Harmony Blog

Akuntansi Anggaran, Pelajari Unsur dan Tujuannya Bagi Bisnis

Diposting Sep 14th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Di dunia bisnis, akuntansi anggaran adalah menjadi komponen penting dalam mengelola keuangan usaha. Bisa dikatakan bahwa akuntansi anggaran adalah bidang ilmu keuangan yang bisa diterapkan ke berbagai lini kehidupan.

Jika pebisnis mengetahui dan bisa memaksimalkan tujuan akuntansi anggaran, maka tata kelola anggaran keuangan akan lebih rapi dan terorganisir.

Bisnis apapun membutuhkan akuntansi anggaran yang dilakukan secara teratur, rapi, dan sistematis.Click to Tweet

Jadi, apa itu akuntansi anggaran? Secara umum, pengertian akuntansi anggaran adalah suatu metode untuk mengatur atau mengendalikan finansial bisnis dengan penerapan standar akuntansi.

Akuntansi anggaran adalah bagian ilmu akuntansi yang banyak dipelajari untuk mengembangkan bisnis yang lebih maju. Tujuan akuntansi penganggaran adalah monitoring atau pelacakan arus kas bisnis yang lebih optimal.

Nantinya, laporan akuntansi perencanaan, laporan studi kelayakan usaha, maupun laporan analisis biaya manfaat, dan lainnya, bisa menjadi beberapa pertimbangan mengambil keputusan penting bisnis.

Contoh Akuntansi Anggaran Adalah

Untuk memahami akuntansi anggaran, mari simak contoh akuntansi anggaran adalah sebagai berikut:

Apa itu akuntansi anggaranPin

  • Budget Strategis

    Pertama, contoh akuntansi penganggaran adalah budget strategis. Yaitu, anggaran yang ditetapkan dalam jangka panjang, misalnya lebih dari 1-2 tahun.

  • Budget Taktis

    Selanjutnya, contoh akuntansi penganggaran adalah budget taktis. Budget taktis sebagai contoh akuntansi penganggaran adalah untuk diterapkan dalam jangka pendek di bawah 1 tahun.

Unsur-Unsur Akuntansi Anggaran Adalah

Elemen atau unsur akuntansi penganggaran adalah pada dasarnya sama. Yaitu penghasilan, biaya tetap, biaya variabel, dll. Mari simak penjelasannya berikut:

  1. Penghasilan

    Mencatat penghasilan atau pemasukan dalam akuntansi pennganggaran adalah langkah pertama yang perlu dilakukan. Hal ini untuk menentukan seberapa banyak penghasilan yang dimiliki. Contohnya seperti gaji, tunjangan, profit, insentif, bonus, dll.

  2. Biaya Tetap

    Pengeluaran atau biaya tetap adalah jenis pengeluaran berulang yang jumlahnya sama setiap bulan. Contohnya pembayaran hipotek, sewa rumah, premi asuransi, dll.

  3. Biaya Variabel

    Sedangkan, biaya variabel adalah biaya hidup yang jumlahnya tidak tetap atau bervariasi setiap bulan. Contohnya, biaya perawatan mobil, biaya makan, pembayaran kartu kredit, dll.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tujuan Akuntansi Anggaran Adalah

Dalam pengelolaan keuangan bisnis, tujuan akuntansi penganggaran adalah mengawasi, melacak, serta mengatur agar berjalan sebagaimana mestinya. Beberapa tujuan akuntansi anggaran adalah sebagai berikut:

  1. Merancang Strategi Bisnis

    Pertama, tujuan akuntansi penganggaran adalah menentukan strategi bisnis ke depan yang lebih baik. Dengan melihat akuntansi penganggaran, perusahaan bisa memilih metode pemasaran atau kebijakan apa yang sebaiknya diambil.

    Strategi bisnis yang bagus, tidak akan bisa berjalan tanpa adanya dukungan dana atau alokasi anggaran yang tepat. Maka itu, di sinilah peran penting akuntansi anggaran dalam pengembangan strategi usaha.

  2. Monitoring Kinerja Sumber Daya Manusia

    Tujuan akuntansi penganggaran adalah berdampak atas kinerja sumber daya manusia. Karyawan, staf, pegawai, dapat melakukan kesalahan manual saat mencatat atau menulis transaksi secara manual.

    Dengan memaksimalkan tujuan akuntansi penganggaran adalah dapat melakukan pelacakan dan monitoring untuk meningkatkan performa atau kinerja karyawan yang lebih baik lagi.

  3. Melaksanakan Program On Schedule

    Punya program atau event bisnis yang akan diselenggarakan? Tujuan akuntansi penganggaran adalah mendukung kelancaran program atau event yang akan diselenggarakan.

    Sebab, berbagai acara bisnis yang besar atau skala kecil, semuanya membutuhkan alokasi dana yang tepat. Jangan sampai terlalu berlebihan atau over budget, namun juga tidak terlalu pelit agar event terlihat profesional.

Bisnis apapun membutuhkan akuntansi anggaran yang dilakukan secara teratur, rapi, dan sistematis. Kenapa begitu? Karena akuntansi penganggaran adalah dasar pengembangan strategi bisnis. Tanpa ada alokasi anggaran, maka sulit bagi bisnis mendanai kegiatan operasionalnya.

Kini, Anda tak perlu repot mengelola akuntansi penganggaran sendiri secara manual. Pakai software akuntansi online dari Harmony. Aplikasi Harmony Accounting dapat diandalkan untuk menangani tugas pembukuan usaha secara real time.

Anda lebih mudah mengawasi dan melacak pengelolaan anggaran kapan saja dan di mana saja lewat smartphone, tablet, maupun desktop. Mari buktikan sendiri kecanggihan fitur Harmony Accounting tanpa biaya selama 30 hari. Daftar FREE Trial di sini.

Yuk, update insight Anda seputar bisnis dan keuangan dengan follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!