Harmony Blog

5 Tips Bereskan Pembukuan Properti Dengan Praktis

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

tips pembukuan propertiPin

Sebagai pebisnis properti, Anda wajib mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan keuangan perusahaan. Tujuannya adalah sebagai manajemen Anda tau kondisi keuangan perusahaan dan bisa mengambil kebijakan strategis agar bisnis semakin berkembang. Untuk menyediakan laporan keuangan yang cepat, Anda memerlukan tips pembukuan properti yang praktis dan mudah.

Membereskan pembukuan perusahaan properti secara praktis harus dilakukan agar manajemen perusahaan bisa mengambil keputusan dengan cepat.

Tips pembukuan properti secara praktis ini tidak hanya untuk perusahaan properti besar tapi juga perusahaan menengah dan perusahaan kecil. Jika Anda adalah developer maka tips pembukuan properti secara praktis ini berguna untuk laporan keuangan developer Anda. Ataupun jika Anda adalah seorang kontraktor atau kantor agen properti, tips pembukuan properti ini juga bisa diterapkan.

Tips pembukuan properti yang praktis bisa dipelajari agar bisa menganalisis keuangan perusahaan dengan cepat tanpa harus menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Dengan tips pembukuan properti yang praktis maka fungsi akuntansi perusahaan properti Anda bisa berjalan maksimal.

Anda berminat menjadi pebisnis properti? Mari tonton video kisah sukses Xavier Marks dalam membangun bisnis properti mereka, semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

Berikut 5 tips membereskan pembukuan properti dengan praktis yang bisa digunakan untuk perusahaan properti Anda.

1. Kumpulkan dan Analisa Bukti Transaksi

Hal pertama yang merupakan tips pembukuan properti secara praktis adalah selalu kumpulkan dan analisa apakah bukti transaksi yang terjadi itu sudah betul atau belum. Ini sebenarnya merupakan salah satu hal dasar dalam pelajaran akuntansi secara umum.

Sekecil apapun nilai transaksi, baik uang masuk atau uang keluar wajib ada bukti untuk pencatatan pembukuannya.

Baca Juga : Cara Belajar Akuntansi dengan Mudah dan Menyenangkan

2. Bayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo

Perhatikan juga tentang tagihan usaha Anda ya. Baik itu tagihan rutin seperti sewa, listrik, air atau telepon, maupun tagihan dari supplier. Bayarlah sebelum tanggal jatuh tempo agar pencatatan transaksi tidak dilakukan secara backdate atau mundur ke belakang.

Hal ini tentu akan membuat repot dan harus dihindari dalam mengimplementasikan tips pembukuan properti yang praktis.

3. Jangan Menunda Pencatatan Transaksi

Nah..tips lain yang juga harus diperhatikan adalah jangan pernah menunda untuk mencatat transaksi yang terjadi. Catatlah hari ini untuk transaksi yang terjadi hari ini atau paling telat catatlah keesokan harinya. Hindari terjadi penumpukan transaksi yang belum dicatat agar Anda tidak malas mengerjakannya.

Jika memang dirasakan transaksi yang ada terlalu banyak maka pekerjakanlah karyawan yang khusus untuk melakukan pencatatan transaksi ini. Transaksi yang dicatat termasuk transaksi uang keluar dan uang masuk. Lakukan hal ini agar tips pembukuan properti praktis yang akan Anda terapkan bisa berhasil.

4. Cek dan Recek Pembukuan Anda Secara Rutin

Dengan rutin melakukan cek dan recek terhadap pembukuan maka jika ada kesalahan pencatatan akan cepat ditemukan dan diperbaiki. Jangan malas dan menunda dalam melakukan pengecekan pembukuan yang sudah dibuat agar laporan yang tersaji merupakan laporan yang valid.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Gunakan Aplikasi

Tips pembukuan properti secara praktis yang terakhir adalah gunakan aplikasi dalam pembukuan perusahaan properti Anda. Di era teknologi saat ini banyak aplikasi pendukung yang bisa memudahkan pembukuan usaha.

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika menggunakan aplikasi/software dalam merapikan pembukuan perusahaan properti Anda. Dengan menggunakan aplikasi maka laporan keuangan perusahaan developer perumahan, laporan keuangan kontraktor apartemen atau laporan keuangan kantor agen properti bisa dibuat dengan cepat dan praktis.

Kelebihan lain dari pengunaan aplikasi adalah minimal human error serta tidak pusing dengan rumus-rumus akuntansi yang harus dibuat. Dengan cepatnya laporan yang tersedia akan meningkatkan kinerja perusahaan dalam berbagai hal, termasuk juga dalam meningkatkan arus kas perusahaan properti Anda.

Harmony adalah aplikasi pembukuan online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun.

Untuk aplikasi pembukuan perusahaan properti Anda gunakanlah aplikasi yang berbasis cloud. Tujuannya adalah agar bisa diakses dimanapun dan kapanpun tanpa batasan waktu, serta datanya tersimpan aman. Gunakan aplikasi Harmony yang sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan usaha mereka.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Jadi tunggu apalagi..yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony