Harmony Blog

5 Tips Meningkatkan Cash Flow Perusahaan Agar Bisnis Aman

Diposting Sep 8th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Cash Flow PerusahaanPin

Kunci untuk meningkatkan cash flow perusahaan tidak hanya mendatangkan lebih banyak uang sebagai pemasukan. Tetapi, juga dengan membatasi arus kas pengeluaran Anda. Ini berarti Anda harus mengelola keuangan usaha semaksimal mungkin.

Harmony adalah software akuntansi online untuk mengelola keuangan dan pembukuan agar cash flow perusahaan terus tumbuh.Click to Tweet

Laporan arus kas atau arus kas adalah suatu informasi yang berisi tentang darimana uang masuk dan kemana uang keluar selama periode akuntansi tertentu. Banyak perusahaan membuat laporan arus kas sebagai bagian penting laporan keuangan untuk menggambarkan kondisi finansial bisnis. Baca terus untuk tips tips praktis meningkatkan cash flow perusahaan Anda.

Tips Meningkatkan Arus Kas Adalah

Ada beberapa cara untuk meningkatkan cash flow perusahaan, antara lain:

Dalam praktiknya, terkadang ada kendala atau masalah tak terduga muncul saat menjalankan bisnis. Misalnya, pengiriman tertunda, mesin atau peralatan rusak, terjadi musibah, karyawan sakit dan harus isolasi mandiri, dan sebagainya. Semua kondisi tak terduga ini juga tetap membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan. Di sinilah peran penting tabungan darurat. Setidaknya, dengan dana darurat, anda tidak akan repot meminjam uang atau menjual barang, sehingga cash flow perusahaan tetap stabil.Pin

  1. Meningkatkan Sumber Modal Usaha

    Mendapatkan modal usaha saat ini tidak terlalu sulit. Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke bank atau lembaga keuangan. Sebaiknya, tidak terlalu dipaksakan untuk meminjam uang ke bank, jika kondisi finansial usaha sedang sulit.

    Karena, risiko keuangan seperti gagal bayar dapat memperburuk situasi dan menghancurkan usaha yang sudah dirintis. Meminjam modal usaha dari pihak bank, boleh dilakukan asalkan Anda memiliki jaminan hutang atau ketika cash flow perusahaan sedang positif.

  2. Menjual Aset

    Ada kalanya, perusahaan mungkin memiliki sejumlah aset yang tidak terlalu sering dipakai dalam operasional. Misalnya, mobil, sepeda motor, lahan, ruko, dll. Daripada dibiarkan saja tanpa dimanfaatkan, lebih baik aset seperti ini dijual untuk meningkatkan cash flow perusahaan.

    Perlu diketahui, aset juga bisa mengalami depresiasi atau penyusutan. Jadi, tidak ada salahnya memutuskan untuk menjual aset tersebut, selagi harganya masih cukup menguntungkan bagi anggaran keuangan usaha.

  3. Mengurangi Biaya Pengeluaran

    Bukan hanya pemasukan, pengeluaran atau biaya overhead juga dapat memengaruhi cash flow perusahaan. Dalam laporan arus kas, biaya pengeluaran akan berada di sisi kredit. Sebagai contoh, apabila saat ini biaya pengeluaran untuk perjalanan dinas karyawan sebesar Rp 10 juta per bulan.

    Maka bisa dipangkas dengan efisiensi Rp 5 juta dengan memilih tiket ekonomis, atau bekerja sama dengan jasa travel yang menawarkan harga tiket lebih murah. Alokasi dana sisanya, bisa dipakai untuk meningkatkan cash flow perusahaan.

  4. Buatlah Rekening Pribadi Dan Bisnis Terpisah

    Apabila bisnis masih baru dibangun atau dirintis, sebaiknya rekening bank juga dibedakan antara rekening pribadi dan rekening bisnis. Sehingga, tidak tercampur menjadi satu yang mengakibatkan kerancuan dalam menganalisis cash flow perusahaan maupun menganalisis biaya manfaat perusahaan.

  5. Siapkan Dana Darurat

    Dalam praktiknya, terkadang ada kendala atau masalah tak terduga muncul saat menjalankan bisnis. Misalnya, pengiriman tertunda, mesin atau peralatan rusak, terjadi musibah, karyawan sakit dan harus isolasi mandiri, dan sebagainya.

    Semua kondisi tak terduga ini juga tetap membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan. Di sinilah peran penting tabungan darurat. Setidaknya, dengan dana darurat, Anda tidak akan repot meminjam uang atau menjual barang, sehingga cash flow perusahaan tetap stabil.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Cash Flow Perusahaan

Apa saja sih cash flow perusahaan? Lihat beberapa cash flow perusahaan berikut yuk.

  • Pembelian atau penjualan aset tetap, seperti properti, mesin pabrik, dan peralatan.
  • Pembelian atau penjualan sekuritas pasar investasi, seperti saham dan obligasi.
  • Akuisisi atau penjualan bisnis.
  • Pinjaman bank.
  • Outstanding loans, dll

Harmony Sebagai Solusi Mendukung Cash Flow Perusahaan

Harmony adalah software akuntansi online untuk mengelola keuangan dan pembukuan agar cash flow perusahaan terus tumbuh. Software akuntansi Harmony sudah dipakai ribuan klien di seluruh Indonesia agar manajemen keuangan semakin cepat dan akurat.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.

Fitur-fitur Harmony yang lengkap, ideal untuk berbagai bidang industri. Termasuk  pencatatan transaksi pemasukan dan pengeluaran, serta pembuatan laporan arus kas secara instan.

Yuk, selesaikan tugas administrasi dan accounting usaha Anda bersama Software Akuntansi Harmony. Daftar uji pakai 30 Hari secara GRATIS, klik di sini. Ikuti akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony agar tak ketinggalan info bisnis dan akuntansi menarik lainnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!