Harmony » Blog » 

5 Tips Menembus Pasar Internasional Yang Praktis Untuk Bisnis Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 21, 2021

Ingin bisnis Anda berada di pasar internasional? Sebuah kebanggaan dan pencapaian jika produk ataupun brand Anda bisa menembus sampai pada pasar internasional.

Pasar internasional adalah pasar yang terlibat dalam pemasaran jual beli produk secara luas dari berbagai negaraClick to Tweet

Memang bukan hal yang mudah untuk Anda menembus pasar internasional. Dikarenakan sistem bisnis dalam contoh pasar internasional itu sangat ketat baik dari segi persaingan, kualitas maupun regulasinya.

Ada banyak hal yang tentu harus dilalui untuk menjangkau perdagangan internasional. Terlebih lagi bagi para pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang identik dengan banyaknya keterbatasan.

Seperti halnya terdapat kekurangan modal, produk yang kurang bervariasi atau kualitas pada sebuah produk belum sesuai dengan standar internasional, dan peraturan dan ketentuan lainnya sebagai syarat bisa menembus pasar internasional.

Namun berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti oleh pebisnis yang ingin memasuki pasar internasional. Yuk simak lebih lanjut.

  1. Pahami Regulasi yang Berlaku

    Hal yang harus Anda lakukan apabila ingin menembus sebuah pasar internasional adalah memahami terlebih dahulu regulasi atau aturan yang berlaku dalam pemasaran internasional.

    Buat Rrencana yang Matang

    Terutama mengenai apa saja yang boleh dijual dan tidak boleh dijual, bagaimana saluran distribusi yang dilakukan, berapa jumlah pajak yang dikenakan, dan juga harus memahami mekanisme transaksi perdagangan yang akan dijalankan.

    Memahami regulasi dan persyaratan tersebut bisa dibilang sangatlah kompleks, namun penting untuk Anda lakukan agar bisnis Anda bisa menuju pada contoh pemasaran internasional.

    Sebab apabila Anda tidak teliti dalam mendalami persyaratan, maka dapat menimbulkan kerugian di transaksi dan perdagangan yang sudah terlanjur dijalankan.

    Misalnya, jangan sampai Anda sudah melakukan apapun dan ada deal transaksi, tetapi barang yang nantinya akan Anda jual tertahan di bea cukai hanya dikarenakan Anda tidak memenuhi persyaratan bea cukai atau tidak memahami dengan baik regulasi yang berlaku.

  2. Melakukan Riset Pasar Luar Negeri

    Apabila Anda sudah memahami apa saja regulasi yang berlaku, maka tips selanjutnya agar bisnis Anda menembus sebuah pasar internasional adalah dengan melakukan riset pasar luar negeri.

    Hal tersebut perlu untuk dilakukan supaya Anda memiliki data dan informasi tentang bagaimana selera atau apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen luar negeri.

    Baca Juga: 10 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional Dan Contohnya

    Setelah itu Anda dapat mengumpulkan data datanya dan cari insight dari data tersebut lalu terapkan pada produk atau brand Anda.

    Dengan melakukan riset, Anda jadi tahu dan paham apa yang dibutuhkan oleh pasar, sehingga bisa membuat produk yang sesuai dengan pasar.

    Melalui produk yang tepat, maka bisnis Anda akan semakin mempunyai daya saing yang tinggi di pasar internasional.

  3. Buat Rencana yang Matang

    Sebelum memasuki pasar internasional, Anda juga harus membuat rencana yang matang. Ingat bahwa pasar internasional ini adalah pasar yang sangat kompetitif.

    Namun sebelum membuat rencana untuk usaha Anda, ada baiknya Anda harus memikirkan hal-hal sebagai berikut:

    • Pikirkan terlebih dahulu apakah seseorang dari tim Anda bisa menjalankan seluruh rencana ini, atau Anda juga perlu untuk merekrut anggota baru dalam menjalankan rencana pemasaran internasional Anda.
    • Meninjau apakah kapasitas yang Anda miliki cukup untuk memenuhi permintaan pasar baru, atau Anda perlu dalam meningkatkan kapasitas tersebut
    • Memilih desain kemasan produk yang dapat menarik perhatian masyarakat pasar internasional. Lalu mencari tahu apakah ada persyaratan hukum untuk memberi label sesuatu secara berbeda atau apakah Anda perlu menerjemahkan pelabelan pada kemasan produk Anda?Sebab untuk melakukan ekspansi bisnis ke luar negeri Anda juga harus mengembangkan skill dan strategi dalam bisnis Anda.Buatlah rencana bisnis yang ambisius namun tetap kredibel dalam menilai peluang bisnis yang beragam.
  4. Memilih Transportasi Logistik untuk Pemasaran

    Apabila Anda ingin melakukan sebuah pemasaran internasional, maka langkah selanjutnya adalah mengirimkan produk Anda ke tempat yang ingin dituju.

    Namun sebelum melakukan pengiriman pastikan bahwa Anda memahami transportasi logistik yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

    Pastikan juga Anda mengetahui asuransi apa saja yang akan dikenakan oleh perusahaan logistik yang Anda pilih, baik bea cukai hingga biaya pengemasan yang Anda butuhkan sampai pada metode pengangkutan atau perusahaan ekspedisi yang diperlukan.

    [elementor-template id="26379"]

  5. Memanfaatkan Media Sosial Dalam Melakukan Promosi

    Dengan semakin canggihnya media elektronik sekarang ini, tentu pebisnis sudah tidak susah lagi dalam melakukan pemasaran di belahan dunia manapun.

    Sebab memasarkan produk melalui internet sudah perlu untuk dilakukan bila pelaku usaha ingin memperluas wilayah pemasarannya dengan cepat.

    Memanfaatkan Media Sosial pada Saat Promosi

    Sehingga pebisnis dana menghubungkan beberapa pembeli dalam satu media saja dan juga biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dan hemat.

    Selain itu pelaku usaha juga dapat lebih mudah untuk melakukan promosi pada produknya, mereka dapat memanfaatkan media sosial, e-commerce dan juga website.

    Namun dengan semakin banyaknya kasus penipuan melalui internet, Anda sebagai pelaku usaha juga perlu untuk lebih berhati-hati ketika hendak melakukan kerja sama dengan media partner dalam memasarkan produk.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menembus sebuah pasar internasional. Tidak hanya itu, untuk mengembangkan bisnis ke luar negeri Anda juga memerlukan laporan keuangan yang dapat memudahkan Anda dalam memonitor perkembangan dan posisi keuangan bisnis Anda.

Apalagi jika keuntungan yang Anda dapat sangatlah banyak, dan juga keuntungan yang sudah diperoleh tersebut harus bisa dicatat dalam laporan laba rugi secara baik, tepat dan rapi.

Namun meskipun sulit untuk dilakukan, namun kegiatan pembukuan ini harus tetap dilakukan agar bisa memastikan keuntungan yang bisa diraih.

Agar lebih memudahkan Anda dalam mencatat laporan keuangan usaha, Anda dapat menggunakan software akuntansi Harmony.

Software Akuntansi Harmony berpengalaman mendukung klien dengan berbagai bidang bisnis untuk menyederhanakan tugas pembukuan keuangan bisnis.

Semua kegiatan pembukuan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa perlu repot. Tunggu apa lagi? Yuk, silakan coba GRATIS 30 Hari Aplikasi Harmony, di sini.

Dapatkan juga berbagai informasi menarik dan terupdate seputar finansial, dengan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram