Harmony Blog

5 Jenis Laporan Audit Yang Penting Untuk Diketahui

Diposting Jul 12th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Jenis Laporan AuditPin

Ada beberapa jenis laporan audit dalam akuntansi. Biasanya, laporan keuangan perusahaan yang akan diaudit, dapat menentukan sejauh mana perkembangan usaha. Maka itu, dalam membuat buku besar atau akuntansi, dibutuhkan ketelitian dan keahlian khusus.

Adverse opinion adalah jenis laporan audit yang dibuat auditor untuk menunjukkan bahwa laporan keuangan perusahaan terdapat kekeliruan.Click to Tweet

Secara umum, laporan audit adalah suatu pendapat atau opini yang dibuat oleh auditor internal maupun auditor profesional dalam memeriksa hasil laporan keuangan.

Jika memakai auditor internal, perusahaan akan menunjuk pegawai keuangan yang bertanggung jawab dalam hal audit. Sedangkan, kalau memilih audit eksternal, maka perusahaan akan diaudit oleh audit pemerintah atau pihak audit swasta.

Apa Saja Jenis Laporan Audit?

Berikut adalah beberapa jenis laporan audit atau jenis opini audit, yang perlu diketahui:

  1. Disclaimer of Opinion

    Jenis opini audit yang pertama adalah disclaimer of opinion. Dalam contoh laporan audit ini, auditor tidak menyampaikan pendapat apapun tentang laporan keuangan kliennya.

    Fungsi jenis laporan auditPin

    Contoh laporan audit dalam hal ini, misalnya karena mungkin karena auditor tidak diizinkan atau tidak bisa menyelesaikan semua prosedur audit yang direncanakan.

  2. Qualified Opinion

    Selanjutnya, jenis laporan audit atau jenis opini audit kedua adalah qualified opinion. Dalam hal ini ditulis oleh akuntan publik bersertifikat dalam bentuk laporan audit. Bentuk laporan keuangan perusahaan yang disajikan secara umum, kecuali untuk masalah tertentu.

    Masalah ini biasanya berkaitan dengan pembatasan ruang lingkup audit. Sehingga, auditor tidak bisa memperoleh bukti yang cukup untuk memverifikasi laporan keuangan tersebut.

    Baca Juga: Jenis Dan Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur

  3. Adverse Opinion

    Sementara, adverse opinion adalah salah satu jenis laporan audit atau jenis opini audit yang sering dipakai ketika terjadi kekeliruan laporan keuangan. Pengertian adverse opinion adalah jenis laporan audit yang dibuat auditor untuk menunjukkan bahwa laporan keuangan perusahaan terdapat kekeliruan. Hal ini, mencerminkan contoh laporan audit melalui kinerja dan kondisi keuangan yang kurang akurat.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Modified Unqualified Opinion

    Jenis opini audit berikutnya adalah modified unqualified opinion. Yaitu, suatu jenis laporan audit yang dikeluarkan untuk memeriksa laporan keuangan ketika auditor menjumpai adanya ketidaksesuaian. Dengan arti lain, laporan keuangan yang disusun tersebut tidak dibuat secara wajar sesuai kerangka akuntansi.

  5. Unqualified Opinion

    Terakhir, jenis laporan audit yang kelima adalah unqualified opinion. Ini adalah opini audit yang dibuat auditor independen untuk menilai laporan keuangan perusahaan disajikan secara akurat dan tepat, tanpa pengecualian dan sesuai prinsip akuntansi yang berlaku.

    Bisa dibilang, unqualified opinion adalah jenis laporan audit yang paling umum ditemui dalam perusahaan. Jenis opini audit ini menunjukkan hasil pemeriksaan yang dilakukan selama masa audit.

    Unqualified opinion adalah jenis laporan audit yang diterbitkan oleh auditor ketika ia yakin kebijakan akuntansi dan penerapan serta dampaknya sudah diungkapkan secara akurat dalam laporan keuangan tersebut.

Kita semua tahu bagaimana pentingnya penyajian laporan keuangan yang rapi dan akurat selama proses audit. Pastikan bisnis Anda didukung sistem pembukuan yang canggih dan modern, seperti yang dihadirkan Software Akuntansi Harmony.

Lupakan mencatat buku besar atau spreadsheet manual yang menyita waktu staff finance. Sebab, kini ada laporan keuangan instan siap pakai dari aplikasi Harmony yang siap disajikan dalam beberapa detik.

Apa itu Harmony? Harmony yang dapat dengan mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time.

Buktikan sendiri manfaatnya dengan memakai Software Akuntansi Online dari Harmony, Anda bisa mengelola alur pembukuan, anggaran, serta laporan keuangan dengan mudah dan cepat. Termasuk pengelolaan inventory, pengiriman invoice, perhitungan dan laporan keuangan, otomatis rekonsiliasi bank, dan fitur-fitur menarik lainnya.

Siap-siap bekerja lebih produktif dan efisien, dengan Software Akuntansi Harmony mendukung bisnis Anda. Coba GRATIS selama 30 hari, klik tautan ini.

Jangan mau ketinggalan update aktivitas Harmony dan info menarik seputar bisnis lainnya, follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony hari ini, ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony