Harmony » Blog » 

6 Cara Mengelola Siklus Penjualan Dalam Bisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
September 7, 2021

Tahukah Anda tentang apa itu siklus penjualan? Manajemen penjualan atau siklus penjualan dapat melacak apa yang terjadi selama semua tahap siklus penjualan berlangsung.

Jika siklus penjualan atau manajemen penjualan berjalan optimal, akan lebih mudah bagi bisnis menyesuaikan kebutuhan bisnis berdasarkan perilaku konsumen target.

Siklus penjualan adalah perjalanan yang dimulai dari calon pelanggan ingin membeli suatu produk/ jasa, sampai mereka akhirnya membeli.Click to Tweet

Apa itu siklus penjualan atau manajemen penjualan juga mengacu pada berbagai proses yang membantu suatu barang/ jasa sampai ke pengguna. Hampir mirip seperti konsep pemasaran dan distribusi, di mana perusahaan menjalankan proses penjualan agar produknya sampai ke tangan pelanggan.

Apa Itu Siklus Penjualan?

Menurut pengertiannya, apa itu proses penjualan dapat diartikan sebagai istilah yang dipakai untuk menggambarkan langkah-langkah proses penjualan. Mulai dari tim sales mengidentifikasi pelanggan potensial hingga tindak lanjut setelah closing sales.

Sederhananya, siklus penjualan adalah perjalanan yang dimulai dari calon pelanggan ingin membeli suatu produk/ jasa, sampai mereka akhirnya membeli. Saat ini, agar lebih praktis, banyak perusahaan yang mengandalkan sistem informasi pemasaran dan penjualan dalam bentuk aplikasi online.

Mengapa Siklus Penjualan Atau Manajemen Penjualan Penting?

Dalam sistem informasi manajemen, proses penjualan sangat penting bagi kesuksesan bisnis dan keseimbangan pasar. Karena, bisa membantu melacak semua transaksi penjualan, termasuk berapa banyak proses yang dilalui dalam distribusi barang.

Selain itu, dengan proses penjualan, perusahaan lebih mudah mengevaluasi seberapa efektif saluran distribusinya. Serta, bisa cepat memperbaiki atau meningkatkan layanan yang dibutuhkan untuk proses penjualan yang lebih baik.

Bagaimana Cara Mengelola Siklus Penjualan Tunai?

Pada prinsipnya siklus penjualan tunai adalah tahapan atau proses yang dilalui dalam transaksi pembelian secara tunai. Proses atau siklus penjualan tunai meliputi:

Apa Itu Siklus Penjualan

  • Pembeli memesan/ order barang.
  • Penjual mengirimkan pesanan barang lewat jasa kurir/ pos. Atau, pembeli mengambil barang langsung di toko.
  • Pembeli membayar barang secara tunai/ melunasi harga barang.

5 Cara Mengelola Siklus Penjualan Tunai

Sangat penting memahami cara mengelola proses penjualan tunai secara keseluruhan. Berikut di antaranya:

  1. Prospecting

    Tahapan proses penjualan ini berupaya mengenali klien potensial atau pelanggan yang mungkin tertarik dengan produk atau jasa Anda. Untuk menciptakan prospek, tim sales bisa mengiklankan produk/ jasa di media sosial. Seperti Facebook, Instagram, blog, podcast, dll.

  2. Persiapan

    Penting bagi tim penjualan untuk membiasakan diri dengan memahami siapa saja calon pelanggan target. Informasi ini bisa membantu menghasilkan promosi penjualan yang sempurna dan menarik klien baru.

  3. Pendekatan

    Dalam tahap siklus penjualan ini, tim penjualan bertemu langsung atau tidak langsung dengan klien. Dengan pendekatan yang baik, memperkenalkan diri, serta didukung kemampuan komunikasi yang baik.

  4. Presentasi

    Dalam tahap presentasi, tim penjualan mendemonstrasikan atau mempresentasikan bagaimana produk atau jasanya secara langsung bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Manfaat dan fitur tambahan produk/ jasa juga bisa dijelaskan dalam presentasi ini.

    [elementor-template id="26379"]

  5. Closing Sales

    Tahap proses penjualan atau closing terkadang cukup menantang. Tetapi, bila pendekatan yang dilakukan sudah efektif, dan diarahkan ke calon pelanggan potensial, kemungkinan closing akan semakin besar.

  6. Tindak Lanjut

    Setelah closing, tim sales juga perlu tetap menindaklanjuti prospek. Bahkan, tetap menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Tujuannya agar pelanggan tetap loyal dan membeli produk/ jasa lagi di masa mendatang.

Mengelola siklus penjualan perlu didukung aplikasi yang bisa mencatat segala transaksi keluar dan masuk secara otomatis. Percayakan hal ini pada Software Akuntansi Harmony.

Aplikasi Harmony dirilis oleh PT  Harmoni Solusi Bisnis telah terbukti dapat membantu ribuan pelaku UMKM dan ribuan klien di Indonesia menangani pembukuan secara lebih cepat, mudah, dan akurat.

Tak hanya itu, berbasis teknologi Cloud, Software Akuntansi Harmony menghadirkan fleksibilitas dalam melacak dan memantau pengelolaan keuangan di manapun, kapanpun, tanpa ribet. Pahami fitur Harmony selengkapnya dengan InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang.

Mari kelola pencatatan transaksi penjualan yang lebih sistematis, rapi, dan minim kesalahan bersama Aplikasi Harmony! Coba GRATIS 30 hari, silakan klik di sini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram