memperbaiki kesalahan yang terjadi.

4. Menciptakan Daya Saing yang Kuat

Perubahan dan perbaikan yang dilakukan secara terus menerus dalam sistem TQM akan membuat perusahaan memiliki daya saing yang kuat. Perusahaan lebih siap untuk memasuki persaingan yang lebih ketat dalam dunia bisnis.

custom-form-newsletter

5. Mengembangkan Sistem Komunikasi yang Efektif

Impelementasi TQM juga bisa membantu mengembangkan sistem komunikasi antar karyawan dan departemen menjadi efektif. Hal ini karena dalam prosesnya TQM membutuhkan interaksi dan keterlibatan semua karyawan.

6. Moral Karyawan Menjadi Meningkat

Keberhasilan dari penerapan sistem TQM mampu meningkatkan moral karyawan dalam bekerja. Peningkatkan moral tersebut bisa mengurangi pergantian karyawan, mengurangi biaya untuk merekrut atau menghemat waktu untuk melatih karyawan baru.

Sebagai seorang pebisnis, Anda seharusnya memahami tentang total quality management. Mungkin hal itu bisa diterapkan dalam bisnis Anda agar semakin bertumbuh. Selain itu, agar bisnis bisa berkembang dengan baik, Anda juga harus bisa mengelola keuangannya dengan benar. Agar laporan keuangan usaha bisa dibuat dengan cepat dan mudah, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/