Harmony Blog

Apa Itu Rentabilitas Modal Sendiri Dalam Rasio Keuangan?

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

rentabilitas modal sendiriPin

Perusahaan selalu berharap bahwa rentabilitas ekonomis yang diperoleh akan lebih besar dari biaya bunga yang dibayarkan. Untuk itu, perlu diukur kemampuan menggunakan modal sendiri menggunakan rasio rentabilitas modal sendiri.

Dengan rentabilitas modal sendiri, maka kemampuan perusahaan dalam menggunakan modal sendiri untuk memperoleh laba bisa dipertimbangkan oleh pihak manajemen. Selain itu, efisiensi penggunaan modal sendiri dalam perusahaan dapat diukur dengan menghitung rentabilitas modal sendiri dan rentabilitas ekonomis.

Rentabilitas ekonomis adalah bentuk rasio rentabilitas dan profitabilitas yang mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba.

Rentabilitas ekonomis merupakan salah satu bentuk rasio profitabilitas dan rentabilitas yang mengukur kemampuan perusahaan dalam menggunakan keseluruhan modal untuk menghasilkan laba. Tinggi rendahnya rasio rentabilitas ekonomis akan memberikan pengaruh terhadap efisiensi penggunaan modal.

Pengaruh juga akan dilihat dari naik turunnya penjualan dan pembiayaan yang dilakukan perusahaan. Namun, apabila perusahaan menetapkan kebijaksanaan untuk menggunakan modal asing, maka penambahan tersebut harus dipastikan agar bisa memberikan efek finansial yang menguntungkan.

Cara memastikannya bisa  dengan menggunakan analisis rasio rentabilitas dan profitabilitas. Rasio rentabilitas adalah alat analisis yang sering digunakan untuk mengukur permasalah tersebut.

Pengertian Rentabilitas Modal Sendiri

Rentabilitas modal sendiri adalah kemampuan perusahan dengan modal sendiri yang untuk menghasilkan laba. Dengan kata lain, rentabilitas ini berupa perbandingan antara jumlah laba yang tersedia dengan modal sendiri yang yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut.

Baca Juga : Mengenal Current Ratio dan Cara Menghitungnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Setiap modal sendiri yang digunakan dalam operasional perusahaan, maka keuntungan yang diperoleh diharapkan lebih besar dibandingkan dengan pemakaian modal asing dari luar operasional perusahaan. Hal ini disebabkan adanya beban bunga yang harus dibayarkan. Dalam teknik rentabilitas modal sendiri, besar kecilnya rentabilitas akan sangat dipengaruhi oleh modal sendiri dan laba bersih yang diperoleh.

Faktor yang dapat membedakan tingkat rentabilitas modal sendiri adalah besarnya Earning After Tax (EAT) dan besarnya modal sendiri yang dimiliki perusahaan. Jika perusahaan memakai modal asing, maka perusahaan akan menanggung biaya bunga yang tentu saja akan mengurangi pendapatan bersih perusahaan dan berdampak pula pada penurunan tingkat rentabilitas modal sendiri. Tapi, apabila perusahaan tidak menggunakan modal asing, maka perusahaan tidak perlu menanggung biaya bunga sehingga tingkat rentabilitas modal sendiri akan meningkat.

Menghitung Rentabilitas Modal Sendiri

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya, bahwa rentabilitas modal sendiri (RMS) adalah perbandingan antara laba yang tersedia di perusahaan dengan jumlah modal sendiri yang dimasukan oleh pemilik perusahaan. Dalam perhitungannya, hal ini yang harus dicari adalah besarnya laba bersih (earning after tax) dan jumlah modal sendiri. Untuk lebih mudahnya, bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Image 38Pin

Melalui rumus tersebut, maka akan menghasilkan rasio dalam bentuk persen. Apabila rasio yang dihasilkan dari menunjukkan persentase yang lebih besar dari standar yang ditentukan, maka usaha selama satu periode dinilai bisa berjalan dengan baik. Tetapi, sebaliknya apabila angka rasio yang dihasilkan lebih kecil dari standar yang telah ditentukan, maka usaha selama satu periode dinilai tidak bisa memanfaatkan modalnya dengan baik.

Dalam sebuah bisnis, informasi yang disajikan dalam laporan keuangan sangat penting untuk mengukur RMS dan menentukan standarnya. Maka dari itu, teknik pembukuan dan laporan keuangan perusahaan harus benar. Dari laporan keuangan akan diketahui data-data berupa laba bersih, profit margin, penghasilan bruto, modal, dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat informasi penting dalam laporan keuangan untuk menentukan rasio likuiditas. Solusi terbaik adalah menggunakan software akuntansi Harmony yang dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik untuk menyusun berbagai bentuk laporan keuangan.

Cukup dengan melakukan pendaftaran di sini, maka Anda akan menggunakan software akuntansi Harmony ini secara free trial selama 30 hari. Gunakan juga Harmony Accounting Service, jika Anda ingin terima beres laporan keuangan bisnis Anda.

Harmony Accounting Service merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Ikuti update mengenai seputaran keuangan, bisnis, dan lainnya. Anda dapat mengunjugi sosial media Harmony seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony