Harmony » Blog » 

Apa Itu Holding Company, Tujuan dan Contohnya?

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juli 13, 2021

Dalam kondisi sekarang, ekspansi memang sulit untuk diwujudkan. Namun jika Anda melihat dan berhasil memanfaatkan peluang dengan baik tentu akan jauh lebih mudah terwujud. Sudah siapkah perusahaan Anda menjadi holding company?

Tentu semua butuh persiapan yang matang. Sebelumnya pahami dahulu dengan lengkap tujuan dan contoh holding company yang berhasil menjalankan bisnisnya.

Company holding atau perusahaan induk adalah suatu perusahaan besar yang bertanggung jawab sebagai pemimpin dari anak atau cabang perusahaan-perusahaannya.Click to Tweet

Akhir-akhir ini, banyak perusahaan merger sehingga dalam promosinya, perusahaan tersebut diperkenalkan sebagai bagian dari grup perusahaan tertentu. Dalam satu grup ini bahkan ada perusahaan-perusahaan lainnya yang masih satu bendera dengan perusahaan induk.

Dari sini, mungkin Anda sudah mulai memahami apa itu holding company. Agar lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan tentang perusahaan induk atau holding company.

Apa Itu Holding Company?

Ada berbagai jenis perusahaan yang muncul di industri saat ini. Nyatanya banyak pebisnis yang siap untuk menjadi holding company di bidang apapun itu.

Ketika bicara tentang apa itu company holding atau perusahaan induk, kita tidak bisa mengabaikan tentang grup perusahaan atau grup organisasi. Sebab, company holding atau perusahaan induk akan membawahi beberapa organisasi atau perusahaan dengan jasa atau layanan yang serupa.

Perusahaan tersebut saling mendukung dan melengkapi untuk mencapai tujuan perusahaan dan meningkatkan profit.

Secara sederhana, apa itu company holding atau perusahaan induk adalah suatu perusahaan besar yang bertanggung jawab sebagai pemimpin dari anak perusahaan-perusahaannya.

Dalam hal ini, perusahaan induk akan sangat berperan dalam koordinasi, perencanaan, bahkan sampai monitoring dan pengendalian anggota perusahaannya.

Baca Juga: Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Tujuan Company Holding Atau Perusahaan Induk

Ibarat peribahasa, “dua kepala, jauh lebih baik dari satu kepala” Pun begitu dengan company holding atau perusahaan induk. Apalagi, company holding atau perusahaan induk memimpin beberapa anak perusahaannya sekaligus.

Tujuan Holding Company

Jadi, akan semakin banyak ide, keuntungan, serta dukungan yang didapatkan dalam mencapai tujuan perusahaan. Sinergi antara company holding atau perusahaan induk dengan anak perusahaannya akan membentuk atmosfer bisnis yang positif. Sebab, kinerja perusahaan menjadi lebih produktif dan efisien.

Apabila, tujuan company holding atau perusahaan induk ini berhasil, bisnis bisa berjalan lebih optimal untuk meningkatkan market value. Di sini, company holding atau perusahaan induk berperan strategis untuk mengarahkan, memimpin, serta melakukan koordinasi dengan perusahaan cabangnya.

[elementor-template id="26379"]

Apa Saja Contohnya?

Kalau bicara tentang contoh holding company atau perusahaan induk, ada banyak nama-nama perusahaan besar yang mungkin sudah sering Anda dengar. Contoh holding company terkenal di dunia, sebut saja seperti: Mitsubishi, HSBC, McDonald’s, Berkshire Hathaway, dan sebagainya.

Salah satu contoh holding company atau perusahaan induk yang terkenal sejagad adalah Alphabet. Alphabet adalah perusahaan induk dari Youtube, Google, Nest, dan perusahaan cabang lainnya.

Sedangkan di Indonesia, contoh holding company atau perusahaan induk, di antaranya PT Semen Indonesia. Dengan anak perusahaan seperti PT Semen Padang dan PT Semen Gresik.

Demikianlah pembahasan yang perlu Anda ketahui tentang pengertian holding company atau perusahaan induk, tujuan, beserta contohnya. Dalam ilmu manajemen, sebelum mendirikan holding company atau perusahaan induk, sangat penting menata dan mengelola laporan keuangan sebaik mungkin.

Sebab, laporan keuangan akan menjadi gambaran sebagus apa kondisi kesehatan finansial dan bisnis secara menyeluruh. Setelah memahami kondisi bisnis Anda melalui laporan keuangan, investor maupun mitra bisnis akan lebih mudah menilai perusahaan layak atau tidak diajak berkolaborasi.

Jangan mau ribet membuat laporan keuangan secara manual atau mengandalkan spreadsheet. Kini, sudah ada Software Akuntansi Online dari Harmony yang mudah dipakai, modern, dan berbasis teknologi Cloud.

Membuat laporan keuangan menjadi semudah satu kali sentuhan jari. Pencatatan transaksi juga lebih rapi, sistematis, dan minim human error. Coba fitur dan fungsi aplikasi Harmony sekarang juga. Klik tautan ini untuk daftar FREE Trial 30 hari di sini.

Aplikasi Harmony memiliki fitur komplit dan canggih, termasuk menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan instan yang siap pakai dalam beberapa detik. Pelajari penggunaan Aplikasi Harmony untuk bisnis Anda, follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram