Sudahkah Anda melakukan marketing campaign? Kampanye pemasaran atau marketing campaign adalah salah satu aktivitas penting demi menjaga pertumbuhan bisnis.
Jika dulu kampanye pemasaran dilakukan dengan cara menyebarkan pamflet atau brosur iklan ke masyarakat, kini marketing campaign lebih efektif dan efisien.
Di era modern, contoh marketing campaign adalah iklan di media sosial atau iklan video di platform Youtube. Namun, memang tak semua jenis kampanye pemasaran cocok untuk usaha tertentu.
Nah, maka itu, yuk simak beberapa jenis marketing campaign strategy berikut, agar Anda bisa menentukan mana yang terbaik untuk bisnis.
Agar Anda lebih paham, maka di bawah ini adalah penjelasan jenis atau tipe kampanye yang biasanya dilakukan oleh para pebisnis.
Table of Contents
Satu lagi, strategi pemasaran unik di era modern adalah kontes. Dikenal juga sebagai contest marketing campaign yang selalu sukses melejitkan pamor dan popularitas suatu brand.
Pasalnya, hampir semua konsumen sangat antusias mendapatkan hadiah atau reward yang diberikan dalam mengikuti kontes di media sosial. Jenis marketing campaign strategy berupa kontes cukup beragam.
Contoh contest marketing campaign adalah menjawab pertanyaan, mengunggah foto produk, mengunggah video, hingga memberi komentar sebanyak-banyaknya, dan menyebutkan nama-nama teman alias tagging.
Selanjutnya, jenis marketing campaign strategy adalah bagaimana bisnis dapat memperkuat brand awareness. Hal ini penting agar masyarakat tetap mengingat popularitas brand dari waktu ke waktu.
Bahkan, di tengah serbuan jutaan produk kompetitor, konsumen yang terlanjur mengenal dan mengingat brand awareness dari produk Anda, tidak akan mudah berpaling.
Agar bisa menerapkan jenis marketing campaign ini, aktivitas yang bisa dilakukan adalah membuat artikel atau konten bulanan yang mengulas benefit atau keunggulan bisnis Anda.
Ini penting, agar konsumen selalu sadar dengan brand Anda dan tau apa nilai-nilai perusahaan yang bisa menginspirasi.
Anda pasti sering melihat jenis marketing campaign ini. Promo eventual biasanya memang dihadirkan ketika ada hari perayaan tertentu.
Di Indonesia, jenis marketing campaign strategy promo event banyak digelar ketika Idul Fitri, Idul Adha, Natal, Tahun Baru Cina, Tahun Baru Masehi, Hari Kemerdekaan, dan sebagainya.
Promo eventual juga dikenal dengan istilah seasonal push campaign marketing atau kampanye musiman.
Sehingga, cocok untuk bisnis yang ingin melejitkan omset menjelang hari-hari perayaan tertentu dengan strategi pemasaran produk yang efektif dan anggaran terjangkau.
[elementor-template id="26379"]
Jenis marketing campaign selanjutnya adalah media tradisional seperti pamflet, brosur, kartu nama bisnis, selebaran, hingga majalah, koran, dll. Meskipun tergolong ketinggalan zaman, media tradisional sebagai marketing campaign adalah efektif dan masih diminati.
Tetapi, dari segi anggaran memang relatif cukup tinggi biayanya. Bandingkan dengan strategi kampanye pemasaran lewat media sosial atau website yang biayanya lebih murah dan bahkan gratis jika ditangani sendiri.
Terlepas dari itu, untuk bisnis yang menganggap media iklan di koran, radio, atau majalah lebih ampuh menjangkau pelanggan, maka alokasikan anggaran yang sesuai.
Terakhir, jenis kampanye pemasaran yang tak kalah unggul dalam memasarkan bisnis adalah email marketing.
Anda bisa mengirimkan sejumlah konten, promo, artikel, diskon, atau informasi apapun kepada pelanggan melalui aplikasi email blasting atau pengelola email marketing.
Salah satu contoh aplikasi email marketing untuk campaign marketing adalah MailChimp. Selain itu, email marketing juga bisa berupa surat penawaran atau surat kerja sama untuk menjalin kemitraan bisnis.
Sampaikan pesan di dalam email marketing dengan bahasa yang jelas, mudah dipahami, menarik, dan persuasif secara halus. Baik komunikasi verbal maupun komunikasi non verbal sangat berpengaruh dalam strategi pemasaran untuk menaikkan omset bisnis.
Dari beberapa poin pembahasan marketing campaign di atas, harapannya brand atau bisnis bisa lebih mudah diingat dan dikenal masyarakat luas, tanpa harus mengeluarkan budget yang besar.
Agar campaign ini berjalan lancar, pembukuan anggaran dan keuangan usaha harus terus dimonitoring dan dikelola dengan baik. Maka itu, Software Akuntansi Harmony, hadir untuk mendukung kelancaran akuntansi bisnis Anda.
Software Akuntansi Harmony menyediakan berbagai fitur modern dan canggih untuk segala keperluan pembukuan Anda.
Di antaranya seperti cash flow, smart invoice, expenses, bank reconciliation, multiple company, unlimited user, dan masih banyak lagi. Coba GRATIS selama 30 hari Aplikasi Harmony, daftar melalui tautan ini.
Pelajari lebih lanjut fitur selengkapnya, ikuti dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.