Harmony Blog

6 Cara Mengelola Siklus Penjualan Dalam Bisnis

Diposting Sep 7th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Siklus PenjualanPin

Tahukah Anda tentang apa itu siklus penjualan? Manajemen penjualan atau siklus penjualan dapat melacak apa yang terjadi selama semua tahap siklus penjualan berlangsung.

Jika siklus penjualan atau manajemen penjualan berjalan optimal, akan lebih mudah bagi bisnis menyesuaikan kebutuhan bisnis berdasarkan perilaku konsumen target.

Siklus penjualan adalah perjalanan yang dimulai dari calon pelanggan ingin membeli suatu produk/ jasa, sampai mereka akhirnya membeli.Click to Tweet

Apa itu siklus penjualan atau manajemen penjualan juga mengacu pada berbagai proses yang membantu suatu barang/ jasa sampai ke pengguna. Hampir mirip seperti konsep pemasaran dan distribusi, di mana perusahaan menjalankan proses penjualan agar produknya sampai ke tangan pelanggan.

Apa Itu Siklus Penjualan?

Menurut pengertiannya, apa itu proses penjualan dapat diartikan sebagai istilah yang dipakai untuk menggambarkan langkah-langkah proses penjualan. Mulai dari tim sales mengidentifikasi pelanggan potensial hingga tindak lanjut setelah closing sales.

Sederhananya, siklus penjualan adalah perjalanan yang dimulai dari calon pelanggan ingin membeli suatu produk/ jasa, sampai mereka akhirnya membeli. Saat ini, agar lebih praktis, banyak perusahaan yang mengandalkan sistem informasi pemasaran dan penjualan dalam bentuk aplikasi online.

Mengapa Siklus Penjualan Atau Manajemen Penjualan Penting?

Dalam sistem informasi manajemen, proses penjualan sangat penting bagi kesuksesan bisnis dan keseimbangan pasar. Karena, bisa membantu melacak semua transaksi penjualan, termasuk berapa banyak proses yang dilalui dalam distribusi barang.

Selain itu, dengan proses penjualan, perusahaan lebih mudah mengevaluasi seberapa efektif saluran distribusinya. Serta, bisa cepat memperbaiki atau meningkatkan layanan yang dibutuhkan untuk proses penjualan yang lebih baik.

Bagaimana Cara Mengelola Siklus Penjualan Tunai?

Pada prinsipnya siklus penjualan tunai adalah tahapan atau proses yang dilalui dalam transaksi pembelian secara tunai. Proses atau siklus penjualan tunai meliputi:

Apa itu siklus penjualanPin

  • Pembeli memesan/ order barang.
  • Penjual mengirimkan pesanan barang lewat jasa kurir/ pos. Atau, pembeli mengambil barang langsung di toko.
  • Pembeli membayar barang secara tunai/ melunasi harga barang.

5 Cara Mengelola Siklus Penjualan Tunai

Sangat penting memahami cara mengelola proses penjualan tunai secara keseluruhan. Berikut di antaranya:

  1. Prospecting

    Tahapan proses penjualan ini berupaya mengenali klien potensial atau pelanggan yang mungkin tertarik dengan produk atau jasa Anda. Untuk menciptakan prospek, tim sales bisa mengiklankan produk/ jasa di media sosial. Seperti Facebook, Instagram, blog, podcast, dll.

  2. Persiapan

    Penting bagi tim penjualan untuk membiasakan diri dengan memahami siapa saja calon pelanggan target. Informasi ini bisa membantu menghasilkan promosi penjualan yang sempurna dan menarik klien baru.

  3. Pendekatan

    Dalam tahap siklus penjualan ini, tim penjualan bertemu langsung atau tidak langsung dengan klien. Dengan pendekatan yang baik, memperkenalkan diri, serta didukung kemampuan komunikasi yang baik.

  4. Presentasi

    Dalam tahap presentasi, tim penjualan mendemonstrasikan atau mempresentasikan bagaimana produk atau jasanya secara langsung bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Manfaat dan fitur tambahan produk/ jasa juga bisa dijelaskan dalam presentasi ini.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  5. Closing Sales

    Tahap proses penjualan atau closing terkadang cukup menantang. Tetapi, bila pendekatan yang dilakukan sudah efektif, dan diarahkan ke calon pelanggan potensial, kemungkinan closing akan semakin besar.

  6. Tindak Lanjut

    Setelah closing, tim sales juga perlu tetap menindaklanjuti prospek. Bahkan, tetap menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Tujuannya agar pelanggan tetap loyal dan membeli produk/ jasa lagi di masa mendatang.

Mengelola siklus penjualan perlu didukung aplikasi yang bisa mencatat segala transaksi keluar dan masuk secara otomatis. Percayakan hal ini pada Software Akuntansi Harmony.

Aplikasi Harmony dirilis oleh PT  Harmoni Solusi Bisnis telah terbukti dapat membantu ribuan pelaku UMKM dan ribuan klien di Indonesia menangani pembukuan secara lebih cepat, mudah, dan akurat.

Tak hanya itu, berbasis teknologi Cloud, Software Akuntansi Harmony menghadirkan fleksibilitas dalam melacak dan memantau pengelolaan keuangan di manapun, kapanpun, tanpa ribet. Pahami fitur Harmony selengkapnya dengan InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang.

Mari kelola pencatatan transaksi penjualan yang lebih sistematis, rapi, dan minim kesalahan bersama Aplikasi Harmony! Coba GRATIS 30 hari, silakan klik di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK