Harmony » Blog » 

Simak 5 Tips Menerapkan Retensi Karyawan Dalam Perusahaan Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 26, 2021

Masih bingung dengan istilah retensi karyawan? Tidak perlu khawatir, akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini. Bukan hanya itu, tips menerapkannya juga akan diberikan.

Retensi karyawan merupakan cara yang dilakukan dalam mempertahankan karyawan agar tetap bekerja.Click to Tweet

Dalam setiap jenis perusahaan, retensi karyawan adalah suatu hal yang perlu dilakukan dalam mempertahankan karyawannya. Retensi karyawan dilakukan untuk meminimalisir tingkat turnover karyawan.

Turnover karyawan adalah proses keluar masuknya karyawan di suatu perusahaan. Selain itu turnover karyawan adalah suatu hal yang tidak bisa untuk dihindari, sekalipun sebuah organisasi berkomitmen penuh dalam membuat lingkungan kerja yang bagus, masih ada karyawan yang tetap mengundurkan diri.

Maka dari itu retensi karyawan ini diterapkan agar dapat meningkatkan sebuah kinerja karyawan dari waktu ke waktu.

Karena jika gagal dalam menerapkan strategi retensi karyawan, maka kinerja karyawan akan menurun dan berdampak buruk bagi produktivitas perusahaan.

Bagi Anda yang ingin menerapkan retensi karyawan dalam sebuah perusahaan Anda, berikut akan kami jelaskan beberapa tips dalam menerapkan retensi karyawan.

  1. Pilihlah Karyawan Dengan Selektif

    Hal pertama yang perlu untuk Anda perhatikan dalam meningkatkan strategi retensi karyawan adalah dengan melakukan pemilihan karyawan secara selektif. Sebab karyawan yang terbaik tentu akan menemukan jati diri dalam pekerjaan.

    Ini akan berdampak langsung pada produktivitas kerja dan berhubungan langsung dengan individu serta organisasi yang mana keduanya saling menguntungkan.

    Selain itu dalam memilih karyawan bukan hanya dilihat dari skill yang dibutuhkan, melainkan harus cocok dan sejalan dengan budaya perusahaan, atasan, dan rekan kerja lainnya.

    Anda juga dapat mewawancarai secara detail mengenai apakah mereka adalah sosok yang mempunyai pandangan dan tujuan yang sama dengan nilai-nilai perusahaan Anda.

    Baca Juga: Manajemen Operasi: Pengertian, Fungsi Dan Penerapannya

  2. Kasih Kesempatan Karyawan Dalam Mengembangkan Diri

    Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan dalam meningkatkan retensi karyawan adalah dengan memberikan kesempatan kepada karyawan dalam mengembangkan dirinya.

     

    Kasih Kesempatan Karyawan Dalam Mengembangkan Diri

    Apabila karyawan ada kemajuan dalam mengembangkan keterampilan dan keahliannya maka sangat berguna dalam mendongkrak produktivitas perusahaan dan bermanfaat bagi pengembangan karir.

    Selain itu apabila Anda memberikan kesempatan dan kepercayaan baru pada karyawan Anda maka mereka akan merasa bahwa keberadaan dibutuhkan dan diterima oleh lingkungannya.

    Maka dengan munculnya perasaan tersebut, maka secara tidak langsung Anda telah membangun serta meningkatkan loyalitas dari karyawan Anda.

    Baca Juga: Analisis SWOT: Pengertian, Fungsi Dan Penerapannya

  3. Berikan Tugas yang Menantang

    Anda sebaiknya memberikan tugas yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan Anda. Dengan kata lain, membuat sesuatu hal untuk meningkatkan kemampuan karyawan.

     

    Berikan Tugas yang Menantang

    Untuk meningkatkan strategi retensi karyawan adalah dengan memberikan tugas yang lebih menantang atau berbeda dari pekerjaan sebelumnya.

    Selain itu tugas baru yang lebih menantang juga dapat membantu karyawan untuk mendapatkan pengetahuan ilmu manajemen yang lebih dalam pekerjaannya dan membantu karyawan untuk melatih kemampuannya.

  4. Jalin Hubungan Baik dengan Karyawan

    Kenyamanan dalam suasana bekerja sangat dibutuhkan oleh semua orang. Selain itu kenyamanan tidak hanya dilihat dari rasa kecintaan terhadap pekerjaannya, tetapi lingkungan yang baik juga sangat mendukung terciptanya kenyamanan kerja pada karyawan .

    Anda juga harus bisa membangun employee engagement pada setiap karyawan Anda. Karena dipercaya dapat menjadi penentu kesuksesan perusahaan.

    Dengan adanya profitabilitas bisa meningkat tajam karena produktivitas tinggi dari para karyawan. Mereka mampu bekerja dengan baik untuk bisa mencapai tujuan organisasi dan membawa kepuasan konsumen.

    [elementor-template id="26379"]

    Selain itu lingkungan yang baik juga dapat terbentuk dari adanya relasi yang baik antara karyawan dengan atasan dan juga antara karyawan dengan sesama karyawan kerja.

    Selain lingkungan kerja, hubungan antara rekan karyawan dengan atasan juga memang peranan yang penting bagi kenyamanan karyawan.

  5. Berikan Kompensasi pada Karyawan

    Penghargaan adalah suatu kebutuhan setiap orang terhadap pekerjaannya. Apresiasi bukan hanya selalu pada kenaikan gaji atau kenaikan jabatan.

    Namun memberikan sebuah pujian dan pengakuan atas kerja karyawan yang memuaskan tentu dapat Anda lakukan dengan berbagai cara. Seperti mengucapkan terimakasih, memajang foto karyawan yang berprestasi di perusahaan hingga sampai memberikan reward berupa bonus atau hadiah.

    Tentu karyawan yang Anda berikan pujian akan bangga dan juga akan berdampak baik bagi kinerja karyawan yang berujung pada peningkatan performa dari perusahaan sendiri.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam mengelola retensi karyawan Anda. Pada dasarnya, perusahaan dan karyawan saling membutuhkan.

Maka penting mengupayakan yang terbaik dari kedua belah pihak. Jika seluruh karyawan di perusahaan dapat dikelola dengan baik, maka perusahaan akan lebih mudah dalam mencapai target dan kesuksesan.

Bukan hanya mengelola retensi karyawan saja, perusahaan juga harus bisa mengelola keuangan perusahaan dengan baik dan benar. Apabila Anda masih menggunakan pembukuan secara manual, Anda dapat beralih dengan menggunakan software akuntansi dari Harmony.

Dengan adanya software akuntansi Anda dapat bisa fokus pada pengembangan bisnis biar urusan pengelolaan keuangan dikerjakan oleh software akuntansi.

Harmony Accounting Software yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisis, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Yuk, silakan coba GRATIS 30 Hari Aplikasi Harmony, di sini. Dapatkan juga berbagai informasi menarik dan terupdate seputar finansial, dengan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram