Harmony Blog

5 Jenis Kredit yang Bisa Anda Pilih Untuk Pembiayaan Bisnis

Diposting Mei 11th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Jenis KreditPin

Ketika anggaran keuangan terbatas namun ada banyak kebutuhan operasional perusahaan yang harus dipenuhi. Maka, selaku pemilik usaha, Anda bisa mengajukan berbagai jenis kredit atau hutang ke lembaga keuangan. Agar hutang perusahaan bisa dibayar dengan lancar, pastikan untuk meminimalisir risiko likuiditas.

Kredit jangka pendek adalah jenis kredit yang rentang waktu pelunasannya kisaran kurang dari 12 bulan.Click to Tweet

Apabila sekiranya tidak mampu melunasi hutang perusahaan yang terlalu banyak, maka pilih jenis kredit yang sesuai kemampuan likuiditas perusahaan. Ada macam macam kredit yang bisa dipertimbangkan sebagai solusi pembiayaan bisnis. Apa saja? Simak daftar macam macam kredit di bawah ini.

  1. Kredit Jangka Pendek

    Kredit atau hutang jangka pendek adalah jenis kredit yang rentang waktu pelunasannya kisaran kurang dari 12 bulan. Umumnya, banyak pelaku usaha yang memilih kredit jangka pendek karena merasa yakin bisa mengembalikan pinjaman dana yang diberikan kreditur dalam kurun waktu tidak lebih dari 1 tahun.

    Sebagai contoh, kredit jangka pendek adalah pembiayaan bisnis kuliner, utang pajak, kredit pembelian, kredit wesel, kredit rekening koran, dan sebagainya.

  2. Kredit Jangka Panjang

    Selanjutnya, ada jenis kredit jangka panjang. Sesuai namanya, kredit jangka panjang menetapkan jatuh tempo pembayaran kredit yang cukup panjang. Bisa antara 5-10 tahun. 

    Kredit jangka panjang adalah salah satu dari macam macam kredit yang paling diminati. Sebab, cocok untuk pebisnis yang ingin menerapkan jenis kredit investasi pada pembiayaan bisnis peralatan atau mesin pabrik.

    Macam-macam kreditPin

  3. Kredit Investasi

    Pernah mendengar tentang jenis kredit investasi? Memiliki sifat produktif, kredit investasi juga kerap digunakan pemilik usaha sebagai salah satu wujud investasi yang prospektif. Pemilik modal bisa menanamkan dana yang dimiliki ke salah satu jenis kredit investasi yang diinginkan agar membuahkan profit maksimal.

    Akan tetapi, perlu diketahui bahwa kredit investasi ini biasanya membutuhkan waktu yang relatif lama untuk bisa menghasilkan laba.

  4. Kredit Modal Kerja

    Jenis kredit yang satu ini sering dipakai pemilik usaha untuk mengembangkan bisnisnya atau modal kerja. Kredit modal kerja dipilih karena lebih fleksibel dan memihak pada pembiayaan bisnis agar menciptakan keuntungan usaha. Nantinya, si pemilik usaha bisa membayar angsuran kredit modal kerja setiap bulan sehingga terasa lebih ringan.

    Kredit modal kerja didukung pemerintah agar bisa mendorong perekonomian dan pengembangan UMKM di Indonesia. Maka itu, banyak lembaga keuangan yang menawarkan program kredit modal kerja dengan bunga rendah.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  5. Kredit Jangka Menengah

    Terakhir tapi tak kalah penting adalah jenis kredit jangka menengah. Waktu pengembalian pinjaman kredit jangka menengah bisa dibilang tidak terlalu cepat. Namun, juga tidak terlalu panjang. Rata-rata jatuh tempo pelunasan kredit jangka menengah tidak lebih dari 3 tahun atau 36 bulan.

    Pemilik UMKM yang memiliki roda finansial dan penjualan bagus, bisa memilih jenis kredit jangka menengah untuk pembiayaan bisnisnya agar lebih sukses dan maju.

 Selain macam macam kredit di atas, terdapat juga jenis kredit konsumtif. Menurut pengertiannya, kredit konsumtif adalah pinjaman dana yang diberikan bank pada nasabah yang membutuhkan sebagai pembiayaan bisnis atau keperluan pribadi.

Ciri khas jenis kredit konsumtif adalah mengonsumsi produk dan jasa yang tersedia di pasaran, tanpa menghasilkan produk atau jasa tertentu. Contoh jenis kredit konsumtif adalah pembiayaan properti seperti gedung, tempat bisnis, atau rumah.

Nasabah juga bisa mengajukan kredit konsumtif untuk pembiayaan kendaraan atau furniture rumah tangga. Yang jelas nantinya, pinjaman dana dari jenis kredit konsumtif akan digunakan nasabah untuk mengkonsumsi produk atau jasa di pasaran demi memenuhi keperluan pribadi atau badan usaha miliknya.

Tentunya, berbagai jenis kredit dan macam macam kredit yang disediakan pemerintah bekerja sama dengan lembaga keuangan sangat membantu dalam hal pembiayaan. Namun, jangan sampai berlebihan dalam mengajukan pinjaman atau kredit. Tetap kelola keuangan Anda secara bijak dan profesional sehingga pinjaman kredit bisa dilunasi tepat waktu.

Pengelolaan keuangan bisnis akan berjalan semakin lancar dan profesional dengan hadirnya Software Akuntansi Harmony. Sebuah platform akuntansi yang dipilih ribuan klien terdiri dari perusahaan ternama, instansi pemerintah, dan berbagai lembaga BUMN di seluruh Indonesia.

Software Akuntansi Harmony menghadirkan fitur fungsional untuk mempercepat proses pembukuan keuangan, laporan finansial, serta proses akuntansi di perusahaan. Kenali fitur dan modul selengkapnya dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony di media sosial. Anda juga bisa pakai GRATIS aplikasi Harmony selama 30 hari melalui tautan ini untuk membuktikan keunggulannya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony