Harmony » Blog » 

5 Tips Membuat Brand Experience Yang Efektif Untuk Pelanggan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Februari 9, 2021

Mendapatkan loyalitas dan perhatian pelanggan, adalah tugas berat bagi para pemilik bisnis dan marketer. Namun, ada salah satu strategi pemasaran efektif dan ampuh yang bisa dilakukan, yaitu melalui brand experience. Tanpa strategi yang tepat, sulit mendapatkan brand experience yang efektif bisa menggerakkan hati para pelanggan untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan.

Brand experience adalah pengalaman yang dirasakan oleh para pelanggan setelah menggunakan atau mengonsumsi suatu brand atau produk.

Maka itu, pelaku bisnis di bidang apapun, entah itu marketer di bidang usaha makanan hingga marketer bisnis ekspor, semuanya perlu memahami tips-tips penting membuat brand experience yang menciptakan kesan tak terlupakan sekaligus menyenangkan bagi pelanggan. Sehingga, nantinya produk atau jasa bisa memiliki ulasan positif di benak masyarakat luas.

Apa itu brand experience?

Secara umum, brand experience adalah sebuah pengalaman yang dirasakan oleh para pelanggan setelah menggunakan atau mengonsumsi suatu brand atau produk yang ditawarkan. Apakah brand experience mendapatkan penilaian positif atau negatif? Itu semua bergantung pada kesan setiap konsumen masing-masing saat memakai brand tersebut.

Tips Membuat Brand Experience yang Berkesan Positif

Pengalaman terhadap sebuah brand yang dirasakan konsumen tentu berbeda-beda, tergantung ekspektasi dan kepuasan konsumen. Ada pengalaman yang mengecewakan dan ada pula pengalaman yang menyenangkan. Berikut kami jelaskan tentang 5 tips penting menciptakan brand experience yang menyenangkan, yakni:

1. Mudah Dijangkau Konsumen

Tips menciptakan brand experience menyenangkan yang pertama adalah kemudahan produk atau jasa untuk diperoleh konsumen. Baik di desa atau perkotaan, konsumen bisa mudah mendapatkan dan menjangkau produk brand Anda. Dengan begitu, konsumen akan memiliki brand experience yang menyenangkan dan tidak repot ketika sedang membutuhkan produk atau jasa dari brand tersebut.

2. Layanan Bisa Diandalkan

Berapa banyak konsumen yang merasa kecewa karena sempat mendapatkan brand experience yang buruk. Misalnya, customer service susah dihubungi, respon yang lambat, atau bahkan, tidak ada respon sama sekali.

Tentunya, layanan tim customer service yang ramah dan bisa diandalkan dapat membuat brand experience yang positif di benak konsumen. Pada dasarnya, setiap konsumen hanya ingin didengarkan keluhannya dan mendapatkan solusi. Bukan mustahil, jika konsumen mengalami brand experience yang buruk, ia akan berpindah ke brand kompetitor.

3. Responsif Terhadap Konsumen

Saat ini, banyak brand yang memakai platform media sosial agar bisa menciptakan brand experience secara langsung dengan followersnya. Salah satu kunci menciptakan brand experience yang menyenangkan adalah selalu merespon komentar, keluhan, maupun masukan dari followers.

Tak sedikit brand yang berhasil dan mengembangkan bisnisnya secara pesat karena mengikuti saran dan keinginan konsumen. Maka itu, pastikan untuk tetap meningkatkan interaksi atau keterlibatan followers di media sosial. Selain itu, pastikan juga untuk cepat menanggapi komplain atau komentar yang diberikan konsumen secara langsung agar terjalin brand experience yang baik antara brand Anda dan konsumen.

4. Berikan Reward

Semua orang suka kejutan dan hadiah, tak terkecuali, konsumen Anda. Lalu, kenapa Anda tidak memberikan mereka hadiah? Hadiah tak selalu berupa benda. Bisa berupa potongan harga, undangan ke event khusus member, promo spesial, dan masih banyak lagi. Terutama jika brand tersebut dimiliki oleh tokoh ternama atau publik figur. Produk atau jasa akan memiliki brand equity atau ekuitas merek.

[elementor-template id="26379"]

Dengan begitu, brand experience menyenangkan akan lebih mudah tercipta di benak konsumen. Konsumen akan memiliki kesan mendalam dan merasakan kedekatan personal dengan brand equity selebriti atau tokoh populer yang sudah memberikannya hadiah.

5. Menciptakan Brand Loyalty

Pengen agar konsumen tetap setia memakai produk atau jasa brand Anda? Jangan lupa, ciptakan juga brand loyalty. Apa itu brand loyalty? Jadi, brand loyalty adalah rasa setia konsumen terhadap suatu brand tertentu. Konsumen telah merasakan dan membuktikan sendiri manfaat produk atau jasa brand itu, sehingga bersedia melakukan pembelian berulang-ulang.

Kalau bisnis berhasil menciptakan brand loyalty, apapun yang dilakukan pesaing tak akan pernah bisa membuat konsumen Anda berpaling.

Brand experience merupakan salah satu indikator kepuasan pelanggan. Semakin banyak ulasan positif konsumen, maka semakin tinggi pula tingkat indikator kepuasan pelanggan. Menciptakan brand experience juga akan semakin mudah dengan dukungan teknologi yang modern, efektif, dan efisien bagi bisnis Anda. Maka itu, software akuntansi Harmony hadir dengan fitur-fitur dan modul canggih yang melengkapi operasional serta laporan keuangan perusahaan yang makin praktis dan otomatis.

Yuk, coba GRATIS 30 Hari, software akuntansi Harmony dengan cara daftar di sini. Dapatkan pula berbagai info menarik seputar bisnis dan tips keuangan melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram