Harmony » Blog » 

5 Perencanaan Keuangan yang Mudah untuk Diterapkan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 25, 2021

Dalam mengelola anggaran keuangan atau melunasi jenis hutang tertentu dibutuhkan perencanaan keuangan yang baik agar terhindar dari risiko likuiditas, yaitu suatu risiko yang menyebabkan kita tidak bisa memenuhi kewajiban pembayaran yang telah jatuh tempo secara tunai.

Prinsip perencanaan keuangan perusahaan dan perencanaan keuangan pribadi adalah sama. Yaitu, mengatur dan mengelola keuangan sebaik mungkin agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai di masa mendatang.Click to Tweet

Dalam menghindari risiko likuiditas inilah kita perlu menerapkan financial planning, baik dalam merencanakan keuangan perusahaan maupun keuangan pribadi.

Namun, tahukah Anda apa itu perencanaan keuangan dan bagaimana cara menerapkannya? Simak pada pembahasan kali ini.

Apa itu Perencanaan Keuangan?

Menurut Certified Financial Planner, Financial Planning Standards Board Indonesia adalah suatu proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terencana.

Hal ini berarti financial planning atau perencanaan keuangan adalah proses manajemen keuangan yang digunakan untuk mengatur atau mengelola keuangan secara terencana. Agar dapat mencapai tujuan hidup seseorang.

Tujuan hidup ini dapat berupa menikah, memiliki rumah, investasi pendidikan anak, dan sebagainya. Oleh sebab itu, untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut seseorang harus memiliki financial planning yang baik dan terencana.

Financial planning dapat diterapkan baik bagi perencanaan keuangan perusahaan ataupun perencanaan keuangan pribadi.

Hal ini karena prinsip dalam merencanakan keuangan perusahaan dan perencanaan keuangan pribadi adalah sama. Yaitu, mengatur dan mengelola keuangan sebaik mungkin agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai di masa mendatang.

Inilah Kelima Tipsnya

Supaya Anda tidak bingung dalam merencanakan keuangan yang baik, simak langkah-langkah membuat perencanaan keuangan yang mudah untuk diterapkan berikut ini:

  1. Tentukan Tujuan Keuangan Anda

    Langkah pertama dalam membuat perencanaan keuangan adalah dengan menentukan secara spesifik dan jelas mengenai tujuan hidup yang ingin Anda capai dengan uang yang Anda peroleh saat ini.

    Tujuan keuangan ini dapat berupa keinginan Anda untuk memiliki rumah 5 tahun ke depan, investasi pendidikan anak, atau modal untuk memulai usaha.

    5 Perencanaan Keuangan

  2. Catatlah Pendapatan dan Pengeluaran Bulanan Anda

    Langkah kedua dalam membuat perencanaan keuangan adalah dengan rutin mencatat pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda. Hal ini diperlukan agar Anda mengetahui seberapa sehat kondisi keuangan Anda atau perusahaan.

    Selain itu, dengan rutin mencatat pendapatan dan pengeluaran bulanan, maka Anda juga akan lebih mudah dalam membuat laporan keuangan dan financial planning ke depannya.

  3. Siapkan untuk Dana Darurat

    Langkah ketiga dalam membuat perencanaan keuangan adalah dengan menyiapkan dana darurat untuk digunakan apabila ada pengeluaran yang tak terduga. Dana darurat ini akan sangat bermanfaat dalam kondisi tak terduga seperti untuk biaya berobat rumah sakit, kecelakaan kendaraan, dan sebagainya.

    Dengan menyiapkan dana darurat ini maka Anda tidak perlu lagi mengambil uang dari anggaran keuangan untuk tujuan yang ingin Anda capai.

    [elementor-template id="26379"]

  4. Bayarlah Angsuran Pinjaman Tepat Waktu

    Langkah keempat dalam merencanakan keuangan adalah dengan rajin membayar angsuran pinjaman tepat waktu. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi beban bunga yang menumpuk akibat Anda telat membayar.

    Rutin membayar angsuran pinjaman juga akan membuat kondisi keuangan Anda lebih baik, terlebih jika pinjaman tersebut digunakan untuk modal usaha yang potensial.

  5. Mulailah Menabung dan Berinvestasi

    Langkah selanjutnya yang bisa Anda coba untuk membuat perencanaan keuangan adalah dengan memulai menabung dan berinvestasi.

    Hal ini perlu Anda lakukan agar aset-aset yang Anda miliki saat ini lebih bernilai dan memberikan keuntungan di masa mendatang.

Terapkan dan Pantau Perencanaan Keuangan Anda

Setelah semua langkah tersebut Anda lakukan, maka terapkan dan pantau terus perkembangan keuangan Anda. Tentunya perlu merencanakan keuangan dengan yang baik apabila perencanaan keuangan tersebut dinamis, artinya bisa menyesuaikan terhadap berbagai situasi dan kondisi yang terjadi.

Jika terjadi masalah atau terdapat kekurangan dalam merencanakan keuangan, maka perbaikilah dengan segera. Masih bingung untuk merapikan pembukuan bisnis Anda sekarang?

Pakai Software Akuntansi Harmony untuk mengelola dan meningkatkan akurasi sistem pembukuan bisnis Anda. Lupakan proses akunting berbasis kertas yang rumit dan menyita waktu. Sudah saatnya beralih ke Software Akuntansi Harmony dengan fitur fungsional dan modern.

Mulai dari pencatatan penjualan, update stok, penghitungan aset, sampai dengan laporan keuangan yang Anda butuhkan. Semua dapat diakses dengan mudah, cepat, kapan saja dan di mana saja. Jadi, tunggu apalagi nih? Aplikasi Harmony bisa Anda buktikan keunggulannya secara GRATIS selama 30 hari. Daftar sekarang di tautan ini.

Yuk follow akun sosial medianya seperti Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info terupdate lainnya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram