Harmony Blog

5 Sumber Modal Usaha yang Perlu Anda Ketahui

Diposting Agu 31st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Sumber Modal UsahaPin

Mungkin banyak calon entrepreneur yang bertanya, dari mana sih sumber modal usaha? Selain dari modal pribadi, masih ada beberapa sumber modal usaha yang bisa diperoleh dari pihak eksternal. Contoh modal usaha yang paling mudah ditemui saat ini dari pinjaman bank, pinjaman online, pinjaman kredit usaha pemerintah, investor, dan lainnya.

Selama mau berupaya, akan selalu ada jalan dalam memperoleh sumber modal usaha. Yang terpenting, pelaku UMKM atau pebisnis tidak cepat putus asa. Cara mendapatkan modal usaha sebenarnya tidak sulit. Hanya saja, apabila mengajukan pendapatan modal usaha dari bank, maka harus disiapkan agunan atau jaminan.

Angel investor adalah individu atau perusahaan tertentu yang menyediakan sumber modal usaha bagi pebisnis.Click to Tweet

Dalam berbisnis risiko keuangan adalah hal lumrah yang harus dihadapi. Berbekal info pendapatan modal usaha berikut, semoga para pebisnis maupun pelaku UMKM lebih mudah mendapatkan modal perusahaan.

Inilah Lima Cara Sumber Modal Usaha

Berikut ini ada beberapa cara untuk mencari sumber modal usaha yang bisa Anda ketahui yakni:

  1. Dana Pribadi (Bootstrapping)

    Cara mendapatkan modal perusahaan yang pertama, biasanya adalah pebisnis merogoh kocek sendiri. Dengan kata lain, pemilik bisnis membayar semua pengeluaran dari dana pribadi atau tabungan pribadinya.

    Apa itu sumber modal usahaPin

    Contoh modal usaha ini bisa diperoleh dari warisan keluarga, menjual aset rumah atau properti, menjual mobil pribadi, dan lainnya. Sumber modal usaha ini juga bisa berupa pemberian atau hibah dari orangtua untuk menambah modal perusahaan bagi anak-anaknya.

    Aturan tak tertulis bagi pebisnis adalah menyediakan minimal 20-30% dari penghasilan untuk dana darurat. Termasuk, sumber modal usaha atau modal perusahaan dalam kondisi mendesak.

  2. Angel Investor

    Pada umumnya, angel investor adalah individu atau perusahaan tertentu yang memang menyediakan sumber modal usaha bagi pebisnis yang membutuhkan modal perusahaan dengan payback period sesuai kesepakatan.

    Angel investor fokus untuk membidik startup maupun mereka yang baru memulai bisnis dengan imbalan ekuitas atau saham kepemilikan bisnisnya. Sebagai sumber modal usaha, angel investor menyediakan suntikan modal perusahaan satu kali atau lebih agar bisnis mampu berkembang.

    Tak seperti perbankan yang memiliki bisnis prospektif, angel investor justru berani mengambil risiko keuangan dengan berinvestasi di bisnis yang baru dirintis.

  3. Pinjaman Bank

    Cara mendapatkan modal usaha selanjutnya adalah mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan. Pemerintah melalui berbagai bank memberikan kredit lunak atau sumber modal usaha berbunga ringan.

    Hal ini tentunya sangat membantu pebisnis yang sedang bingung cara mendapatkan modal usaha. Contoh modal usaha adalah produk KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Sehingga, pebisnis bisa mendapatkan modal perusahaan atau sumber modal usaha meski tanpa memberikan jaminan apapun.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Penggalangan Dana/ Crowdfunding

    Di berbagai negara, cara mendapatkan modal usaha dengan metode crowdfunding sudah sangat lumrah. Sumber modal usaha diperoleh melalui penggalangan dana dari individu atau orang yang ingin membangun bisnisnya. Biasanya, crowdfunding ini menggunakan platform berbasis internet yang sudah terpercaya dan kredibel.

    Dengan kampanye crowdfunding yang efektif, para pengguna platform akan memberikan donasi seikhlasnya. Maka itu, agar crowdfunding sukses, Anda perlu memenangkan dukungan banyak orang.

    Jelaskan mengapa Anda membutuhkan modal perusahaan dan ajak siapapun berkontribusi. Tentukan batas dana yang realistis. Contoh modal usaha yang diperoleh dari crowdfunding sebesar Rp 10 juta. Nantinya, donatur akan mendapatkan souvenir cantik dari produk/ bisnis Anda.

  5. Perusahaan Leasing

    Cara mendapatkan modal yang tak kalah penting adalah dari perusahaan leasing. Jika Anda membutuhkan sumber modal usaha untuk membeli aset seperti ruko, mesin, peralatan komputer, dll, leasing menawarkan alternatif pembiayaan modal perusahaan.

    Ketimbang meminjam uang untuk membeli peralatan, lebih baik sewa saja. Contoh modal usaha dari perusahaan leasing bisa berupa sewa atau kontrak peralatan selama periode waktu tertentu.

Tentunya, selain beberapa cara mendapatkan modal di atas, masih banyak sumber modal usaha lainnya yang bisa Anda coba. Agar langkah meminjam uang ke bank atau menggandeng investor sebagai sumber modal usaha berhasil, pastikan pembukuan keuangan selalu rapi.

Pakai Software Akuntansi Harmony untuk mendukung sistem pembukuan usaha Anda. Kapan pun dan di mana pun, bersama Software Akuntansi Harmony akan lebih mudah memantau dan melacak pencatatan transaksi usaha. Yuk, segera daftar FREE Trial aplikasi Harmony 30 hari, melalui tautan ini.

Software Akuntansi Harmony menghadirkan fitur akuntansi modern yang siap menyajikan data dan analisis laporan keuangan secara real time. Like dan follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info lebih lanjut.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!