Harmony Blog

5 Tips Pemasaran Bisnis Budidaya Ikan Lele Yang Menguntungkan

Diupdate Feb 24th, 2021
4

SHARES

PEMBACA

pemasaran bisnis budidaya ikan lelePin

Di Indonesia bisnis budidaya lele merupakan bisnis yang sudah dijalankan cukup lama. Hal ini karena tingginya permintaan atas ikan lele sebagai bahan konsumsi masyarakat. Tetapi pemasaran bisnis budidaya ikan lele harus menggunakan strategi pemasaran yang efektif, jangan asal menjalankan saja usaha ini.

Pemasaran bisnis budidaya ikan lele harus menggunakan konsep pemasaran yang tepat khususnya sebelum memulai bisnis ini. Tanpa mengetahui konsep pemasaran yang tepat maka pemasaran bisnis budidaya ikan lele akan sulit untuk berhasil, karena kendala budidaya ikan lele tidaklah sedikit yaitu dari lokasi, pemeliharaan, panen dan juga pemasarannya tersebut.

Selain pengetahuan tentang memelihara ikan lelel maka pebisnis ikan lele juga harus tau bagaimana memasarkan ikan lele mereka secara efektif.

Apakah Anda pebisnis budidaya ikan lele? Atau Anda berminat untuk memulai bisnis budidaya ikan lele? Jika jawaban keduanya adalah YA, maka sebelum membaca artikel ini, silahkan simak terlebih dahulu video dari kisah sukses pembudidaya lele asal cirebon yaitu Pak Suganda dibawah ini:

Semoga Anda dapat inspirasi dari video tersebut. Baiklah, langsung saja silahkan untuk simak artikel tentang pemasaran bisnis budidaya ikan lele yang menguntungkan ini ya.

1. Jual ke Pedagang Pecel Lele

Hal yang paling sederhana dalam strategi pemasaran bisnis budidaya ikan lele adalah dengan menjualnya ke pedagang pecel lele. Pedagang pecel lele di Indonesia sangat banyak khususnya di pulau Jawa. Anda bisa langsung mendatangi mereka dan menawarkan penjualan ikan lele Anda kepada mereka.

2. Kerjasama dengan Pengepul Lele

Tips berikutnya adalah lakukan kerjasama dengan pengepul ikan lele, misalnya dengan menjual ke mereka dengan sistem kiloan, sistem minimal kuantiti ataupun pembayaran tempo. Hal ini cukup banyak dilakukan pebisnis ikan lele sebagai bagian dari upaya pemasaran bisnis budidaya ikan lele mereka.

3. Jual ke Produsen Makanan Berbahan Dasar Ikan Lele

Strategi lainnya adalah jual hasil panen ikan lele Anda ke produsen atau perusahaan yang menjual makanan dengan berbahan dasar ikan lele. Misalnya produsen pembuat kerupuk ikan lele, nugget lele, abon lele dan lain sebagainya.

Jika memungkinkan lakukan sistem kontrak terhadap para produsen tersebut agar bisa menjamin masa kerjasama dengan periode jangka panjang. Kontrak kerjasama yang didapat akan membuat pemasaran bisnis budidaya ikan lele Anda lebih mudah.

Baca juga : 7 Rahasia Strategi Pemasaran Produk Yang Harus Anda Coba

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Kerjasama dengan Supermaket

Selain ke pedagang lele, pengepul dan produsen makanan berbahan dasar ikan lele maka yang bisa Anda coba untuk lakukan adalah tawarkan juga produk ikan lele Anda ke supermarket. Supermarket yang dimaksud tentu saja supermarket yang menjual ikan hidup.

Anda bisa menjual ke supermarket dengan konsep penjualan putus atau konsinyasi, tergantung kesepakatan bersama dengan supermarket tersebut. Dengan mensupply ke supermarket maka branding bisnis ikan lele Anda akan semakin baik dan dikenal. Ini sangat menguntungkan dalam lingkup pemasaran bisnis budidaya ikan lele yang Anda lakukan.

5. Lakukan Pengolahan Sendiri

Hal terakhir yang tidak kalah menguntungkan dalam strategi pemasaran bsinis budidaya lele adalah melakukan pengolahan sendiri ikan lele tersebut. Anda bisa mengolah ikan lele tersebut menjadi masakan dan membuka restoran atau diolah menjadi makanan ringan (snack) seperti kerupuk lele, nugget lele atau abon lele.

Untuk penjualan produk olahan tersebut, Anda bisa manfaatkan teknologi saat ini yaitu jual di marketplace, media sosial atau platform e-commerce lainnya. Dengan kemajuan teknologi saat ini, pemasaran produk seperti olahan ikan lele ini menjadi sangat mudah dan potensi pembelinya bukan hanya wilayah tertentu tapi seluruh wilayah Indonesia.

Bagaimana, menarik bukan mengetahui tips pemasaran bisnis budidaya ikan lele? Semoga bermanfaat dan bisa Anda terapkan ya.

Berbicara mengenai teknologi untuk membantu usaha, maka Anda juga harus merapikan pembukuan usaha budidaya ikan lele dengan menggunakan teknologi agar usaha Anda bisa berkembang lebih cepat.

Gunakan aplikasi pembukuan online agar keuangan usaha Anda bisa dikerjakan dengan cepat dan mudah. Untuk aplikasi pembukuan online gunakan Harmony.

Harmony adalah aplikasi pembukuan online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi..yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony