Harmony Blog

Akuntansi Internasional – Apa Saja Klasifikasi, Manfaat dan Perkembangan

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

akuntansi internasionalPin

Ketika perusahaan sudah masuk ke dalam perdagangan internasional, sangat penting untuk membuat standar tunggal pelaporan akuntansi, termasuk akuntansi internasional. Dengan memiliki standar akuntansi internasional maka perusahaan akan mendapatkan penilaian (revaluation) profesional dengan disclosures yang jelas dan transparan.

Akuntansi internasional juga akan memberikan penilaian mengenai substansi ekonomik transaksi dan penjelasan terhadap faktor yang menghambat perdagangan internasional suatu perusahaan.

Akuntansi internasional adalah akuntansi untuk transaksi antar negara dan berfungsi sebagai alat pembanding atas prinsip-prinsip akuntansi di suatu negara.

Pengertian Akuntansi Internasional

Ada banyak pendapat mengenai pengertian akuntansi internasional. Para ahli seperti Iqbal, Melcher, dan Elmallah memiliki kesepakatan pendapat dalam mendefinisikan akuntansi internasional.

Bisa dipahami bahwa akuntansi internasional adalah akuntansi untuk transaksi antar negara dan berfungsi sebagai alat pembanding atas prinsip-prinsip akuntansi di negara-negara yang berlainan dan harmonisasi standar akuntansi di seluruh dunia.

Baca Juga : 10 Faktor Yang Mendorong Perdagangan Internasional Beserta Contohnya

Suatu perusahaan akan mulai terlibat dengan akuntansi internasional misalnya ketika mendapatkan kesempatan melakukan transaksi ekspor atau impor. Keterlibatan suatu perusahaan dalam akuntansi internasional juga tidak bisa dihindarkan membuka operasi di luar negeri. Ada hal penting yang harus dilakukan berkenaan dengan pemberian lisensi produksi terhadap perusahaan milik pihak lain di luar negeri atau pendirian anak perusahaan di luar negeri.

Dalam hal pemberian lisensi, perusahaan harus bisa mengembangkan mengembangkan sistem akuntansi internasional yang sangat berguna untuk pengawasan atas pelaksanaan perjanjian kerja. Selain itu, pemberian lisensi akan berguna untuk pembayaran royalti, bimbingan teknis, pajak, dan pencatatan pendapatan dari luar negeri.

Manfaat Akuntansi Internasional

Pada dasarnya, manfaat akuntansi internasional yang paling utama adalah untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat secara global dan mencerminkan kondisi budaya, ekonomi, hukum, sosial, serta politik dalam operasional perusahaan di suatu negara. Selain kedua manfaat tersebut, ada beberapa manfaat akuntansi internasional seperti :

Memperkenalkan berbagai perbedaan kondisi yang ada di dalam negeri dengan akuntansi yang ada di seluruh dunia.

Meringkas evolusi bisnis di zaman modern.

Membahas dimensi akuntansi yang sangat penting dalam bisnis global

Membahas topik-topik penting dalam sistem perdagangan internasional.

Klasifikasi Akuntansi Internasional

Klasifikasi akuntansi internasional merupakan cara pandang untuk membedakan perbandingan atau sistem akuntansi keuangan secara nasional atau secara regional. Klasifikasi akuntansi internasional menjadi dasar yang bisa digunakan untuk memahami dan menganalisis cara dan alasan sistem akuntansi di setiap negara berbeda satu sama lain.

Dengan demikian, perusahaan akan melihat dan menilai kemungkinan sistem akuntansi yang digunakan cenderung menyatu atau berbeda dengan negara lain.

Klasifikasi akuntansi internasional memiliki tujuan untuk mengelompokkan sistem-sistem dalam akuntansi keuangan berdasarkan karakteristik khusus. Klasifikasi tersebut harus bisa mengungkapkan bahwa struktur dasar memberikan kesamaan atau perbedaan. Untuk menentukan klasifikasi akuntansi internasional, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu membuat pertimbangan yang bergantung pada pengetahuan, pengalaman, dan intuisi serta membuat pertimbangan secara empiris.

Akuntansi internasional saat ini memang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan internasional. Perkembangan akuntansi internasional terus mengalami peningkatan yang semakin signifikan dari waktu ke waktu yang pastinya memberikan keuntungan bagi setiap pelaku bisnis.

Bagaimana Perkembangannya?

Pada mulanya, akuntansi dianggap bisa memberikan keberhasilan yang besar untuk mengubah dari satu kondisi ke kondisi yang lebih baik. Kondisi ini didukung dengan sistem pembukuan berpasangan (double entry bookkeeping).

Sistem ini merupakan awal penciptaan akuntansi yang diterapkan di negara Italia pada abad ke-14. Perkembangan tersebut didorong oleh pertumbuhan perdagangan internasional di Italia pada akhir abad pertengahan dan didukung pula oleh keinginan pemerintah Italia untuk menemukan cara mengenakan pajak terhadap transaksi komersial.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Para ahli ekonomi dari Belanda dan Prancis mempertajam cara menghitung pendapatan periodik selang beberapa tahun kemudian. Tujuannya adalah untuk menentukan keuntungan dengan menerapkan keseluruhan sistem dalam perencanaan dan akuntabilitas. Sistem pembukuan berpasangan semakin terorganisasi di Skotlandia dan Inggris pada tahun 1870 dan bersamaan dengan pemerintahan Belanda di Indonesia, model akuntansi Belanda tersebut ikut diadopsi secara bertahap.

Pada abad 20, kekuatan ekonomi Amerika Serikat semakin tumbuh meskipun banyak negara yang mengalami kerumitan masalah akuntansi. Setelah Perang Dunia ke-2, akuntansi diakui sebagai suatu disiplin ilmu akademik tersendiri karena bagi setiap negara akuntansi mendapatkan masalah nasional tersendiri.

Selanjutnya, disiplin ilmu akuntansi menghimpun praktik dan standar akuntansi internasional yang diatur dengan hukum nasional dan aturan profesional. Untuk menentukan standar akuntansi internasional, ada 8 indikator yang mempengaruhi perkembangannya, yaitu sumber pendanaan, sistem hukum yang dianut suatu negara, perpajakan, ikatan politik, inflasi, tingkat perkembangan ekonomi negara, tingkat pendidikan, dan budaya.

Standar akuntansi internasional sangat penting untuk perusahaan yang akan masuk ke perdagangan internasional. Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki sistem akuntansi yang kredibel. Anda bisa memanfaatkan software akuntansi Harmony yang mendukung segala keperluan akuntansi usaha Anda. Dengan daftar di sini sekarang, Anda bisa menikmati fitur-fitur software akuntansi Harmony GRATIS 30 Hari. Ingin mendapatkan info menarik lainnya yang update setiap hari? Cek juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK