Harmony Blog

Apa Itu Kompensasi? Simak Pengaruhnya Terhadap Perusahaan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

kompensasiPin

Suatu organisasi atau perusahaan pasti mempunyai harapan perubahaan, yang mengarah pada kemajuan dan perkembangan perusahaan yang menuju lebih baik. Setiap perusahaan akan berusaha meningkatkan dan mengembangkan perusahaan, salah satunya yaitu memberikan kompensasi, guna meningkatkan kinerja karyawan dan guna mengatur keuangan perusahaan.

Karyawan merupakan bagian terpenting dalam mencapai tujuan perusahaan,  dalam hal ini, manajemen perusahaan harus mendorong karyawan agar  dapat memaksimalkan kinerja untuk mencapai tujuan perusahaan. Hal ini berkaitan dengan tugas dan fungsi seorang karyawan yang penting dalam perusahaan, sehingga karyawan dalam perusahaan harus dikelola secara baik dan benar.

“Kompensasi didefinisikan sebagai jumlah total pembayaran moneter dan non-moneter yang diberikan kepada karyawan oleh pemberi kerja sebagai imbalan atas pekerjaan yang dilakukan sesuai kebutuhan.”

Pengertian Kompensasi

Menurut pra ahli Edwin B Flippo pengertian kompensasi adalah suatu balas jasa yang layak dan adil diberikan kepada para karyawan atas jasa-jasanya dalam mencapai tujuan organisasi. Kompensasi karyawan adalah seluruh imbalan yang diterima pegawai atas hasil kerja pegawai pada perusahaan atau organisasi.

Kompensasi ini bisa berupa fisik atau non fisik, harus dihitung dan diberikan kepada karyawan sesuai dengan pengorbanan yang telah diberikannya kepada perusahaan atau organisasi tempat ia bekerja. Hal ini sangat penting dan disesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal.

Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat menyebabkan masalah ketenagakerjaan dikemudian hari ataupun dapat menimbulkan kerugian pada organisasi atau perusahaan. Proteksi juga perlu diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan tenang sehingga kinerja dan kontribusi pekerja tersebut dapat tetap maksimal dari waktu ke waktu.

Tercapainya perusahaan tidak hanya tergantung pada peralatan modern yang dimiliki, sarana dan prasarana yang lengkap, tetapi justru lebih tergantung pada manusia yang melaksanakan pekerjaan tersebut. Keberhasilan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kinerja individu karywannya.

Beberapa cara untuk mewujudkan kinerja yang baik dapat dicapai dengan melalui pendidikan, pelatihan, pemberian kompensasi yang layak, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan pemberian motivasi. Melalui cara tersebut diharapkan akan lebih memaksimalkan tanggung jawab atas pekerjaan mereka karena para karyawan telah terbengkalai dan hal tersebut berkaitan dengan implementasi kerja mereka.

Hal ini sangat penting bagi karyawan itu sendiri sebagai individu, besarnya kompensasi karena ukuran nilai pekerjaan karyawan itu sendiri. Namun sebaliknya, besar kecilnya kompensasi dapat mempengaruhi prestasi kerja, baik itu motivasi dan kepuasan kerja karyawan. Kompensasi juga bukan hanya berpengaruh pada kinerja karyawan perusahaan, melainkan juga berpengaruh penting bagi perusahaan itu sendiri.

Pengaruh Kompensasi Terhadap Perusahaan

Kompensasi bagi perusahaan merupakan hal yang sangat berpengaruh bagi perusahaan dan bagi kinerja karyawan dalam melakukan pekerjan mereka bagi perusahaan, berikut pengaruh kompensasi terhadap perusahaan :

1. Menarik orang yang berkualifikasi agar bergabung dengan perusahaan.

Program ini diharapkan dapat menarik calon karyawan yang memiliki kualifikasi, bersedia untuk bergabung dengan perusahaan Anda. Seseorang yang memiliki kualitas/competence tinggi biasanya akan membandingkan kompensasi diantara organisasi. Oleh sebab itu organisasi perlu menawarkan imbalan yang tinggi untuk memikat karyawan yang berkompeten tersebut, agar karyawan tersebut mau bekerja sama dengan perusahaan Anda.

2. Kompensasi mempertahankan karyawan agar tetap di organisasi.

Kompensasi seringkali menjadi sumber ketidakpuasan atau ketidakadilan karyawan, sehingga mereka berniat untuk meninggalkan organisasi/keluar. Untuk itu organisasi sebaiknya dapat mendesain sistem kompensasi yang mampu memberikan kepuasan kerja, memberikan rasa keadilan, dan dapat memenuhi kebutuhan hidup secara layak, sehingga karyawan bersedia untuk tetap bekerja di dalam organisasi.

Sebab apabila karyawan Anda memilih untuk keluar, dan karyawan tersebut merupakan karyawan yang mempunyai banyak pengalaman dan sudah memiliki banyak pengetahuan terhadap perusahaan yang Anda miliki, serta memiliki kualitas bekerja yang baik, sangat di sayangkan apabila karyawan tersebut memilihi untuk keluar, dan Anda akan kehilangan satu anggota karyawan Anda.

3. Meraih keunggulan kompetitif.

Sistem kompensasi sebaiknya dirancang cukup kompetitif. Sistem kompensasi perlu dikaitkan dengan strategi bisnis dan tujuan organisasi.

4. Meningkatkan produktivitas dengan memberikan kompensasi.

Kompensasi diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Salah bentuk kompensasi yang didesain untuk meningkatkan produktivitas tersebut adalah gaji variabel/insentif. Gaji variabel ini biasanya diberikan kepada karyawan yang memiliki kinerja diatas standar atau target yamg ditentukan. Beberapa perusahaan atau organisasi memberikan saham kepada karyawannya yang memiliki produktivitas tinggi.

Agar setiap kinerja karyawan tersebut semakin baik, dan apabila karyawan tersebut memiliki kualitas kerja yang baik, maka itu sangat berpengaruh bagi perusahaan Anda, sebab semakin baik pekerjaan yang dihasilkan oleh karyawan perusahaan Anda, makan semakin cepat perkembangan perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Karyawan sangat berpengaruh besar bagi kelangsungan perusahaan Anda, maka dari itu penting bagi Anda

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Mematuhi peraturan/hukum.

Penentuan kompensasi juga bertujuan untuk memenuhi peraturan atau hukum yang berlaku. Strategi ini sebaiknya tidak bertentangan dengan peraturan/hukum yang ditetapkan oleh pemerintah. Peraturan perundang-undangan yang terkait dengan penentuan kompensasi antara lain upah minimum, upah lembur, dan tunjangan-tunjangan. Ini dapat membuat perusahaan Anda memiliki aturan akan peraturan yang baik yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

6. Tujuan strategik

Program ini diharapkan dapat menciptakan budaya kerja yang kondusif, dapat memikat calon karyawan yang berkompentensi, dan kompetitif, yang pada gilirannya tujuan organisasi seperti meningkatkan pertumbuhan, survival, dan inovasi akan dapat tercapai dalam perusahaan Anda.

7. Mengokohkan dan menentukan struktur organisasi.

Program yang efektif dapat membantu menentukan struktur organisasi, hirarki statusnya, dan tingkat dimana anggota organisasi dapat berinteraksi dan mempengaruhi.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja seorang karyawan adalah kebijakan kompensasi yang berlaku di tempat kerjanya. Kompensasi dapat digunakan sebagai kunci untuk mengelola sumberdaya manusia secara efektif agar sesuai dengan kebutuhan bisnis dan kebutuhan karyawan, Oleh sebab itu penentuannya merupakan tugas yang kompleks, sulit, dan perlu mempertimbangkan berbagai faktor, karena menyangkut kepentingan organisasi maupun karyawan.

Bagi organisasi kompensasi merupakan biaya yang relatif besar, sedangkan bagi karyawan kompensasi adalah sumber penghasilan untuk mempertahankan hidup mereka. Sebagian besar manager percaya bahwa hal ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja, sebab kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima karyawan sebagai balas jasa perusahaan atas kerja keras  mereka.

Tujuan program ini antara lain untuk menarik orang-orang yang memiliki competence agar bergabung ke organisasi, mempertahankan karyawan agar tetap bekerja di organisasi, dan memotivasi karyawan agar lebih produktif.

Untuk memberikan sebuah imbalan yang baik kepada karyawan perusahaan Anda, salah satu yang harus Anda perhatikan adalah bagian manajemen keuangan perusahaan yang harus memiliki pengelolaan keuangan dan perencanaan yang baik. Oleh sebab itu, dengan Anda menggunakan sebuah software akuntansi yang terpercaya, maka proses pengelolaan keuangan Anda akan berjalan dengan lancar dan yang dihasilkan akan akurat.

Salah satu software yang perlu Anda gunakan yaitu Software Akuntansi Harmony, yang menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis  yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmonydisini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony