Harmony Blog

5 Perbedaan Bank dan Non Bank Yang Perlu Diketahui

Diposting Jun 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Perbedaan bank dan non bankPin

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan perbankan. Lembaga keuangan yang satu ini memegang peranan besar terhadap aktivitas perekonomian negara. Selain bank, aktivitas perekonomian Indonesia juga terdapat lembaga keuangan bukan bank atau non bank. Lalu apa fungsi lembaga keuangan non bank? Apa saja perbedaan bank dan non bank?

Lembaga keuangan non bank juga mempunyai peranan sebagai penghimpun dana dari nasabah dengan mengeluarkan surat berharga untuk disalurkan kembali pada nasabah.Click to Tweet

Pengertian Lembaga Keuangan Bank Dan Non Bank

UU No.14 tahun 1967 menjabarkan pengertian lembaga keuangan sebagai badan usaha yang kegiatannya menarik dana dari para nasabah dan kemudian disalurkan kembali pada nasabah lainnya.

Selanjutnya lembaga keuangan dibagi menjadi dua jenis, yaitu lembaga keuangan bank dan non bank.

Lembaga keuangan perbankan berperan seperti agen pembayaran yang menawarkan layanan debit, kredit, cek, setoran langsung, draft bank, dan layanan bank lainnya.

Lembaga keuangan non bank juga mempunyai peranan sebagai penghimpun dana dari nasabah dengan mengeluarkan surat berharga untuk disalurkan kembali pada nasabah. Saluran dana ini diharapkan dapat digunakan untuk berinvestasi di perusahaan.

Perbedaan bank dan non bank disini ialah dari segi kegiatannya. Lembaga keuangan non bank tidak menghimpun dana secara langsung dari nasabah. Sementara bank memiliki nasabah tetap dan dapat menerima setoran dana secara langsung.

Fungsi Lembaga Keuangan Bank Dan Non Bank

Dalam perbedaan bank dan non bank memiliki adanya fungsi lembaga keuangan perbankan yang utamanya ada tiga, yaitu sebagai tempat penyimpanan, penyalur, serta perantara pembayaran.

Bank berfungsi sebagai penyalur kredit, artinya dana nasabah yang disimpan akan dimanfaatkan oleh bank untuk menyalurkan kredit kepada pihak lain.

Fungsi lembaga keuangan bank dan non bankPin

Mekanisme debit dan kredit di bank konvensional tentu berbeda dengan bank Syariah, walaupun begitu fungsi yang dijalankan tetap sama.

Perbedaan bank dan non bank dilihat dari segi fungsinya yaitu sebagai perantara dan pemberi kredit. Lembaga keuangan non bank menjadi perantara pemilik modal dengan perusahaan.

Fungsi Lembaga keuangan non bank ini membantu perusahaan-perusahaan yang membutuhkan kredit modal. Selain itu lembaga keuangan non bank juga menghubungkan antara investor dan pasar modal.

Baca Juga: Apa Saja Peran BUMN Terhadap Perekonomian Indonesia

Jenis-Jenis Lembaga Keuangan Bank Dan Non Bank

Perbedaan bank dan non bank yang paling mencolok yaitu dari jenis-jenisnya. Jenis lembaga perbankan antara lain bank konvensional, bank syariah, dan bank sentral Indonesia.

Sedangkan jenis-jenis lembaga keuangan non bank antara lain koperasi, perusahaan asuransi, pasar modal, pegadaian, dana pensiun, leasing, dan perusahaan modal ventura.

Koperasi simpan pinjam menjadi lembaga keuangan non bank paling populer di masyarakat. Umumnya masyarakat memilih koperasi sebagai tempat meminjam dana, sebagai salah satu peran koperasi dan peran BUMN keuangan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Bank sentral

    Salah satu perbedaan bank dan non bank yang paling terlihat yaitu dari fungsi bank sentral. Bank milik pemerintah ini memiliki tanggung jawab besar dalam mencetak dan mengedarkan uang, menetapkan kebijakan moneter, dan stabilisator sistem keuangan negara.

    Hanya Bank Indonesia (BI) yang dapat menjalankan tugas ini, lembaga keuangan non bank tidak berwenang untuk melakukan hal-hal tersebut.

  • Pegadaian

    Lembaga keuangan non bank ini khusus melayani kebutuhan masyarakat dengan hukum gadai dan bersifat kekeluargaan. Perbedaan bank dan non bank dalam sistem pegadaian adalah sifat kekeluargaan yang ditunjukkan dalam menyelesaikan masalah nasabah.

    Pada dasarnya perbedaan bank dan non bank terletak pada kegiatannya, lembaga keuangan non bank hanya membantu melakukan salah satu kegiatan keuangan. Namun tujuan utamanya sama-sama memfasilitasi kegiatan perekonomian masyarakat.

Setelah mengetahui perbedaan bank dan non bank, saatnya Anda sebagai pebisnis mengetahui cara membuat laporan keuangan secara cepat, akurat, dan modern. Kini hadir Software Akuntansi Harmony dengan berbagai fitur yang mudah digunakan untuk membantu menyelesaikan urusan akuntansi perusahaan Anda.

Ingin mencoba berbagai fitur dan modul akunting dari Aplikasi Harmony? Silahkan pakai GRATIS selama 30 Hari, daftar sekarang di tautan ini, ya. Jangan mau ketinggalan info terupdate tentang Aplikasi Harmony, segera follow juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony