Harmony Blog

5 Promosi Penjualan Produk yang Efektif Meningkatkan Laba

Diupdate Mar 11th, 2021
6

SHARES

PEMBACA

promosi penjualanPin

Setiap pebisnis, pasti menginginkan penjualan produk yang bisa menghasilkan laba dengan efektif. Salah satu cara yang paling mungkin Anda lakukan adalah dengan melakukan promosi penjualan. Tanpa melakukan promosi penjualan, tentu Anda akan sangat sulit mendapatkan pembeli dan memperoleh laba. Baik perusahaan kecil maupun perusahaan skala besar akan terus melakukan promosi penjualan untuk bisa meningkatkan laba secara efektif.

Contoh promosi penjualan yang paling umum dilakukan adalah dengan memberikan diskon atau potongan harga ketika menjelang akhir tahun, hari raya, atau momen-momen tertentu.

Promosi penjualan adalah usaha menawarkan produk dengan cara yang unik dan berbeda supaya bisa menarik minat calon pelanggan sampai pelanggan tersebut mau membelinya. Ada banyak jenis promosi penjualan yang dilakukan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Contoh promosi penjualan yang paling umum dilakukan adalah dengan memberikan diskon atau potongan harga ketika menjelang akhir tahun, hari raya, atau momen-momen tertentu. Sayangnya, hari-hari tersebut tidak selalu datang, sehingga promosi penjualan dengan diskon tidak bisa selalu diberlakukan.

Bagi Anda yang ingin meningkatkan laba secara efektif, Anda bisa mencoba 5 teknik promosi penjualan berikut ini.

Limited Edition

Ketika melakukan promosi, Anda tidak harus selalu bermain dengan harga seperti memberikan diskon. Ada satu cara unik yang bisa Anda lakukan, yaitu strategi promosi dengan limited edition. Sebenarnya, strategi diterapkan hanya dengan memajang beberapa produk di toko dan menyimpan produk serupa lainnya sehingga jumlahnya tampak sangat sedikit.

Sesuai dengan namanya, limited edition atau edisi produk yang terbatas, tentunya tidak memungkinkan setiap orang bisa membeli. Cara ini bekerja dengan memainkan psikologi pelanggan, bahwa yang mendapatkan produk tersebut hanyalah orang-orang yang beruntung.

Bagi Anda yang menjual produk fashion seperti pakaian, sepatu, dan perhiasan, strategi promosi ini sangat cocok untuk Anda coba. Namun, tetap pastikan kualitas produk Anda adalah produk yang terbaik supaya tidak mengecewakan pelanggan.

Baca Juga : 10 Cara Pemasaran untuk Bisnis Ekspor yang Tepat

Bundling Package Sebagai Promosi Penjualan

Strategi promosi yang satu ini bisa berguna untuk hampir setiap produk. Teknik yang dilakukan juga cukup mudah, yaitu menjual produk secara sepaket. Misalnya menjual buku dan pulpen dalam satu paket harga. Bisa juga dengan menggabungkan baju dan celana, sepatu dan kaos kaki, makanan dan minuman, serta lain sebagainya. Biasanya, teknik ini digunakan untuk menjual produk yang kurang laku untuk dipaketkan dengan produk yang laris. Selain itu, teknik ini juga bisa digunakan untuk memperkenalkan produk baru.

Permainan Harga

Untuk produk-produk fashion, kosmetik, dan elektronik, bisa mencoba untuk melakukan promosi dengan permainan harga. Cara ini sudah sangat lazim, dan cara kerjanya adalah dengan membuat harga yang unik. Misalnya, untuk suatu produk seharga Rp 200.000,00 Anda bisa menggantinya dengan Rp 199.900,00. Jika dilihat sekilas, harga Rp 199.900,00 tentu lebih murah dibandingkan Rp 200.000,00. Meskipun hanya selisih Rp 100,00, tetapi banyak pelanggan yang tertarik untuk membelinya.

Promosi Penjualan Melalui Cashback

Sebenarnya, teknik promosi ini hanya pembaharuan dari teknik diskon. Hanya saja, cashback diberikan jika konsumen membeli dengan batas nominal tertentu. Misalnya untuk pembelian minimal sebesar Rp 1.000.000,00 akan mendapatkan cashback sampai dengan Rp 20.000.00. Cashback juga bisa diberikan untuk pembelian selanjutnya, selama promo berlangsung.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Ketika membuat program promosi dengan cara cashback, pastikan Anda memberikan informasi yang sejelas-selasnya kepada calon pelanggan. Misalnya mengenai syarat mendapat cashback, produk yang harus dibeli, dan batas waktu promo. Informasi yang tidak jelas dan membingungkan justru akan membuat kepercayaan pelanggan menurun.

Baca Juga : 9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omset

Copywriting

Ada banyak jenis promosi penjualan yang bisa Anda lakukan. Anda tidak harus terpaku dengan harga dan produk. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan copywriting. Strategi promosi ini merupakan seni menjual produk yang memaksimalkan kata-kata. Keunggulannya adalah cocok untuk semua jenis bisnis. Copywriting bahkan menjadi strategi pemasaran produk makanan ringan yang sangat handal saat ini.

Ketika Anda menjual produk makanan, maka rasa bisa menjadi pembeda bagi keputusan konsumen. Namun, untuk era digital saat ini, rasa akan tertuang langsung dalam konten-konten yang Anda buat. Teknik ini memerlukan keahlian khusus sehingga tidak mudah untuk membuat kata-kata yang bisa menarik minat pembeli. Maka dari itu, tidak jarang ada pihak yang menawarkan jasa copywriting untuk keperlu mempromosikan produk.

Itulah beberapa strategi promosi penjualan yang bisa lakukan untuk meningkatkan laba dengan efektif. Namun, perlu Anda tahu bahwa yang terpenting adalah ketepatan dalam menerapkan strategi promosi. Selain itu, sangat penting juga bagi Anda untuk memaksimalkan laporan keuangan usaha agar bisa mengetahui peningkatan laba usaha Anda.

Gunakan software akuntansi harmony yang user friendly dan mudah diintegrasikan. Untuk mendapatkan Software Akuntansi Harmony GRATIS dalam 30 hari, daftarkan diri Anda sekarang juga di sini. Jangan lupa, ikuti juga update info menarik lainnya lewat akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

 Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony