Untuk melakukan sebuah promosi, Anda dapat melakukan field marketing (pemasaran lapangan). Strategi filed marketing (FM) adalah salah satu strategi pemasaran dimana seseorang menampilkan dan mempresentasikan produknya secara langsung terhadap calon konsumennya. Di beberapa perusahaan, field marketing mencakup distribusi dan koordinasi tim penjualan. Sementara di perusahaan lainnya FM identik dengan street promotions.
Biasanya strategi pemasaran FM ini dilakukan di berbagai tempat, seperti supermarket atau tempat memasarkan produk makanan lainnya, lalu di sebuah pameran produk, acara kampus dan lokasi umum lainnya.
Strategi field marketing merupakan kegiatan pemasaran yang efektif dalam mempromosikan produk atau layanan untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan.
Kegiatan pemasaran lapangan ini mencakup beberapa hal contohnya memasarkan produk kepada target yang tepat, mengumpulkan banyak testimoni pelanggan, melakukan demonstrasi produk dan lain sebagainya.
Table of Contents
Berikut terdapat beberapa fungsi field marketing dalam sebuah bisnis :
• Dapat membentuk sebuah kepercayaan pada setiap pelanggan terhadap performa perusahaan atau toko dan sebuah kualitas barang yang dijual.
• Anda dapat dengan mudah memberikan informasi yang benar kepada pelanggan secara bijak.
• Dapat secara langsung menjelaskan mengenai kualitas barang hingga cara perawatannya kepada pelanggan. Sehingga konsumen dapat mengetahui keterangan mengenai produk tersebut
• Mengurangi dan menjaga tingkat shrinkage (angka kehilangan barang) pada sebuah produk Anda.
• Dapat dengan secara langsung meyakinkan calon pelanggan yang masih ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau menentukan pilihan dalam memilih produk yang ditawarkan.
Dalam sebuah dunia bisnis, tentunya field marketing sangatlah diperlukan perannya dalam meningkatkan strategi pemasaran produk. Namun untuk menjadi seorang field marketing yang efektif bukan hanya bisa menarik minat seorang pengunjung untuk datang, melainkan harus bisa mengedukasi para pengunjung untuk membeli produk yang sedang ditawarkan.
Seorang Field marketing juga harus dapat mempresentasikan citra merek sebuah produk yang sedang dipasarkan, sehingga dengan begitu penting bagi setiap pebisnis untuk memperhatikan dan lebih selektif dalam memilih seorang field marketing. Anda dapat memilih karakter seorang field marketing yang dapat memahami produk yang ingin dipasarkan.
Jika ingin memperoleh seorang field marketing, sebuah perusahaan dapat mencari sendiri atau dapat menggunakan penyediaan jasa field marketing atau SPG. Namun jika sebuah perusahaan memilih untuk menggunakan penyedia jasa SPG, maka adapun keuntungan yang di dapat oleh perusahaan.
Salah satu keuntungan yang di dapat yaitu, menghemat waktu Anda dibandingkan ketika Anda harus mencari sendiri. Apabila perusahaan Anda berlokasi di jakarta, tetapi Anda memiliki sebuah acara atau pameran yang berlokasi di kota bandung, Anda dapat menggunakan jasa SPG di daerah kota bandung tersebut untuk menghemat sebuah waktu dan tanpa harus mencarinya dengan sendiri.
Seorang field marketing juga memiliki peran penting sebagai pembuka pintu, yang dimana harus menerima para tamu (konsumen) dan melayaninya dengan bijak dan sopan. Setelah itu Anda dapat berkesempatan untuk menjelaskan sebuah produk yang Anda pasarkan, sehingga konsumen mengetahui segala info dan keterangan terkait produk yang Anda pasarkan.
Seringkali pebisnis menggunakan beberapa metode penilaian kinerja perusahaannya, seperti metode smart system, metode performance prism dan metode balanced scorecard.
Dalam metode balanced scorecard perusahaan juga harus lebih memperhatikan kepuasan pelanggannya sehingga membutuhkan strategi pemasaran produk yang efektif dan efisien.
Baca Juga : Strategi UKM Dalam Menghadapi Era New Normal
[elementor-template id="26379"]
Berikut yang harus diperhatikan dalam memilih seorang field marketing terbaik yaitu :
Penampilan
tentunya merupakan hal yang tidak dapat dihindari oleh penglihatan semua orang.
Menjadi seorang field marketing tentunya harus memiliki sebuah penampilan yang
menarik dan sopan untuk dilihat oleh calon konsumen. Sebab apabila seorang
filed memiliki penampilan yang rapih, bersih dan percaya diri, maka akan
memberikan sebuah nilai tambah.
Menjadi seorang field marketing tentunya harus memiliki gaya komunikasi yang baik pada setiap calon konsumennya. Sehingga dapat mempermudah calon konsumen untuk mengerti akan setiap jenis produk yang sedang ditawarkan.
Dalam setiap dunia pekerjaan, kreativitas sangatlah dibutuhkan. Apabila Anda memilih seorang field marketing yang memiliki kreativitas yang sangat tinggi, tentunya juga memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, menulis, menganalisa dan membuat strategi yang lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan penjualan produk Anda. Kreativitas yang tinggi juga memiliki kecenderungan untuk menciptakan inovasi bahkan memperluas berbagai segmen pasar bisnis.
Anda harus memperhatikan apakah seorang field tersebut memiliki kemampuan bekerja sama dengan tim atau tidak, sebab dengan adanya jiwa dalam bekerja sama maka akan membuat sebuah pekerjaan menjadi semakin lebih mudah dan cepat terselesaikan.
Menjadi seorang field marketing tidak hanya sekedar memperkenalkan sebuah produk atau jasa melainkan juga harus sebisa mungkin mengajak orang-orang untuk membeli produk atau memakai jasa perusahaannya.
Namun selain persuasi, seorang field marketing harus juga memiliki kemampuan negosiasi agar transaksi dapat memenuhi standar kedua belah pihak yaitu konsumen dan produsen.
Sudah dijelaskan diatas apa saja yang terdapat dalam sebuah strategi field marketing. Tentunya ini sangatlah di butuhkan dalam dunia bisnis, dengan adanya field marketing maka setiap pemasaran akan sebuah produk akan berjalan dengan baik dan dapat melebihi sebuah target yang di telah di tentukan.
Dalam mengembangkan sebuah bisnis, bukan saja strategi yang harus di tentukan. Anda juga harus memperhatikan apakah bisnis Anda memiliki sebuah pembukuan yang baik yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda masih melakukannya secara manual, ada solusi bagi Anda yaitu dengan menggunakan aplikasi pembukuan seperti Harmony.
Harmony adalah salah satu software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam menyelesaikan segala laporan keuangan bisnis secara real time. Anda juga dapat memantau keuangan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun dengan hanya menggunakan sebuah software akuntansi harmony.
Dapatkan semua manfaat pengelolaan keuangan dan kemudahan dalam merencanakan bisnis dengan Harmony, daftarkan segera bisnis Anda untuk dapat menggunakan Harmony GRATIS 30 Hari disini.
Kami juga
memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan
keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service merupakan jasa pembukuan, akuntansi
online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan
pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.
Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputar keuangan, bisnis, dan lainnya. Anda dapat mengunjugi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.