Harmony Blog

5 Kemampuan Manajerial yang Harus Dimiliki Sebagai Pengusaha

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

kemampuan manajerialPin

Menjadi seorang pemimpin wajib memiliki kemampuan manajerial bisnis yang mampu mengelola dan memotivasi timnya secara efektif.  Di dalam setiap organisasi, peran utama dari seorang manajer di setiap perusahaan adalah untuk memimpin, mengatur segala rencana dengan benar, mendukung dan mendorong karyawan untuk mau bekerja sama mencapai tujuan perusahaan.

Namun ada yang paling penting untuk menjadi seorang manajer, yaitu harus mampu membawa pengaruh signifikan dan berarti bagi tim maupun perusahaan nya. Sebab kebanyakan dari seorang manajer sering mengalami masalah-masalah fundamental seperti kurangnya kemampuan manajerial yang perlu dimiliki sehingga tidak mampu memimpin tim dengan baik dan kesulitan merumuskan hingga mengeksekusi perencanaan strategis bagi pertumbuhan perusahaan.

Keterampilan manajerial merupakan pengetahuan dan kemampuan individu dalam posisi manajerial untuk memenuhi beberapa kegiatan atau tugas manajemen tertentu.

Maka dari itu untuk menjadi seorang manajer yang efektif dan berkelas dunia, Anda harus memiliki sistem manajemen yang memenuhi agar mampu berkembang selaras dengan lingkungan organisasi yang tumbuh semakin cepat dan kompleks.

Apa itu Manajerial ?

Untuk menjadi seorang manajer tidaklah semudah yang diperkirakan sebelumnya menjadi karyawan biasa. Sebab Jika Anda ingin menjadi seorang manajer yang sukses, Anda harus memiliki sejumlah kompetensi umum dan khusus.

Manajerial adalah kemampuan untuk mengoordinasikan, mengatur dan menggerakkan para bawahan ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan organisasi.

Namun sebuah kemampuan manajerial tidak begitu saja muncul. Sebab kemampuan ini datang dari suatu proses yang panjang yang terjadi secara perlahan-lahan melalui proses pengamatan dan belajar.

Dapat dilihat bukti dari kemampuan manajerial adalah sejauh mana kelompok kerja yang dipimpinnya mampu berkinerja secara optimal. Maka dalam hal ini seorang manajer harus mampu menunjukkan bahwa mereka sanggup dekat secara emosional dengan bawahan sehingga bawahan memberikan dukungan dengan komitmen yang kuat pada kelompok kerjanya.

Namun tidak jarang kita jumpai manajer yang tidak menghasilkan kinerja optimal bagi kelompok yang dipimpinnya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Banyak hal yang menyebabkan seorang manajer tidak menghasilkan kinerja yang diharapkan dalam memimpin kelompoknya antara lain yaitu :

• Kurangnya kemampuan manajerial dalam memahami kinerja yang diharapkan dari posisinya sebagai seorang pimpinan kelompok kerja.

• Kurang memahami peran manajerial yang disandangnya.

• Tidak mempunyai kemampuan manajerial yang diperlukan untuk menghasilkan kinerja manajerial yang ditargetkan.

• Lemah dalam hal memotivasi atau menggerakkan orang-orang yang dipimpinnya.

Baca Juga : KPI (Key Performance Indicator): Pengertian Lengkap dan Contohnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5 Kemampuan Manajerial yang Harus Dimiliki Sebagai pengusaha

Berikut dibawah ini terdapat 5 kemampuan manajerial yang harus dimiliki setiap pengusaha, yaitu :

1. Memiliki Jiwa Pemimpin

Sebagai seorang manajer, Anda kemungkinan besar akan bertanggung jawab untuk mengawasi pekerjaan tim dan memotivasi tim menuju tujuan bersama. Anda mungkin juga bertanggung jawab untuk memimpin rapat, menetapkan beban kerja, dan mendukung kolaborasi lintas tim dan departemen. Keterampilan kepemimpinan yang berkembang dengan baik akan membantu Anda mengoordinasikan tugas dan mengarahkan semua pihak untuk memastikan pekerjaan selesai sesuai dengan rencana waktu yang telah ditetapkan.

2. Mampu Berkomunikasi Dengan Baik

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik sangat penting bagi seorang manajer. Ini dapat menentukan seberapa baik informasi dibagikan ke seluruh tim, memastikan bahwa grup bertindak sebagai tenaga kerja yang bersatu dan memiliki pencapaian sukses yang sama.

Sebuah komunikasi memfasilitasi kelancaran fungsi organisasi dan melibatkan aliran informasi dalam organisasi, baik komunikasi secara formal atau informal, maupun secara verbal dan tertulis.

Saluran komunikasi yang ditetapkan dengan jelas dalam organisasi memungkinkan manajer untuk bekerja sama  dengan tim, mencegah konflik, dan menyelesaikan masalah yang muncul. Seorang manajer dengan kemampuan komunikasi yang baik dapat berhubungan baik dengan karyawan dan dengan demikian dapat mencapai tujuan dan sasaran perusahaan dengan mudah.

3. Kemampuan Manajerial Sumber Daya Manusia (SDM).

Pemimpin tentunya sangat berkaitan dengan mengarahkan dan mengontrol agar orang-orang yang ada di dalam perusahaan tersebut bertindak  mencapai sebuah tujuan perusahaan. Untuk mensosialisasikan visi dan misi hingga program perusahaan dibutuhkan keahlian untuk berkomunikasi dengan berbagai orang yang terlibat dalam perusahaan.

Manajer yang baik haruslah memiliki kemampuan ini. Sebab keberhasilan dalam mengarahkan karyawan merupakan salah satu kunci keberhasilan kepemimpinan manajer. Sebab apabila terciptanya sistem kerja yang sistematis, terorganisir, dan rapi maka setiap individu yang ada dalam organisasi akan saling memberikan dukungan untuk mencapai keberhasilan.

4. Strategi Pemasaran yang Ampuh

Dalam usaha tentunya sangat berkaitan dengan penjualan, terutama pada konsep bisnis  B2C (business to customer) dimana konsep ini melakukan pelayanan barang atau jasa kepada konsumen. Bisnis jenis ini sangat berhubungan langsung dengan para konsumen. Jenis kategori seperti itu termasuk salah satu kategori bisnis yang cukup berkembang dan banyak peminatnya.

Maka bagi seorang pengusaha yang berkaitan dengan penjualan sangat penting untuk memiliki kemampuan manajerial dalam strategi pemasaran agar usaha yang Anda dijalankan berjalan dengan baik.

Menyusun konsep strategi pemasaran yang handal, cermat dalam menentukan target pasar, dan menerapkan bauran pemasaran wajib dipahami dengan baik oleh seorang  calon pengusaha sukses.

5. Mampu Mengelola Keuangan Dengan Baik

Kemampuan manejerial yang satu ini sangat penting dimiliki pengusaha agar dapat membuat perencanaan keuangan yang baik dalam mengelola modal usaha serta pencapaian laba. Namun tidak hanya dalam menggunakan keuangan secara tepat, kemampuan dalam manajemen laporan keuangan juga menjadi salah satu cara dalam mengelola keuangan dengan baik. 

Pembukuan atau pencatatan keuangan ini harus dilakukan secara berkelanjutan dimana di dalamnya termasuk pencatatan harta, kewajiban, modal, penghasilan, biaya serta pendapatan yang digunakan sebagai dasar dalam menyusun neraca dan laporan laba rugi.

Melalui kegiatan pembukuan usaha, maka pelaku usaha dapat memantau dan mengevaluasi kondisi keuangan usahanya. Namun sayangnya tidak semua pelaku usaha memahami masalah ini. Maka tidak heran jika ada yang menganggap masalah ini adalah pekerjaan rumit dan harus dikerjakan oleh tenaga yang ahli.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, saat ini tersedia solusi untuk memudahkan kesulitan yang dihadapi oleh pelaku usaha. Yakni dengan menggunakan aplikasi pembukuan seperti Harmony yang dibuat untuk mempermudah aktivitas pencatatan keuangan.

Harmony merupakan aplikasi pembukuan keuangan yang user friendly, fleksibel, tepat guna dan hemat waktu. Pengguna bisa mencatat seluruh informasi keuangan kedalam satu aplikasi yang terintegrasi.

Jika Anda masih belum yakin untuk menggunakan aplikasi pembukuan dalam kegiatan keuangan perusahaan, maka Anda dapat mencoba Free Trial dari Harmony selama 30 hari dengan klik disini.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan tips dan berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pajak dan lainnya? Kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK