Apa Itu Payroll, Manfaat dan Faktor Yang Mempengaruhi Gaji Karyawan
Harmony Blog
Business
Apa Itu Payroll, Manfaat dan Faktor Yang Mempengaruhi Gaji Karyawan
February 6, 2021
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Apa itu payroll? Untuk evaluasi kinerja para karyawan yang sangat banyak jumlahnya, bisa digunakan KPI berupa komponen gaji yang biasanya dipusatkan melalui payroll. Ada banyak jenis perusahaan di Indonesia, mulai dari skala kecil, menengah, hingga skala besar. Setiap perusahaan harus menerapkan Key Performance Indicator (KPI) sebagai skala pengukuran kuantitatif untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dalam mencapai targetnya.

Fungsi utama dari payroll adalah untuk membantu bagian administrasi atau HR dalam memberikan gaji kepada karyawan perusahaan setiap bulan.

Bagi para pengusaha sangat penting untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa itu payroll. Anda mungkin sering mendengar istilah ini, namun belum tahu pasti apa itu payroll, manfaat dan fungsinya bagi perusahaan. Berikut ini akan dibahas mengenai apa itu payroll beserta manfaat dan faktor yang mempengaruhi komponen gaji karyawan.

Apa Itu Payroll

Untuk mengetahui apa itu payroll, Anda bisa memahami pengertiannya dari laman resmi investopedia. Payroll artinya suatu sistem pembayaran upah yang dikelola oleh perusahaan kepada karyawannya dalam kurun waktu tertentu. Jadi, bisa dimengerti bahwa payroll artinya suatu sistem pemberian upah yang digunakan saat ini dan lebih modern daripada zaman sebelumnya.

Fungsi utama dari payroll adalah untuk membantu bagian administrasi atau HR dalam memberikan gaji kepada karyawan perusahaan setiap bulan. Manfaat dari payroll akan sangat dirasakan oleh perusahaan dengan skala yang cukup besar dengan jumlah karyawan yang pastinya sangat banyak pula.

Baca Juga : Pengertian Organisasi dan Manfaatnya Bagi Anda

Dalam praktiknya, setiap karyawan suatu perusahaan akan diberikan rincian berupa komponen gaji yang diberikan oleh pihak perusahaan. Misalnya rincian atas gaji pokok, uang lembur, potongan pajak, tunjangan transport, uang makan, BPJS, dan lain sebagainya. Dengan menerapkan payroll dalam komponen gaji, maka setiap karyawan akan mudah memahami informasi atas gaji pokok dan tunjangan yang diterimanya setiap bulan.

Manfaat Payroll dalam Sistem Penggajian

Setelah Anda tahu apa itu payroll, maka Anda bisa memahami secara sekilas bahwa manfaat utama dari payroll adalah dalam sistem penggajian. Baik perusahaan maupun karyawan akan mendapatkan manfaatnya karena sistem ini memberikan kemudahan dalam mentransformasikan informasi mengenai sistem penggajian suatu perusahaan. Manfaat payroll dalam sistem penggajian antara lain:

Memberikan informasi yang lebih jelas dan cepat mengenai laporan gaji bulanan karyawan, baik untuk individu karyawan maupun HR.

Menghemat waktu divisi penggajian perusahaan dalam menjalankan tugasnya.

Memberikan informasi yang jelas dan perhitungan yang mudah dipahami atas potongan dan jumlah gaji yang harus diterima.

Memberikan informasi potongan pajak karena sebagian aplikasi payroll menyediakan formulir pajak

Menyampaikan data secara otomatis dan aman

Pemanfaatan teknologi yang fleksibel karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, self service, dan menyediakan fitur-fitur lain untuk pembuatan laporan yang sesuai kebutuhan.

custom-form-newsletter

Faktor Yang Mempengaruhi Penggajian Karyawan

Setiap perusahaan tentu punya kebijakan yang berbeda dalam memberikan tunjangan atau potongan gaji. Seperti yang telah Anda ketahui mengenai apa itu payroll, sistem ini terbukti mampu memudahkan pihak perusahaan dalam memberikan gaji kepada karyawan. Namun, ada beberapa komponen gaji yang mempengaruhi penggajian karyawan. Faktor-faktor tersebut antara lain kehadiran, uang lembur, bonus sesuai target, serta potongan utang atau denda.

Kehadiran merupakan komponen gaji yang paling berpengaruh. Karyawan yang tidak masuk kerja tanpa disertai dengan bukti tertentu yang memungkinkan perusahaan untuk memaklumi tentu akan mendapatkan potongan gaji yang secara otomatis akan terpotong melalui sistem payroll. Begitu juga dengan uang lembur dan bonus atas target yang diperoleh karyawan, sistem payroll akan memberikan informasi yang mudah dipahami.

Sistem payroll menjadi solusi penggajian karyawan yang paling modern saat ini. Sebagai pebisnis, Anda harus paham betul apa itu payroll dan bagaimana kinerjanya untuk proses penggajian karyawan Anda. Payroll adalah salah satu KPI untuk komponen gaji, sementara perusahaan Anda membutuhkan KPI lain untuk siklus keuangan usaha.

Software akuntansi online Harmony akan membantu Anda membuat laporan keuangan, neraca, buku jurnal, perpajakan, dan buku besar dengan mudah dan real time. Saat ini, Harmony accounting software tersedia GRATIS 30 hari. Anda hanya perlu mendaftarkan bisnis Anda di sini untuk menikmati beragam fitur-fiturnya.

Jangan lupa, update juga informasi terbaru seputar finansial dan bisnis melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony. Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/