Harmony Blog

Apa Itu Holding Company, Tujuan dan Contohnya?

Diposting Jul 13th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Holding CompanyPin

Dalam kondisi sekarang, ekspansi memang sulit untuk diwujudkan. Namun jika Anda melihat dan berhasil memanfaatkan peluang dengan baik tentu akan jauh lebih mudah terwujud. Sudah siapkah perusahaan Anda menjadi holding company?

Tentu semua butuh persiapan yang matang. Sebelumnya pahami dahulu dengan lengkap tujuan dan contoh holding company yang berhasil menjalankan bisnisnya.

Company holding atau perusahaan induk adalah suatu perusahaan besar yang bertanggung jawab sebagai pemimpin dari anak atau cabang perusahaan-perusahaannya.Click to Tweet

Akhir-akhir ini, banyak perusahaan merger sehingga dalam promosinya, perusahaan tersebut diperkenalkan sebagai bagian dari grup perusahaan tertentu. Dalam satu grup ini bahkan ada perusahaan-perusahaan lainnya yang masih satu bendera dengan perusahaan induk.

Dari sini, mungkin Anda sudah mulai memahami apa itu holding company. Agar lebih jelasnya, mari kita simak pembahasan tentang perusahaan induk atau holding company.

Apa Itu Holding Company?

Ada berbagai jenis perusahaan yang muncul di industri saat ini. Nyatanya banyak pebisnis yang siap untuk menjadi holding company di bidang apapun itu.

Ketika bicara tentang apa itu company holding atau perusahaan induk, kita tidak bisa mengabaikan tentang grup perusahaan atau grup organisasi. Sebab, company holding atau perusahaan induk akan membawahi beberapa organisasi atau perusahaan dengan jasa atau layanan yang serupa.

Perusahaan tersebut saling mendukung dan melengkapi untuk mencapai tujuan perusahaan dan meningkatkan profit.

Secara sederhana, apa itu company holding atau perusahaan induk adalah suatu perusahaan besar yang bertanggung jawab sebagai pemimpin dari anak perusahaan-perusahaannya.

Dalam hal ini, perusahaan induk akan sangat berperan dalam koordinasi, perencanaan, bahkan sampai monitoring dan pengendalian anggota perusahaannya.

Baca Juga: Pentingnya Mempelajari Ilmu Manajemen Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Tujuan Company Holding Atau Perusahaan Induk

Ibarat peribahasa, “dua kepala, jauh lebih baik dari satu kepala” Pun begitu dengan company holding atau perusahaan induk. Apalagi, company holding atau perusahaan induk memimpin beberapa anak perusahaannya sekaligus.

Tujuan holding companyPin

Jadi, akan semakin banyak ide, keuntungan, serta dukungan yang didapatkan dalam mencapai tujuan perusahaan. Sinergi antara company holding atau perusahaan induk dengan anak perusahaannya akan membentuk atmosfer bisnis yang positif. Sebab, kinerja perusahaan menjadi lebih produktif dan efisien.

Apabila, tujuan company holding atau perusahaan induk ini berhasil, bisnis bisa berjalan lebih optimal untuk meningkatkan market value. Di sini, company holding atau perusahaan induk berperan strategis untuk mengarahkan, memimpin, serta melakukan koordinasi dengan perusahaan cabangnya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Apa Saja Contohnya?

Kalau bicara tentang contoh holding company atau perusahaan induk, ada banyak nama-nama perusahaan besar yang mungkin sudah sering Anda dengar. Contoh holding company terkenal di dunia, sebut saja seperti: Mitsubishi, HSBC, McDonald’s, Berkshire Hathaway, dan sebagainya.

Salah satu contoh holding company atau perusahaan induk yang terkenal sejagad adalah Alphabet. Alphabet adalah perusahaan induk dari Youtube, Google, Nest, dan perusahaan cabang lainnya.

Sedangkan di Indonesia, contoh holding company atau perusahaan induk, di antaranya PT Semen Indonesia. Dengan anak perusahaan seperti PT Semen Padang dan PT Semen Gresik.

Demikianlah pembahasan yang perlu Anda ketahui tentang pengertian holding company atau perusahaan induk, tujuan, beserta contohnya. Dalam ilmu manajemen, sebelum mendirikan holding company atau perusahaan induk, sangat penting menata dan mengelola laporan keuangan sebaik mungkin.

Sebab, laporan keuangan akan menjadi gambaran sebagus apa kondisi kesehatan finansial dan bisnis secara menyeluruh. Setelah memahami kondisi bisnis Anda melalui laporan keuangan, investor maupun mitra bisnis akan lebih mudah menilai perusahaan layak atau tidak diajak berkolaborasi.

Jangan mau ribet membuat laporan keuangan secara manual atau mengandalkan spreadsheet. Kini, sudah ada Software Akuntansi Online dari Harmony yang mudah dipakai, modern, dan berbasis teknologi Cloud.

Membuat laporan keuangan menjadi semudah satu kali sentuhan jari. Pencatatan transaksi juga lebih rapi, sistematis, dan minim human error. Coba fitur dan fungsi aplikasi Harmony sekarang juga. Klik tautan ini untuk daftar FREE Trial 30 hari di sini.

Aplikasi Harmony memiliki fitur komplit dan canggih, termasuk menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan instan yang siap pakai dalam beberapa detik. Pelajari penggunaan Aplikasi Harmony untuk bisnis Anda, follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony