Harmony Blog

5 Strategi Memulai Usaha Yang Praktis Untuk Anda Lakukan

Diposting Jun 3rd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Strategi Memulai UsahaPin

Banyak yang berkata strategi memulai usaha itu ya, dijalankan saja dulu ide-idenya, tanpa banyak wacana. Tetapi, benarkah begitu? Bukankah setiap jenis usaha itu membutuhkan strategi memulai usaha yang berbeda. Sama seperti perilaku konsumen yang berbeda, tentunya strategi memulai usaha juga berlainan.

Apapun jenis perusahaan Anda, sebaiknya lakukan terlebih dulu riset pasar. Hal ini penting untuk mengetahui gambaran pasar yang sebenarnya.Click to Tweet

Ditambah lagi, ketika memulai bisnis Anda juga perlu memahami cara mengurus izin atau cara daftar UMKM, membuat strategi pemasaran, hingga membuat laporan keuangan.

Jelas bahwa cara memulai usaha tidak lantas terburu-buru dijalankan, namun membutuhkan strategi memulai usaha yang matang.

Nah, berikut adalah strategi memulai usaha yang praktis dan mudah diikuti:

Pahami Kondisi Pasar

Apapun jenis perusahaan Anda, sebaiknya lakukan terlebih dulu riset pasar. Hal ini penting untuk mengetahui gambaran pasar yang sebenarnya.

Cara strategi memulai bisnisPin

Cara memulai usaha ini juga sudah umum dilakukan pebisnis pemula atau baru memulai bisnis.

Anda tak perlu repot melakukan sendiri, karena saat ini sudah banyak jasa studi kelayakan usaha atau jasa riset memulai bisnis yang siap membantu.

Tentukan Anggaran Bisnis

Strategi memulai usaha berikutnya adalah permodalan atau masalah budget bisnis. Sudah pasti ada biaya produksi atau biaya modal yang akan dikeluarkan.

Namun, usahakan agar ketika memulai bisnis, tetap memperoleh break even point (BEP) agar tidak terlalu banyak merugi. Setidaknya, pendapatan bisnis Anda sama dengan modal yang dikeluarkan. Lebih beruntung lagi, jika

sudah mendapatkan keuntungan sejak pertama memulai bisnis.

Bermitra Dengan Supplier/ Vendor

Jika Anda membutuhkan bahan baku atau stok barang untuk dijual kembali. Pastikan Anda mendapatkan penawaran harga menarik dari supplier/ vendor.

Terlebih lagi, jika Anda memulai bisnis restoran atau kafe. Anda butuh supplier yang memasok bahan makanan, sayuran, kopi, es batu, dan masih banyak lagi.

Usahakan menemukan supplier yang mampu menyediakan bahan baku bermutu tinggi, namun harga tetap bersahabat dengan anggaran bisnis Anda.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Lokasi Strategis

Berbeda dengan jenis usaha digital yang serba online, mungkin ada beberapa pebisnis di luar sana yang membutuhkan tempat bisnis secara fisik. Contohnya kafe/ restoran, hotel, klinik, dan sebagainya.

Lokasi juga turut mempengaruhi tingkat pendapatan Anda. Sebab, pelanggan akan merasa lebih nyaman jika mudah menjangkau lokasi bisnis Anda.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan sebagai salah satu cara memulai usaha adalah tempat parkir, tempat mushola, toilet/ kamar mandi, dll.

Merekrut Pegawai

Strategi memulai usaha lainnya adalah merekrut karyawan atau pegawai yang sevisi atau seide dengan tujuan usaha. Salah satu cara memulai jenis usaha dalam poin ini misalnya hanya merekrut 1-2 pegawai dulu.

Jika perlu, Anda bisa turun tangan untuk efisiensi biaya. Setelah penjualan meningkat, Anda bisa bertahap merekrut pegawai baru agar kegiatan usaha tetap produktif.

Itu dia beberapa strategi memulai usaha yang bisa Anda ikuti. Pastinya semua hal perlu dilakukan dengan rencana yang matang.

Tentunya juga butuh waktu yang tepat dalam menjalankan sebuah usaha. Satu hal yang tak kalah penting, lengkapi pembukuan dan akuntansi bisnis Anda dengan Software Akuntansi Harmony.

Hal tersebut adalah strategi memulai usaha yang tak boleh dilewatkan. Sebab, Software Akuntansi Harmony akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis.

Tak perlu lagi manual, semua sudah otomatis by sistem cloud dan juga bisa mendapatkan laporan realtime. Lalu apa saja yang bisa dilakukan?

Cobalah untuk Anda gunakan software akuntansi seperti Harmony yang dapat dengan mudah melakukan rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, pembuatan invoice otomatis, pemantauan stok, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Gunakan Harmony sekarang juga GRATIS 30 hari di sini.

Mulai dari pencatatan transaksi pengeluaran dan pemasukan, perhitungan aset, stok barang hingga rekonsiliasi bank otomatis, dan masih banyak fitur akuntansi lainnya yang menarik. Bereskan segala urusan akunting bisnis Anda bersama Software Akuntansi Harmony kapan saja dan di mana saja. Nah, tunggu apalagi? Yuk, Coba GRATIS 30 hari, daftar sekarang.

Follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk fitur-fitur dan info lebih detail.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony