Harmony Â» Blog Â» 

5 Tips Pemasaran Bisnis Budidaya Ikan Lele Yang Menguntungkan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 27, 2020

Di Indonesia bisnis budidaya lele merupakan bisnis yang sudah dijalankan cukup lama. Hal ini karena tingginya permintaan atas ikan lele sebagai bahan konsumsi masyarakat. Tetapi pemasaran bisnis budidaya ikan lele harus menggunakan strategi pemasaran yang efektif, jangan asal menjalankan saja usaha ini.

Pemasaran bisnis budidaya ikan lele harus menggunakan konsep pemasaran yang tepat khususnya sebelum memulai bisnis ini. Tanpa mengetahui konsep pemasaran yang tepat maka pemasaran bisnis budidaya ikan lele akan sulit untuk berhasil, karena kendala budidaya ikan lele tidaklah sedikit yaitu dari lokasi, pemeliharaan, panen dan juga pemasarannya tersebut.

Selain pengetahuan tentang memelihara ikan lelel maka pebisnis ikan lele juga harus tau bagaimana memasarkan ikan lele mereka secara efektif.

Apakah Anda pebisnis budidaya ikan lele? Atau Anda berminat untuk memulai bisnis budidaya ikan lele? Jika jawaban keduanya adalah YA, maka sebelum membaca artikel ini, silahkan simak terlebih dahulu video dari kisah sukses pembudidaya lele asal cirebon yaitu Pak Suganda dibawah ini:

Semoga Anda dapat inspirasi dari video tersebut. Baiklah, langsung saja silahkan untuk simak artikel tentang pemasaran bisnis budidaya ikan lele yang menguntungkan ini ya.

1. Jual ke Pedagang Pecel Lele

Hal yang paling sederhana dalam strategi pemasaran bisnis budidaya ikan lele adalah dengan menjualnya ke pedagang pecel lele. Pedagang pecel lele di Indonesia sangat banyak khususnya di pulau Jawa. Anda bisa langsung mendatangi mereka dan menawarkan penjualan ikan lele Anda kepada mereka.

2. Kerjasama dengan Pengepul Lele

Tips berikutnya adalah lakukan kerjasama dengan pengepul ikan lele, misalnya dengan menjual ke mereka dengan sistem kiloan, sistem minimal kuantiti ataupun pembayaran tempo. Hal ini cukup banyak dilakukan pebisnis ikan lele sebagai bagian dari upaya pemasaran bisnis budidaya ikan lele mereka.

3. Jual ke Produsen Makanan Berbahan Dasar Ikan Lele

Strategi lainnya adalah jual hasil panen ikan lele Anda ke produsen atau perusahaan yang menjual makanan dengan berbahan dasar ikan lele. Misalnya produsen pembuat kerupuk ikan lele, nugget lele, abon lele dan lain sebagainya.

Jika memungkinkan lakukan sistem kontrak terhadap para produsen tersebut agar bisa menjamin masa kerjasama dengan periode jangka panjang. Kontrak kerjasama yang didapat akan membuat pemasaran bisnis budidaya ikan lele Anda lebih mudah.

Baca juga : 7 Rahasia Strategi Pemasaran Produk Yang Harus Anda Coba

[elementor-template id="26379"]


4. Kerjasama dengan Supermaket

Selain ke pedagang lele, pengepul dan produsen makanan berbahan dasar ikan lele maka yang bisa Anda coba untuk lakukan adalah tawarkan juga produk ikan lele Anda ke supermarket. Supermarket yang dimaksud tentu saja supermarket yang menjual ikan hidup.

Anda bisa menjual ke supermarket dengan konsep penjualan putus atau konsinyasi, tergantung kesepakatan bersama dengan supermarket tersebut. Dengan mensupply ke supermarket maka branding bisnis ikan lele Anda akan semakin baik dan dikenal. Ini sangat menguntungkan dalam lingkup pemasaran bisnis budidaya ikan lele yang Anda lakukan.

5. Lakukan Pengolahan Sendiri

Hal terakhir yang tidak kalah menguntungkan dalam strategi pemasaran bsinis budidaya lele adalah melakukan pengolahan sendiri ikan lele tersebut. Anda bisa mengolah ikan lele tersebut menjadi masakan dan membuka restoran atau diolah menjadi makanan ringan (snack) seperti kerupuk lele, nugget lele atau abon lele.

Untuk penjualan produk olahan tersebut, Anda bisa manfaatkan teknologi saat ini yaitu jual di marketplace, media sosial atau platform e-commerce lainnya. Dengan kemajuan teknologi saat ini, pemasaran produk seperti olahan ikan lele ini menjadi sangat mudah dan potensi pembelinya bukan hanya wilayah tertentu tapi seluruh wilayah Indonesia.

Bagaimana, menarik bukan mengetahui tips pemasaran bisnis budidaya ikan lele? Semoga bermanfaat dan bisa Anda terapkan ya.

Berbicara mengenai teknologi untuk membantu usaha, maka Anda juga harus merapikan pembukuan usaha budidaya ikan lele dengan menggunakan teknologi agar usaha Anda bisa berkembang lebih cepat.

Gunakan aplikasi pembukuan online agar keuangan usaha Anda bisa dikerjakan dengan cepat dan mudah. Untuk aplikasi pembukuan online gunakan Harmony.

Harmony adalah aplikasi pembukuan online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi..yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram