Harmony Blog

Apa Itu Modal Ventura, Jenis dan Manfaatnya Dalam Bisnis?

Diposting Apr 1st, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Modal VenturaPin

Sudahkah Anda mengenal apa itu modal ventura? Istilah modal ventura adalah kata yang berasal dari venture capital yang berarti salah satu penyertaan modal jenis investasi. Di mana pendanaannya berupa modal ke suatu perusahaan dengan jangka waktu tertentu.

Sementara itu jenis investasi modal ventura ini berbentuk pembayaran yang secara tunai seperti uang kartal. Sehingga tak jarang sebagian pebisnis yang merintis usaha seperti perusahaan startup akan mencari dana seperti modal ventura.

Cara memiliki modal ventura adalah dengan menonjolkan nilai pasar yang tinggi dan meningkatkan manajemen yang kuat.Click to Tweet

Nah, sumber modal ventura ini digunakan oleh pebisnis untuk mengembangkan perusahaannya. Supaya nantinya di masa mendatang usaha tersebut mendapatkan return atau timbal balik modal yang besar.

Dengan demikian sistem pembayaran modal ventura ini juga memiliki kelebihan ataupun kekurangannya, yang secara kesimpulan modal ventura adalah suatu cara untuk mendapatkan dana dengan meningkatkan bisnis serta investasi yang baik.

Mengenal Apa Itu Modal Ventura

Secara umum apa itu modal ventura adalah sebuah jenis investasi pendanaan, di mana jenis pembiayaan modal ventura merupakan penyertaan modal yang diberikan untuk seluruh perusahaan swasta pada periode tertentu.

Manfaat modal venturaPin

Dilihat dari bentuk investasinya bahwa jenis pendanaan ini juga berbentuk uang tunai yang diberikan kepada pihak perusahaan, sehingga nantinya Anda sebagai pebisni memberikan sekumpulan saham kepada individu maupun lembaga.

Selain itu risiko yang didapat juga cukup terbilang tinggi, akan tetapi mempunyai keuntungan timbal balik maupun dapat meningkatkan return.

Pada dasarnya modal ventura adalah investor yang mapan dan sudah memahami apakah usaha tersebut memiliki resiko yang tinggi atau tidak dalam memenuhi standar perusahaan.

Nah, biasanya pendanaan modal ini diberikan kepada perusahaan yang baru merintis atau perusahaan startup.

Ketahui Beberapa Manfaat Modal Ventura

Berikut ini ada beberapa manfaat yang berlaku bagi perusahaan Anda, dalam mencapai modal ventura.

Apa itu modal venturaPin

Memasarkan Produk Menjadi Efisien

Sebagai perusahaan yang baru berdiri atau startup maupun UMKM tentu akan memiliki strategi pemasaran yang belum maksimal serta mengalami keterbatasan dana.

Nah, maka dari itu melalui perolehan dana ventura ini perusahaan dapat meningkatkan kredibilitasnya serta memiliki citra usaha yang baik. Sehingga di masa mendatang dampak pemasaran produk barang maupun jasa juga bisa lebih optimal dilakukan.

Meningkatkan Potensi Usaha

Ketika perusahaan menerima dana dari investor, maka investor bukanlah pihak yang disebut sebagai penggalang dana saja. Namun juga disebut sebagai partner bisnis.

Oleh sebab itulah investor dapat menjadi rekan bisnis yang akan membantu perusahaan untuk mendukung berbagai hal, yaitu meningkatkan potensi perusahaan, memberikan ide, inovasi, atau kegiatan usaha lainnya.

Peningkatan Likuiditas

Adanya modal pendanaan ini diberikan kepada perusahaan tetapi tidak diwajibkan untuk membayar utang dan bunga. Oleh karena itulah keuangan modal perusahaan bertambah, serta likuiditas perusahaan pun juga meningkat.

Perbaikan Rentabilitas

Investor yang membantu perusahaan untuk memperoleh dana tidak hanya terbantu secara finansial saja, tetapi juga dalam bagian manajemen. Maka dari itu sebaiknya perusahaan dapat meminimalisir biaya produk dan meningkatkan rentabilitas suatu usaha.

Apa Saja Jenis Pembiayaan Modal Ventura?

Adapun beberapa jenis pembiayaan modal ventura yang dapat dibedakan berdasarkan tiga kondisi atau sudut pandang.

Ketentuan Pemberian Bantuan

Adanya bantuan yang diterima perusahaan dengan investor dibagi menjadi dua bagian yaitu manajemen dan bantuan finansial. Nah berikut penjelasan dua jenis bantuan ini.

  • Single Tier Approach, Kali ini jenis bantuan pertama yaitu single tier approach merupakan himpunan dana perusahaan dan pengelolaan dana, di mana nantinya dana ini diinvestasikan sebagai penyertaan modal ke perusahaan tersebut.
  • Two Tier Approach, Kedua yaitu two tier approach adalah sebuah modal yang dikelola oleh badan usaha, seperti perusahaan penyedia dana, fund company, ataupun pengelolaan budget management company yang mengelola dana dari fund company.

Cara Menghimpun Dana

Sesuai dengan cara menghimpun dana, sehingga modal ini dibagi menjadi dua bagian yaitu:

  • Leverage Venture Capital – Melalui leverage venture capital ini akan bersumber kepada suatu perusahaan, dimana modalnya dikumpulkan dalam bentuk pinjaman yang didapat dari berbagai pihak.
  • Equity Venture Capital – Sedangkan equity venture capital merupakan suatu sumber dana yang didapat dari perusahaan modal ventura, karena sebagian besar dana tersebut didapat dari pengumpulan dana modal pribadi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membaca Laporan Keuangan Dengan Mudah?

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Berdasarkan Kepemilikan

Adanya pengaruh kepemilikan ini memberikan dampak yang berbeda-beda kepada suatu perusahaan. Maka terdapat beberapa bagian secara kepemilikan perusahaan modal ventura yaitu:

  • Public Venture Capital – Sementara itu pada perusahaan public venture merupakan kebalikan dari private modal, dimana perusahaan ini sudah melakukan penjualan lembaran saham di bursa efek.
  • Private Venture Capital – Sesuai dengan istilah di atas bahwa private venture ini merupakan perusahaan yang belom go public, ataupun perusahaan yang belum menjual sahamnya per lembar di bursa efek saham.
  • Conglomerate Venture Capital – Kemudian pada conglomerate venture merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh beberapa jenis perusahaan besar lainnya.
  • Bank Affiliate Venture – Nah, kali ini pada bank affiliate venture merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh beberapa pihak bank, sehingga nantinya perusahaan yang menerima dana akan mengalami surplus dana dengan melalui tujuan modal ventura.

Itulah penjelasan mengenai apa itu serta manfaatnya sehingga bisa Anda terapkan ke dalam perusahaan, melalui modal inilah perusahaan dapat terbantu dan juga bisa meningkatkan pemasaran produknya.

Namun apabila Anda sudah meraih modal ventura maka jangan lupa untuk selalu mencatat transaksi laporan keuangan bisnis Anda. Karena pembukuan inilah yang sangat penting, apalagi para investor pun ingin mengetahui arus kas masuk dan keluar melalui tagihan laporan keuangan Anda.

Untuk itu jika Anda ingin memiliki pencatatan laporan keuangan yang otomatis dan real time serta tidak memiliki kesahalan input dari segala jenis transaksi secara sistematis. Maka cobalah untuk memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih teknologi Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Jangan sampai Anda dipusingkan oleh pencatatan pembukuan yang berantakan di bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan Harmony Gratis 30 Hari dengan membuat akun di sini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony