Tahukah Anda tentang apa itu siklus penjualan? Manajemen penjualan atau siklus penjualan dapat melacak apa yang terjadi selama semua tahap siklus penjualan berlangsung.
Jika siklus penjualan atau manajemen penjualan berjalan optimal, akan lebih mudah bagi bisnis menyesuaikan kebutuhan bisnis berdasarkan perilaku konsumen target.
Apa itu siklus penjualan atau manajemen penjualan juga mengacu pada berbagai proses yang membantu suatu barang/ jasa sampai ke pengguna. Hampir mirip seperti konsep pemasaran dan distribusi, di mana perusahaan menjalankan proses penjualan agar produknya sampai ke tangan pelanggan.
Table of Contents
Menurut pengertiannya, apa itu proses penjualan dapat diartikan sebagai istilah yang dipakai untuk menggambarkan langkah-langkah proses penjualan. Mulai dari tim sales mengidentifikasi pelanggan potensial hingga tindak lanjut setelah closing sales.
Sederhananya, siklus penjualan adalah perjalanan yang dimulai dari calon pelanggan ingin membeli suatu produk/ jasa, sampai mereka akhirnya membeli. Saat ini, agar lebih praktis, banyak perusahaan yang mengandalkan sistem informasi pemasaran dan penjualan dalam bentuk aplikasi online.
Dalam sistem informasi manajemen, proses penjualan sangat penting bagi kesuksesan bisnis dan keseimbangan pasar. Karena, bisa membantu melacak semua transaksi penjualan, termasuk berapa banyak proses yang dilalui dalam distribusi barang.
Selain itu, dengan proses penjualan, perusahaan lebih mudah mengevaluasi seberapa efektif saluran distribusinya. Serta, bisa cepat memperbaiki atau meningkatkan layanan yang dibutuhkan untuk proses penjualan yang lebih baik.
Pada prinsipnya siklus penjualan tunai adalah tahapan atau proses yang dilalui dalam transaksi pembelian secara tunai. Proses atau siklus penjualan tunai meliputi:
Sangat penting memahami cara mengelola proses penjualan tunai secara keseluruhan. Berikut di antaranya:
Tahapan proses penjualan ini berupaya mengenali klien potensial atau pelanggan yang mungkin tertarik dengan produk atau jasa Anda. Untuk menciptakan prospek, tim sales bisa mengiklankan produk/ jasa di media sosial. Seperti Facebook, Instagram, blog, podcast, dll.
Penting bagi tim penjualan untuk membiasakan diri dengan memahami siapa saja calon pelanggan target. Informasi ini bisa membantu menghasilkan promosi penjualan yang sempurna dan menarik klien baru.
Dalam tahap siklus penjualan ini, tim penjualan bertemu langsung atau tidak langsung dengan klien. Dengan pendekatan yang baik, memperkenalkan diri, serta didukung kemampuan komunikasi yang baik.
Dalam tahap presentasi, tim penjualan mendemonstrasikan atau mempresentasikan bagaimana produk atau jasanya secara langsung bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Manfaat dan fitur tambahan produk/ jasa juga bisa dijelaskan dalam presentasi ini.
[elementor-template id="26379"]
Tahap proses penjualan atau closing terkadang cukup menantang. Tetapi, bila pendekatan yang dilakukan sudah efektif, dan diarahkan ke calon pelanggan potensial, kemungkinan closing akan semakin besar.
Setelah closing, tim sales juga perlu tetap menindaklanjuti prospek. Bahkan, tetap menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Tujuannya agar pelanggan tetap loyal dan membeli produk/ jasa lagi di masa mendatang.
Mengelola siklus penjualan perlu didukung aplikasi yang bisa mencatat segala transaksi keluar dan masuk secara otomatis. Percayakan hal ini pada Software Akuntansi Harmony.
Aplikasi Harmony dirilis oleh PT Harmoni Solusi Bisnis telah terbukti dapat membantu ribuan pelaku UMKM dan ribuan klien di Indonesia menangani pembukuan secara lebih cepat, mudah, dan akurat.
Tak hanya itu, berbasis teknologi Cloud, Software Akuntansi Harmony menghadirkan fleksibilitas dalam melacak dan memantau pengelolaan keuangan di manapun, kapanpun, tanpa ribet. Pahami fitur Harmony selengkapnya dengan Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony sekarang.
Mari kelola pencatatan transaksi penjualan yang lebih sistematis, rapi, dan minim kesalahan bersama Aplikasi Harmony! Coba GRATIS 30 hari, silakan klik di sini.