5 Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Katering Online Anda
Harmony Blog
Marketing
5 Strategi Pemasaran Untuk Bisnis Katering Online Anda
September 6, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Teknik dan strategi pemasaran katering online merupakan salah satu trik yang bagus dan menjanjikan karena banyaknya orang yang terhubung dengan dunia digital dan mencari segala informasi melalui Internet. Seorang calon pelanggan saat ini lebih menyukai survey harga, tempat dan macam macam produk masakannya melalui online karena lebih praktis dan cepat.

Banyak sekali sekarang masyarakata melakukan pemasarancatering online yang memiliki cita rasa yang bagus, harga bersaing namun tidak memiliki penjualan yang signifikan bahkan diantaranya tutup karena tidak laku. Kesalahan utamanya bukan terletak pada persaingan harga atau pun jenis olahan nya melainkan bagaimana cara memasarkan dan metode balanced scorecard yang benar.

Untuk meningkatkan sebuah penjualan katering yang Anda miliki, Anda harus bisa melakukan strategi pemasaran katering online, agar bisnis catering Anda dapat lebih dikenal oleh orang lain. Dengan kata lain, bila seseorang mengenal identitas bisnis anda maka seseorang akan tercipta keinginan untuk mencoba dan berakhir pada closing atau penjualan.

Setelah menerapkan strategi pemasaran tentunya Anda juga harus mengelola keuangan dengan baik, gunakan Harmony Accounting Service, untuk membantu Anda dalam merapihkan pembukuan bisnis Anda sehingga Anda dapat fokus dalam mengembangkan bisnis Anda.

Semakin banyak pengusaha yang mulai menggunakan strategi bisnis secara online, termasuk juga dalam bisnis katering.

Namun bagi Anda yang ingin melakukan pemasaran katering online, Anda bisa menggunakan strategi bisnis berikut ini :

1. Membuat Akun Social Media

Pada umumnya ada banyak social media yang kini sudah banyak digunakan masyarakat Indonesia dan tentunya gratis. Dan apabila Anda ingin bisnis katering atau pemasaran produk makanan Anda cepat dikenal banyak orang, maka yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah akun social media untuk mempromosikan nya. Anda harus memiliki akun pada semua social media yang umum digunakan.

Jika Anda sudah memiliki akun social media tersebut, maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan semua produk bisnis katering yang Anda miliki. Dan selain itu, Anda juga bisa membuat grup untuk memberikan update informasi mengenai produk yang Anda jual.

Namun, dalam membuat akun social media, Anda juga harus melihat target pasar yang Anda tuju. Apabila target Anda adalah anak muda, Anda bisa menggunakan Instagram. Namun, jika bisnis Anda menargetkan perusahaan, Anda bisa menggunakan Linked In.

2. Foto dan Masukan pada Akun Media Sosial

Pemasaran melalui media social memang sangat cocok untuk pemasaran katering online, pasalnya seseorang akan lebih bisa melihat secara langsung foto-foto produk  katering Anda. Namun untuk mengambil sebuah foto pada katering tersebut, Anda harus mengambil gambar dengan kualitas yang bagus, original dan menarik.

Bila anda memiliki logo, bisa melakukan print out dan Anda dapat memasang logo tersebut kepada kemasan katering Anda, sebab hal tersebut akan menambah kepercayaan seseorang terhadap bisnis yang anda jalani. Namun bukan hanya bagi pemasaran katering online saja, melainkan Anda juga dapat melakukan pemasaran lain seperti pemasaran produk kerajinan, menjual aneka kue ulang tahun,dll.

3. Menjalankan Komunikasi yang Baik

Akun media sosial bukan hanya sebagai tempat bersosialisasi saja, atau hanya sebagai tempat mengirim foto,  memang kerap pemakaian media sosial dapat digunakan untuk memajang atau sebagai tempat pemasaran katering online.

Hal ini memang tidak salah, namun agar bisnis Anda dikenal oleh lebih banyak masyarakat lagi, Anda dapat menggunakan media sosial sebagai penjalin komunikasi antar seseorang pengguna yang memiliki akun sosial media.

Terlebih lagi target Anda bisa dikedepankan kepada ibu-ibu yang memiliki lokasi di berbagai kota, dengan begitu Anda akan mendapat respon dan juga tidak berpikir bahwa akun media sosial Anda hanya sekedar memenuhi time-line dengan konten yang tidak berkualitas.

Buatlah kata-kata untuk promosi katering Anda dengan bahasa yang baik, sopan, dan tentunya dapat menarik para calon pelanggan untuk membelinya.

Sebab orang-orang lebih suka menghubungi dengan akun media sosial tersebut karena dirasa lebih hemat biaya. Oleh karena itu, cantumkan nomor telepon maupun user id Anda dalam setiap postingan media sosial yang Anda buat.

Baca juga : Strategi UKM Dalam Menghadapi Era New Normal

custom-form-newsletter


4. Gabung dengan Grup Social Media

Bergabung di grup social media sangat menguntungkan untuk pemasaran katering online Anda , Dengan adanya fakta ini, sebuah strategi pemasaran online dapat difokuskan dengan bergabung melalui grup-grup social media yang mayoritas komunitas anggotanya adalah wanita atau ibu-ibu. Dan selain ibu-ibu, Anda juga bisa bergabung dengan grup profesi, misalnya pegawai bank atau guru, grup profesi ini biasanya secara rutin mengadakan acara pertemuan atau rapat, yang tentunya membutuhkan layanan jasa katering yang Anda miliki.

Dan hal dalam bergabung melalui grup social media juga mendapat keuntungan memasarkan dari mulut ke mulut, sehingga masing-masing dari grup tersebut secara tidak sengaja memberi tahu kepada teman ataupun orang yang Anda di sekitarnya jika mereka mencari sebuah catering untuk acaranya. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah, anda tidak terlalu melakukan spamming di grup social media Anda, cukupkan antara 2 minggu sekali untuk beriklan di grup, sebab hal tersebut agar tidak dianggap sebagai promotor yang mengganggu kenyamanan grup.

5. Menggunakan Website Sebagai Media Paling Banyak Meraup Pengunjung

Menggunakan media website sangat menguntungkan sekali bagi yang memulai dalam pemasaran katering online. Mengingat pengguna Search Engine Google lebih banyak daripada media sosial maka hal ini akan berbading sama pada pengunjung yang didapatkan, tidak hanya itu saja, memiliki website juga dianggap sebagai seorang yang serius dapat menjalani  bisnis dan dapat meningkatkan nilai kepercayaan pelanggan (Kredibilitas).

Beberapa keuntungan bila membangun website katering online yaitu dapat meningkatkan brand dan mudah dikenal di dunia maya, meningkatkan statistik pengunjung yang berujung meningkatkan pemesanan atau closing penjualan, dan memberikan pelayanan customer online secara langsung.

Sudah di jelaskan di atas mengenai strategi pemasaran katering online, dalam strategi pemasaran katering online ini selain terlihat lebih mudah, juga dapat menghemat waktu karena semua tips pemasarannya bisa dijalankan dari satu tempat.

Namun, satu hal yang  tetap harus dipahami bahwa semua strategi pemasaran katering online maupun offline didukung dengan pengelolaan keuangan yang baik agar bisa mendukung suatu strategi pemasaran secara maksimal.

Namun untuk memudahkan dalam mengelola keuangan bisnis katering tersebut, Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi Software Akuntansi Harmony, aplikasi ini dapat membantu Anda dalam menyelesaikan segala laporan keuangan bisnsi Anda secara real time. Dan Anda dapat memantau keuangan bisnis Anda dimana pun dan kapan pun dengan hanya menggunakan sebuah software akuntansi harmony.

Dapatkan semua manfaat pengelolaan keuangan dan kemudahan dalam merencanakan bisnis dengan Harmony, daftarkan segera bisnis Anda untuk dapat menggunakan Harmony GRATIS 30 Hari disini.

Namun bagi Anda para pebisnis, yang ingin mengetahu banyak tentang sebuah bisnis, keuangan, maupun pajak. Anda dapat mengunjungi akun social media Harmony, yang terdapat pada akun social media Facebook, Instagram, dan Linked In.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/