Harmony Blog

7 Tips Mengatur Keuangan UKM Secara Maksimal

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

mengatur keuangan ukmPin

Banyak pebisnis khususnya pebisnis UKM mengangap bahwa fokus ke penjualan adalah segalanya. Hal tersebut tidak salah namun bisa menyesatkan karena bisa jadi penjualan yang besar tidak memiliki relevansi dengan mengatur keuangan dengan baik sehingga keuntungannya tidak tahu kemana perginya.

Mengatur keuangan dengan baik merupakan salah satu kunci utama bisnis UKM agar bisa berkembang menjadi besar.

Contohnya lagi, walau penjualan banyak tetapi  menjual produk dengan margin terlalu kecil sehingga tidak bisa menutupi biaya operasional, membuat harga promosi yang rugi karena tidak dihitung dengan benar atau penjualan banyak tapi perusahaan salah berinvestasi sehingga menyebabkan kerugian dan lain sebagainya.

Tidak sedikit bisnis UKM yang terlihat ramai atau penjualan bagus tapi mengalami kerugian bahkan bangkrut. Jadi mengatur keuangan juga harus dijalankan secara konsisten agar bisnis tersebut  memiliki keuangan yang sehat serta pebisnis harus menerapkan skala prioritas dalam pengelolahan keuangan.

Berikut ini 7 tips mengatur keuangan UKM secara maksimal yang bisa diterapkan oleh Anda sebagai pemilik bisnis UKM :

1. Buatlah Rencana Penggunanan Uang

Membuat rencana dalam keuangan adalah sesuatu yang harus dilakukan agar keuangan memilki arah dan tidak dikeluarkan secara tidak jelas. Walaupun saat ini Anda memiliki uang berlebihan bukan berarti harus dihamburkan untuk hal-hal yang tidak perlu bahkan sia-sia karena kedepannya bisa berdampak pada kekurangan dana dalam bisnis Anda. Lakukanlah analisa “cost and benefit” atau “untung rugi” dalam setiap menggunakan uang serta usahakan penggunaan uang bisa memberikan manfaat yang nyata untuk bisnis Anda. Rencana penggunaan uang juga bisa menggunakan sistem anggaran dan forecasting dalam implementasinya.

Baca juga : Penggunaan Metode Forecasting yang Dapat Anda Terapkan dalam Bisnis

2. Pisahkan Uang Pribadi Dengan Uang Usaha

Jangan mencampur keuangan pribadi Anda dengan keuangan usaha agar bisa dicatat dan dikelolah dengan profesional dan pencatatannya tidak membingungkan atau berantakan. Buka rekening terpisah untuk keperluan usaha, jangan masukan ke rekening  pribadi karena biasanya uang usaha yang bercampur dengan uang pribadi akan terpakai oleh pemilik bisnis dan hal ini bisa mengganggu kondisi keuangan bisnis.

3. Buat Pencatatan Keuangan UKM Anda

Buatlah catatan lengkap keuangan bisnis Anda karena Anda tidak akan mampu mengingat seluruh transaksinya. Catat setiap pengeluaran dan pemasukan di buku kas dan cocokan saldonya dengan yang ada di rekening usaha, lakukan ini setiap hari atau setiap ada transaksi. Catatan ini juga nanti bisa menjadi acuan apabila ada kesalahan transaksi dalam bisnis Anda yang harus ditelusuri dan sebaiknya gunakan aplikasi pembukuan agar pencatatan bisa cepat dan praktis.

4. Kontrol Arus Kas Keuangan Bisnis UKM Anda

Atur agar arus kas bisnis Anda berjalan lancar. Perhatikan pengelolaan hutang dan persediaan produk yang Anda jual karena hutang yang belum dibayar dan persediaan produk yang menumpuk bisa menjadi hambatan keuangan. Apabila penjualan menurun maka Anda harus menurunkan pengeluaran agar bisa mengatasi kesulitan keuangan yang mungkin terjadi. Pikirlah dan temukan strategi penjualan yang cocok untuk menghabiskan stok produk yang terlalu banyak digudang Anda. Perputaran arus kas yang lebih cepat akan lebih baik untuk kesehatan keuangan bisnis Anda.

5. Gunakan Keuntungan Dengan Sebaik Mungkin

Anda harus memiliki catatan keuntungan dengan benar dan menggunakan keuntungan itu dengan baik. Keuntungan tentu saja boleh diambil tapi Anda juga harus bijaksana dengan menganalisa kondisi perusahaan Anda misalnya apakah perlu berinvestasi terhadap aset, apakah harus mengalokasikan dana ke produksi, apakah harus berinvestasi pada produk varian baru dan lain sebagainya. Dalam berbisnis belum tentu selalu mengalami keuntungan oleh karena itu keuangan bisnis Anda harus siap jika mengalami kerugian jadi gunakanlah keuntungan sebaik mungkin untuk memperkokoh bisnis Anda.

6. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah dana cadangan yang disimpan untuk keperluan bisnis UKM Anda dan digunakaan saat situasi sangat mendesak. Dana ini mungkin bisa digunakan untuk menyelamataan usaha Anda saat krisis. Dana darurat umumnya diambil dari keuntungan yang terjadi selama bisnis berjalan yang nilainya ditentukan oleh pebisnis itu sendiri.

7. Gunakan Solusi Otomatis Untuk Mengatur Keuangan Bisnis UKM

Manfaatkan teknologi untuk menjadi solusi dalam mengatur keuangan UKM Anda agar Anda bisa membuat dan mendapatkan laporan keuangan bisnis dengan cepat dan tepat. Dengan kemajuan tekhnologi yang berkembang pesat saat ini banyak tersedia aplikasi pembukuan yang bisa Anda pakai sehingga bisnis Anda bisa berkembang menjadi lebih besar dan baik. Salah satu aplikasi pembukuan terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Harmony Accounting Software. Harmony Accounting Software adalah aplikasi yang mudah dan praktis digunakan oleh siapapun tanpa harus memiliki background akuntansi. Harmony telah digunakan oleh ribuan pemilik bisnis dan membantu mereka merapikan laporan keuangan serta menyediakan laporan pendukung keuangan lainnya. Simak FinTax Fair yaitu acara yang diselenggarakan oleh Harmony untuk mengedukasi masyarakat tentang keuangan dan pajak. Jadi tunggu apalagi, coba GRATIS 30 hari Harmony di Free Trial Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony