Harmony Blog

5 Tips Mudah Untuk Pengelolaan Keuangan Bisnis Anda

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

pengelolaan keuanganPin

Sebagian besar orang pasti setuju, kalau pengelolaan keuangan yang benar, bisa menyelamatkan anggaran keuangan. Tapi, sayangnya tidak semua orang tahu dan paham, bagaimana cara mengelola keuangan bisnis yang tepat guna.

Pengertian pengelolaan keuangan adalah suatu tindakan yang terencana agar dana yang dimiliki suatu perusahaan atau organisasi bisa dikelola dengan baik. Keuangan bisnis harus dikelola dengan baik, karena tidak ada yang tahu kapan ada keperluan mendadak di masa mendatang.

Banyak alasan pengelolaan keuangan bisnis jadi semrawut. Salah satunya akibat  pebisnis seringkali mencampurkan antara keuangan bisnis dengan kebutuhan pribadinya.

Terkadang, karena meremehkan pengelolaan keuangan, keuangan bisnis sering dipakai untuk kebutuhan pribadi sehari-hari. Alhasil, ketika mau membeli stok barang atau menggaji karyawan, keuangan bisnis ludes entah kemana. Nah, untuk mencegah keuangan bisnis yang berantakan, perlu dipahami cara mengelola keuangan bisnis yang benar. Bagaimana caranya? Simak tips-tipsnya yuk!

1. Hindari Mencampurkan Keuangan Bisnis dan Pribadi dalam Pengelolaan Keuangan

Ada banyak alasan pengelolaan keuangan bisnis jadi semrawut. Ini karena, pebisnis seringkali mencampur antara keuangan bisnis dengan kebutuhan pribadinya. Patuhi aturan ini secara disiplin, sehingga Anda mampu mengendalikan pengeluaran dan keuangan bisnis tidak perlu dipakai demi kebutuhan pribadi atau sebaliknya.

Arus pembukuan juga menjadi lebih lancar karena tidak ada ongkos pengeluaran berlebihan yang menghambat arus kas keuangan bisnis. Lebih baik, sementara Anda berhemat, tetapi baik keuangan bisnis maupun pribadi bisa berjalan dengan lancar.

2. Kelola Keuangan Dengan Menentukan Budget Bulanan

Sebelum melakukan pembelian atau berbelanja kebutuhan bisnis, buatlah anggaran keuangan yang nantinya bisa dijadikan acuan agar cara mengelola keuangan menjadi lebih tepat guna.

Baca juga: Menerapkan Skala Prioritas Dalam Pengelolaan Keuangan

Pertimbangkan kembali untuk membeli barang-barang di vendor yang memberikan penawaran lebih murah. Agar dana yang tersisa, bisa dialokasikan untuk pos keuangan lainnya. Anggaran keuangan bulanan yang rapi dan balance, akan membuat bisnis Anda lebih mudah berkembang dan mudah mencari investor baru.

3. Gunakan Laporan Keuangan Bulanan untuk Pengelolaan Keuangan

Laporan keuangan bulanan dari bisnis Anda akan selalu menjadi perhatian utama investor atau mitra bisnis. Jika laporan keuangan terlihat rapi, terstruktur, dan lebih terkontrol, maka investor juga lebih besar kemungkinan mau bekerjasama untuk menanamkan modal.

Dari laporan keuangan bulanan tersebut bisa dilihat penghasilan dan pengeluaran bisnis Anda. Selanjutnya, perusahaan juga bisa mengevaluasi dan memonitoring apakah keuntungan semakin bertambah, konstan, atau justru berkurang. Setelah dievaluasi, laporan keuangan bisa menjadi referensi untuk melakukan efisiensi biaya agar keuangan bisnis tetap terjaga.

4. Berhutang adalah Pilihan Terakhir

Dalam keuangan bisnis, hutang adalah hal yang biasa. Tetapi, sebaiknya hindari berhutang untuk mengembangkan bisnis. Sebab, hutang bisa menjadi penghambat keuangan perusahaan, apabila jumlahnya melampaui kemampuan untuk mengangsur atau membayar.

Bukan malah berkembang, bisa saja justru perusahaan terbelit hutang dengan bunga yang membuat bank harus menyita perusahaan Anda. Lebih baik, hindari resiko-resiko berhutang agar kondisi keuangan bisnis lebih aman.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Pakai Keuntungan untuk Melebarkan Sayap Bisnis

Wajar saja jika sebagai pebisnis sukses, Anda ingin memperbarui gaya hidup dan membahagiakan orang-orang tercinta. Hanya saja, selama bisnis masih terus berkembang dan belum sepenuhnya stabil, lebih baik pakai keuntungan ini untuk semakin memperluas jaringan bisnis Anda.

Percaya deh, setelah kondisi finansial bisnis stabil dan mapan, Anda tidak perlu khawatir tentang  kebutuhan pribadi. Entah itu jalan-jalan ke luar negeri, membeli rumah, atau mobil mewah, semuanya akan berjalan seiring dengan kesuksesan bisnis Anda.

Kelola Keuangan Bisnis dengan Software Akuntansi Harmony

Bagi Anda yang siap mengembangkan bisnis, jangan lupa untuk selalu menyajikan dan mengevaluasi seberapa jauh kemajuan bisnis dari laporan keuangan yang akurat. Software Akuntansi Harmony, hadir untuk memenuhi kebutuhan tim keuangan dan akunting agar laporan keuangan bisa tersaji secara cepat, mudah, dan otomatis.

Fitur akuntansi yang lengkap mulai dari pencatatan invoice, rekonsiliasi bank otomatis dan 20 jenis laporan keuangan secara realtime tersedia untuk Anda agar urusan akuntansi perusahaan berjalan lancar dan akurat. Tertarik mencoba? Silakan klik di sini untuk coba GRATIS Software Akuntansi Harmony selama 30 hari. Nikmati kemudahan fiturnya untuk mendukung kelancaran pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi Info lebih lengkap bisa juga cek akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info terupdate lainnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony