Harmony » Blog » 

7 Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi yang Harus Anda Tahu

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Februari 11, 2020

Kedai kopi atau coffee shop menjadi salah satu tempat nongkrong yang digandrungi oleh kalangan remaja hingga dewasa. Bahkan tidak sedikit orang tua yang menghabiskan waktu santainya disana.

Nah, apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis kedai kopi? Ini merupakan bisnis plan sederhana yang sangat diminati. Pada dasarnya kedai kopi bisa dikembangkan sesuai dengan keinginan setiap pemilik bisnis. Estimasi keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis ini juga tidak main-main. Asalkan pengelolaan bisnis dilakukan dengan benar.

Bisnis kedai kopi merupakan bisnis yang menjanjikan bagi pemula dan sangat menarik untuk jangka panjang, jika Anda mengelola dengan benar dan cara yang tepat.

Ini 7 Tips Untuk Memulai Usaha Kedai Kopi

1. Siapkan Dana untuk Memulai Bisnis

Selain niat, hal pertama yang harus Anda sediakan sebelum memulai bisnis kedai kopi adalah dana atau modal. Pada dasarnya komponen utama untuk bisnis ini adalah kopi, air dan perlengkapan serta peralatan untuk membuat kopi. Namun, Anda tidak boleh lupa komponen usaha pendukung lain. Karena itu penting bagi Anda untuk menyiapkan dana yang cukup untuk memulai bisnis ini.

2. Tentukan Target Pasar

Jika modal sudah tersedia, maka selanjutnya tentukan target pasar yang akan disasar. Apakah kedai Anda menyasar pasar menengah ke bawah atau menengah ke atas? Bagaimana dengan usia konsumen? Anda ingin menyasar milenial atau orang dewasa.

Penentuan target pasar ini akan mempengaruhi kebutuhan modal, konsep kedai, menu yang ditawarkan hingga cara promosinya. Untuk dapat melengkapinya, ketika Anda ingin melakukan bisnis ini sebaiknya menggunakan juga metode forecasting sebagai langkah awal. Agar lebih jelas dalam menentukan arah bisnis Anda.

3. Tentukan Konsep yang Diinginkan

Setelah target pasar ditentukan, maka Anda bisa lanjut ke konsep kedai kopi. Apakah Anda ingin kedai tradisional, modern, memiliki tema tersendiri atau bahkan mengusung tren kekinian di mana interior kedai harus instagramable. Konsep ini akan sangat berhubungan dengan target pasar yang Anda inginkan.

4. Kreasikan Menu

Di sini Anda bisa menentukan apakah kedai kopi hanya akan menyediakan menu minuman kopi atau ada menu pendukung seperti snack? Lalu jenis kopi apa saja yang Anda sediakan.

Pada dasarnya ada dua jenis base kopi yaitu Arabica dan Robusta. Keduanya memiliki citarasa yang berbeda dan Anda bisa menyediakan keduanya atau hanya salah satu. Jika Anda ingin membuat kedai kopi untuk “nongkrong” maka pastikan ada makanan ringan yang bisa dipesan dengan kopi Anda.

Baca juga artikel ini: Penjelasan dan Cara Menyusun Bisnis Plan Makanan

5. Pilih Lokasi yang Strategis

Bisnis kedai kopi hanya bisa didirikan secara real, di mana ada visual dari kedai itu sendiri. Pilih lokasi usaha yang strategis agar konsumen lebih mudah mencapai kedai Anda. Lokasi kedai yang strategis juga membuat promosi lebih mudah dilakukan.

[elementor-template id="26379"]

6. Lakukan Promosi secara Optimal

Kedai kopi Anda akan sulit berkembang tanpa adanya promosi. Anda bisa mencoba memaksimalkan promosi melalui media sosial untuk menekan biaya promosi. Ikut dalam beberapa acara publik juga bisa membantu kedai Anda semakin dikenal.

7. Pembukuan atau Pengelolaan Keuangan

Setiap bisnis perlu pembukuan atau pengelolaan keuangan yang baik karena ini bisa membantu Anda melihat kondisi keuangan, membuat keputusan hingga melakukan evaluasi. Anda bisa mengaplikasikan software akuntansi online untuk membantu mengelola keuangan. Tanpa membutuhkan tenaga kerja yang terlalu banyak, sistem akan membantu memantau kondisi keuangan.

Harmony merupakan salah satu software akuntansi yang direkomendasikan untuk bisnis kedai kopi Anda. Fitur keren dan sistem canggihnya akan membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih mudah walaupun Anda tidak mempunyai background akuntansi sekalipun. Anda bisa mencobanya secara Gratis 30 Hari di sini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram