Harmony Blog

Seperti Apa Anggaran Piutang dan Cara Membuatnya?

Diposting Sep 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Anggaran PiutangPin

Anggaran piutang usaha adalah suatu pengelolaan keuangan dari rencana hasil pembayaran yang diterima perusahaan dari klien atau pelanggan setelah membeli produk atau jasanya secara kredit. Biasanya, transaksi berupa jenis piutang usaha jangka pendek, mulai dari 3 hari, 30 hari, atau mungkin satu tahun (12 bulan).

Anggaran piutang usaha dibuat untuk mengetahui dan membantu dalam menagih atau meminta pembayaran dari pihak yang berhutang.Click to Tweet

Jika perusahaan terlalu lama menunggu pencairan piutang usaha ini, maka dapat memengaruhi arus kas bisnis atau kesulitan membayar biaya operasional usaha. Maka itu, memiliki anggaran piutang usaha, akan lebih mudah melacak dan menelusuri siapa saja yang masih belum melunasi pembayaran dan apa jenis piutang usaha.

Contoh Anggaran Piutang Usaha

Anggaran piutang usaha adalah termasuk bagian dari aset lancar di laporan neraca keuangan. Mari kita pahami bagaimana cara membuat anggaran piutang usaha melalui contoh anggaran piutang di bawah ini:

Pabrik Master Ban, memproduksi 100 ban untuk memenuhi pesanan PT Mobil Jaya. Keduanya sepakat dengan harga Rp 100.000.000 untuk 100 ban. Selanjutnya, dibuat faktur tagihan atau invoice untuk pesanan tersebut. Penjualan sudah tercatat, namun untuk melakukan pembayaran, Pabrik Master Ban memperpanjang periode kredit 30 hari kepada PT Mobil Jaya.

Contoh anggaran piutangPin

Di sini, terdapat catatan anggaran piutang usaha sebesar Rp 100.000.000 kepada PT Mobil Jaya. Karena, nantinya PT Mobil Jaya akan membayar sesuai harga tersebut sebelum jatuh tempo. Jika tidak, Pabrik Master Ban akan mengenakan biaya keterlambatan atau denda.

Setelah PT Mobil Jaya melunasi pembayaran piutang usaha tersebut, maka arus kas di laporan neraca Pabrik Master Ban akan meningkat Rp 100.000.000. Dan piutang usaha berkurang dengan jumlah yang sama, karena pelanggan atau PT Mobil Jaya sudah melunasi pembayaran pesanannya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Membuat Anggaran Piutang Usaha

Secara umum, anggaran piutang usaha dibuat untuk menagih atau meminta pembayaran dari pihak yang berhutang. Namun, untuk memahami cara membuat anggaran piutang, berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Kirim faktur tagihan/ invoice

Kirimkan faktur tagihan segera setelah memberikan produk atau jasa kepada pelanggan. Anda membutuhkan faktur tagihan untuk menjaga catatan anggaran piutang usaha di buku besar tetap akurat dan mutakhir. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menjaga kondisi anggaran piutang dengan mengetahui daftar piutang yang terjadi atas penjualan kredit.

Langkah 2: Lacak faktur tagihan

Periksa pembayaran setiap minggu. Jika piutang usaha masih belum dilunasi juga, kirimkan pengingat kepada pelanggan. Dengan kemudahan teknologi saat ini, Anda bisa melakukannya dengan cepat menggunakan software akuntansi. Nantinya akan ada cara praktis melacak status tagihan Anda kepada klien.

Langkah 3: Terima dan catat pembayaran

Saat piutang usaha sudah dibayar atau dilunasi, segera catat sebagai “sudah dibayar” atau berikan penanda (warna berbeda). Lalu, masukkan ke dalam laporan neraca di buku besar piutang usaha.

Pastikan catatan pelanggan cocok dengan laporan neraca di buku besar laporan keuangan. Dalam dunia piutang, sangat penting mengetahui siapa saja yang sudah lunas membayar dan kapan jatuh tempo piutang usaha sisanya.

Demikian penjelasan tentang anggaran piutang usaha dan contoh piutang usaha yang bisa menambah wawasan untuk mengelola bisnis lebih baik lagi. Tak bisa disangkal, pengelolaan utang-piutang usaha adalah salah satu prioritas penting untuk mendukung kelancaran arus kas bisnis.

Jangan sampai ada piutang usaha yang tak tertagih atau bahkan terlupakan hanya karena pencatatan piutang usaha tidak terlacak. Gunakan Software Akuntansi Harmony yang dilengkapi fitur pencatatan transaksi utang-piutang usaha, serta terintegrasi dengan laporan neraca keuangan secara otomatis. Sistem akuntansi ini mudah digunakan oleh ribuan pebisnis walau tidak memiliki background accounting sekalipun. Bisa di akses kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi Harmony menyederhanakan tugas-tugas pembukuan secara otomatis, rapi, dan real time. Termasuk pengelolaan stok barang, otomasi rekonsiliasi bank, pengaturan aset bisnis, catat transaksi jual beli, pembayaran yang terintegrasi hingga otomasi pembuatan laporan keuangan secara instan. Apalagi yang Anda tunggu, silakan coba GRATIS 30 hari aplikasi Harmony, daftar melalui tautan ini. Info lebih lengkap, follow akun Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK