Harmony » Blog » 

Apa Itu Pemangkasan Suku Bunga Dalam Bisnis?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 21, 2020

Kita sering mendengar istilah tentang suku bunga dan pemangkasan suku bunga. Istilah ini digunakan dalam dunia perbankan, akan tetapi dampak pemangkasan suku bunga tersebut tidak hanya berpengaruh pada dunia perbankan saja. Pemangkasan suku bunga juga berdampak pada dunia bisnis serta mempengaruhi pendapatan nasional suatu negara.

Pemangkasan suku bunga memberikan banyak dampak positif dalam dunia usaha tetapi pemerintah harus mengontrol kenaikan dan penurunan suku bunga agar memiliki keseimbangan yang baik.

Secara umum, terjadinya pemangkasan terhadap suku bunga akan menguntungkan dunia bisnis dan mampu membuat pebisnis merasakan dampak yang signifikan. Pemangkasan suku bunga ini berpengaruh pada kinerja keuangan dalam suatu perusahaan, khususnya perusahaan yang menggunakan pinjaman dari bank dalam menjalankan usahanya.

Pengertian Suku Bunga

Sebelum mengetahui tentang pemangkasan suku bunga, kita harus memahami dulu pengertian dari suku bunga. Suku bunga yang ada memang identik dari bank sehingga disebut suku bunga bank. Suku bunga adalah biaya yang harus dibayar oleh nasabah atas pinjaman uang yang mereka pinjam dari bank. Contoh suku bunga yang ada adalah suku bunga tabungan, suku bunga deposito, suku bunga KPR dan lain sebagainya.

Implementasi dari kenaikan atau penurunan suku bunga berdampak juga pada performa keuangan perusahaan yang tercermin dari laporan keuangan perusahaan tersebut. Angka dalam laporan keuangan bisa dikoreksi karena turun atau naiknya tingkat suku bunga. Oleh karena itu, biasanya perusahaan melakukan audit beberapa kali terhadap laporan keuangannya karena berhubungan dengan perubahan suku bunga.

Pengertian Pemangkasan Suku Bunga

Dari definisi suka bunga diatas, maka bisa disimpulkan pemangkasan suku bunga adalah pengurangan biaya yang harus dibayar oleh nasabah atas pinjaman uang yang mereka pinjam dari bank. Dengan adanya pemangkasan ini, nasabah tidak sepenuhnya membayar bunga secara penuh pada bank melainkan terdapat pengurangan pada pembayarannya. Dimana pengurangan tersebut disesuaikan dengan kebijakan masing-masing bank dan atau pemerintah.

Berikut ini adalah pengaruh pemangkasan suku bunga bagi dunia bisnis.

1. Menguntungkan Bagi Para Pebisnis

Pemangkasan suku bunga bisa berpengaruh terhadap keuntungan bagi para pebisnis. Keuntungan yang akan didapatkan oleh mereka jauh lebih besar dibanding saat suku bunga tinggi karena beban membayar bunga pinjaman bank menjadi lebih kecil.

2. Membuat Pinjaman Ke Bank Menjadi Lebih Mudah

Saat suku bunga mengalami pemangkasan, maka peminjaman uang ke bank akan menjadi lebih mudah karena pebisnis merasa tidak diberatkan dengan beban bunga pinjaman tersebut. Pada umumnya juga bank lebih mudah mencairkan pinjaman saat suku bunga rendah. Hal ini sejalan dengan penerapan ilmu ekonomi yang berhubungan dengan suku bunga.

Baca juga : 10 Ilmu Ekonomi Yang Wajib Anda Tahu Jika Anda Sebagai Pengusaha

[elementor-template id="26379"]

3. Bisnis Bisa Berjalan dan Tumbuh dengan Baik

Pengaruh lainnya dari pemangkasan suku bunga adalah bisnis bisa berjalan dan tumbuh dengan baik. Pebisnis akan memanfaatkan pinjaman dari bank untuk menjalankan dan mengembangkan usaha mereka. Dengan uang pinjaman tersebut pebisnis mampu untuk membayar biaya operasional, biaya pemasaran dan biaya pengembangan usaha mereka.

4. Pendapatan Semakin Tinggi

Dampak dari bisnis yang berjalan dengan baik adalah pendapatan perusahaan semakin tinggi sehingga terjadi peningkatan remunerasi kepada karyawan. Karena mendapatkan peningkatan remunerasi maka daya beli masyarakat semakin baik dan menyebabkan pertumbuhan ekonomi menjadi naik. Oleh karena itu pemerintahan suatu negara sangat memperhatikan tentang kenaikan atau penurunan suku bunga.

5. Perputaran Uang Dalam Bisnis Terlihat Lebih Jelas

Dengan adanya pemangkasan suku bunga, maka perputaran uang yakni dari modal dan keuntungan akan terlihat jauh lebih jelas karena masyarakat mempunyai uang lebih banyak dan bisa membeli barang dengan uang tunai bukan kredit.

Namun demikian, walaupun pemangkasan suku bunga membawa banyak dampak positif untuk dunia bisnis tetapi pengontrolan terhadap suku bunga harus tetap dilakukan agar nilai suku bunga tidak anjlok yang juga bisa mengakibatkan kerugian besar. Dalam hal ini umumnya pemerintahan suatu negara akan berusaha agar terjadi keseimbangan yang baik dalam suku bunga.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa perubahan suku bunga bisa membuat laporan keuangan yang sudah dibuat harus direvisi. Revisi akan menjadi sesuatu yang merepotkan jika laporan keuangannya dibuat secara manual. Oleh karena itu dibutuhkan software akuntansi agar laporan keuangan mudah direvisi.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Dengan menggunakan Harmony, maka ucapkan selamat tinggal pada pembukuan yang merepotkan. Gunakan GRATIS 30 hari dengan mendaftar disini.

Harmony juga menyediakan jasa pembuatan laporan keuangan dan analisanya. Bagi pebisnis yang memerlukan jasa tersebut bisa melihatnya di Harmony Accounting Service. Ikuti update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn .

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram