Harmony Blog

Anda Ingin Meningkatkan Keuntungan Perusahaan? Simak Strategi Berikut Ini

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

meningkatkan keuntunganPin

Pada dasarnya, strategi UKM dalam mendirikan perusahaan bertujuan supaya dapat meraih pelanggan. Sehingga kegiatan ditahap selanjutnya, Anda sebagai pemimpin bisnis dapat mencari cara untuk meningkatkan keuntungan yang maksimal pada perusahaan.

Keuntungan merupakan harapan setiap pebisnis, namun membutuhkan waktu, kerja keras dan usaha yang maksimal. Umumnya keuntungan didapatkan dari sebuah selisih antara harga jual dengan biaya produksi yang sudah dikeluarkan.

Meningkatkan keuntungan sangat berguna bagi perusahaan, dalam membayar biaya operasional, modal untuk dimasa depan, serta sebagai premi atas resiko yang dicapai saat Anda menjalankan bisnis.

Tanpa meningkatkan keuntungan, sudah bisa dipastikan perusahaan tidak akan dapat berkembang atau beroperasi dalam membayar setiap pengeluaran dari kegiatan operasionalnnya. Jadi, bagaimanakah strategi untuk meningkatkan keuntungan perusahaan? Simak artikel pada berikut ini yang akan dibahas untuk Anda.

Apa Itu Income VS Revenue?

Sebelum membahas mengenai apa saja strategi dalam meningkatkan keuntungan perusahaan, lebih baik Anda harus mengetahui apa bedanya profit (keuntungan) dengan income (pendapatan).

Profit merupakan keuntungan finansial perusahaan, yang pada dasarnya keuntungan didapat dari sisa pendapatan atas kegiatan perusahaan. Keuntungan juga didapat dari jumlah yang diperoleh serta jumlah yang dihabiskan untuk dijual kepada konsumen, mengoperasikan, atau memproduksi kegiatan usaha.

Revenue adalah pendapatan usaha yang Anda terima sebelum selisih biaya pengeluaran. Dari perbedaannya yaitu profit adalah pendapat yang diterima setelah mengeluarkan biaya, sedangkan revenue adalah pendapatan yang diterima sebelum biaya

Perbedaan indikator profit dan revenue merupakan komponen penting pada bagian laporan keuangan, adanya profit dan revenue pada perusahaan sangat dibutuhkan dalam mensejahterakan keuangan perusahaan.

Untuk mengetahui keuntungan pada laporan keuangan, maka sebaiknya Anda memiliki pembukuan yang rapi setiap bulannya dan sesuai dengan standar akuntansi. Sebaiknya miliki pembukuan yang rapih, mudah dan akurat sesuai prinsip standar akuntansi di Indonesia.

Untuk itu cobalah manfaatkan layanan profesional untuk Anda walaupun tidak memiliki akuntan. Bukan hanya jasa pembukuan, Anda juga dapat membantu perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Keuntungan

Setelah mengetahui apa perbedaan dari keuntungan dengan pendapatan, Anda diharapkan lebih memperhatikan bagaimana meningkatkan keuntungan bisnis.

Keuntungan merupakan dari hasil faktor kegiatan perusahaan yang sudah berjalan dan dicapai sebelumnya. Namun pada sisi lainnya, ada beberapa strategi bisnis pendukung yang bertujuan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Sehingga diperlukan langkah strategi yang tepat sebagai berikut :

1. Tambahkan Jenis Produk & Berikan Pelayanan Baru

Hal pertama yang harus Anda lakukan, yaitu mencari tahu mana jenis produk dan layanan yang pelanggan Anda mau. Bahkan cobalah cari tahu berapa banyak dari konsumen yang bersedia membayar untuk produk Anda.

Selanjutnya, tentukan perusahaan Anda mampu atau tidak dalam menjual produk dan layanan hingga menghasilkan keuntungan. Sebaiknya Anda melakukan riset pasar menyeluruh sebelum melakukan pencarian sumber daya manusia hingga dana keuangan untuk produk baru atau perluasan layanan.

2. Tentukan Target Pasar & Pelanggan Baru

Biasanya pebisnis menargetkan penjualan dan pemasaran terhadap pelanggan tertentu. Seperti usia, jenis kelamin, jabatan, penampilan, lokasi dan nilai sebagainya. Untuk itu diharapkan agar produk Anda pada dapat menentukan segmen pasar baru untuk mendapatkan pelanggan lainnya secara potensial dan dapat digunakan pada produk dan jasa yang Anda miliki.

Mungkin menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk meningkatkan iklan dalam mencari pelanggan baru.

Baca Juga : Apa Itu Balanced Scorecard? Simak Pengertian dan Penerapannya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Cobalah Perluas Industri

Pilihan yang baik untuk Anda mengembangkan industri bisnis yang telah dikuasai sebelumnya. Mungkin Anda dapat melakukan penggabungan usaha atau akuisisi dalam bidang yang saling terkait untuk meminimalisir resiko kerugian dalam bisnis Anda.

4. Manfaatkan Peluang Bisnis Baru

Dengan menciptakan peluang bisnis baru pada produk atau jasa Anda, cobalah cari peluang bisnis dengan mendapatkan keuntungan yang lebih. Seperti peluang bisnis makan dari biasanya, sebaiknya Anda bisa ciptakan peluang strategi pemasaran produk makanan. Dalam meningkatkan keuntungan dapat melalui strategi penjualan jenis produk baru dikeluarkan, setelah itu memanfaatkan internet. Dengan menggunakan internet, Anda dapat berbisnis secara online. Selanjutnya, cobalah untuk mencari bagaimana cara berjualan melalui market place, dan strategi apa saja yang diambil.

Biasanya pebisnis online dapat mudah menjangkau penyedia layanan, dan mampu menjangkau konsumen yang lebih luas melalui iklan online, endorsement, promo dan sebagainya. Iklan ini bisa didapat dari aplikasi online shop dan media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, LinkedIn, dan E-mail. Biasanya pebisnis online juga memanfaatkan teknik optimasi mesin pencari (SEO) untuk mendapat peringkat tinggi dalam pencarian web untuk meningkatkan pelanggan.

5. Cobalah Gunakan Sudut Pandang Objektif

Mungkin biasanya Anda hanya terfokus pada sudut pandang subjektif, seperti misalnya Anda hanya memperhatikan masalah Anda bukan kebutuhan seorang konsumen. Dengan melihat dari berbagai sudut pandang dapat membantu Anda dalam melihat detail dan berbagai hal penting lainnya.

Melalui pandangan objektif, Anda dapat mengetahui solusi dari kendala kegiatan operasional hingga manajemen perusahaan. Dengan cara ini juga Anda dapat mengetahui apakah cara marketing Anda cukup efektif untuk meningkatkan penjualan. Strategi seperti ini berguna supaya dapat melihat lebih jelas budaya dan kinerja perusahaan, dan menentukan apakah hal tersebut mampu membantu meningkatkan keuntungan perusahaan.

6. Pantau Perkembangan Bisnis

Setelah menyusun rencana dan menjalankan strategi pemasaran produk yang efektif tersebut, Anda perlu memantau perkembangan dan mencatat hasil dari strategi tersebut. Dengan cara ini memudahkan Anda mengidentifikasi masalah dan mengkaji ulang rencana.

Dengan memantau perkembangan bisnis Anda, merupakan cara mudah dalam menilai rencana yang telah Anda susun cukup efektif atau tidak dan pastinya dapat membantu meningkatkan keuntungan perusahaan.

Jika rencana tersebut belum berhasil dan berkembang, maka tentukan apa yang menjadi permasalahan dan carilah solusi atas permasalahan tersebut. Dengan memantau rencana dan perkembangan yang telah Anda capai, dapat sekaligus memotivasi diri Anda untuk menjadi lebih baik dan terus berusaha meningkatkan keuntungan.

Perlu Anda ingat bahwa membuka usaha baru yang masih belum pernah dijalani akan memiliki beberapa kelemahan, sehingga dalam mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan merupakan suatu tantangan yang rumit. Bisnis Anda juga membutuhkan proses dan waktu untuk mencapai peningkatan keuntungan yang stabil pada aspek keuangan.

Sebaiknya gunakan pembukuan dengan memperhitungkan keuntungan dalam memperkirakan apakah keuntungan tersebut sudah meningkat atau belum. Dengan pembukuan juga dapat mempermudah Anda dalam memperhitungkan stok produk, biaya produk hingga keuntungan yang didapat.

Cobalah Anda memakai pembukuan Harmony yang sudah dipakai banyak entitas bisnis di Indonesia, sangat berguna bagi Anda yang sudah memiliki banyak bukti transaksi penjualan bisnis online. Sebaiknya Anda manfaatkan dan pakai harmony yang dapat terintegrasi dengan perbankan hingga pembukuan laporan keuangan secara akurat dan mudah walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun. Buat akun Anda dan dapatkan pemakaian Gratis 30 Hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony