Harmony Blog

5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis Yang Mudah

Diposting Sep 15th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Modal BisnisPin

Dalam hal modal bisnis atau modal usaha, pemilik bisnis dituntut bisa berpikir kreatif dan out-of-the-box. Usaha modal kecil atau besar, semuanya dapat mengembangkan produk dan membiayai operasional bisnis

Modal bisnis biasanya didapatkan dari beberapa penyalur pinjaman yang bertujuan untuk mendukung kegiatan usaha.Click to Tweet

Lagipula, sulit menjalankan bisnis apapun tanpa modal usaha, kan? Karena itu, pengusaha seringkali memilih pinjaman dari bank, pihak leasing, kreditur, atau lembaga keuangan lainnya.

Inilah 5 Cara Mendapatkan Modal Bisnis

Tapi, tentunya masih ada banyak cara lain mendapatkan modal bisnis. Berikut adalah beberapa opsi modal usaha yang bisa dicoba:

  1. Self-Funding

    Bootstrapping atau dikenal sebagai self-funding, berarti memanfaatkan tabungan pribadi untuk modal bisnis. Modal bisnis yang dibiayai sendiri lebih bermanfaat ketimbang meminjam uang ke bank. Karena, tidak dibebani suku bunga bank.

    Kebanyakan pengusaha senang bootstrapping sampai bisnis mulai menghasilkan profit besar. Namun, tergantung pada jenis usahanya, modal bisnis sendiri paling cocok untuk usaha kecil atau usaha dengan investasi awal minim.

  2. Angel Investor

    Selanjutnya, cara mendapatkan modal adalah melalui investor swasta atau informal. Biasanya, dikenal sebagai angel investor. Angel investor adalah individu atau badan usaha yang menyediakan dana untuk startup dengan imbalan ekuitas kepemilikan usaha.

    Keuntungan angel investor yang memberikan modal adalah sering membimbing, mendampingi, dan memberi saran yang membantu startup di awal-awal merintis usaha. Sayangnya memang, usaha modal kecil yang biasanya diberikan angel investor. Berbeda dengan modal ventura yang berani memberikan dana besar, khusus untuk startup yang sudah terbukti sukses.

  3. Kampanye Crowdfunding

    Selanjutnya, cara mendapatkan modal bisnis atau modal usaha adalah crowdfunding. Metode ini mengumpulkan uang dari para donatur melalui suatu platform yang kredibel.

    Misalnya, mendapatkan modal bisnis atau modal usaha dari Kickstarter, Inidiegogo, Crowdrise, dan GoFundMe. Nantinya, donatur yang bergabung dalam kampanye tersebut bisa mendapatkan reward. Seperti bisa membeli produk saat launching, menerima produk secara gratis, atau mendapatkan prioritas dalam lowongan kerja.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Program Inkubator Bisnis Dan Akselerator

    Program akselerator dan inkubator bisnis menjadi metode lain meraih modal bisnis atau modal usaha. Program ini biasanya diberikan untuk mempercepat pertumbuhan startup bisnis.

    Akselerator bisnis memiliki jangka waktu 3-4 bulan sebisa mungkin memaksimalkan payback period, dan tidak hanya fokus pada pengembangan bisnis di tahap awal.

    Tetapi juga ketika bisnis sudah berjalan. Manfaat dari program inkubator bisnis dan akselerator adalah memberikan peluang bagi startup untuk terhubung dengan calon investor dan sumber modal bisnis atau modal usaha. Serta akses ke bimbingan, laboratorium, networking/ relasi, dan tempat/ kantor yang terjangkau.

  5. Produk Pra-Penjualan

    Mungkin metode meraih modal bisnis atau modal usaha yang satu ini belum begitu populer di tanah air. Namun, pre-order sudah sempat dijalankan beberapa startup secara efektif.

    Produk pra-penjualan ini berarti Anda menawarkan calon konsumen pre-order sebelum tanggal peluncuran resmi. Ini adalah cara yang bagus untuk mengatur semacam antusiasme produk. Sekaligus, Anda bisa mengetahui sebesar apa permintaan produk di pasaran.

    Hanya saja, metode pra-penjualan ini memiliki risiko keuangan. Karena, Anda harus menginvestasikan sejumlah uang untuk menyelesaikan produk sebelum dirilis.

Nah, kira-kira Anda mau memilih sumber modal bisnis atau modal usaha yang mana? Atau, Anda punya cara tersendiri meraih pendanaan usaha? Apapun pilihannya, kunci sukses yang perlu diperhatikan adalah pembuatan laporan keuangan yang rapi, terstruktur, dan sistematis.

Ya, kenapa begitu? Karena investor, bank/ kreditur, atau siapapun yang ingin menjalin kemitraan usaha, akan menilai kondisi kesehatan perusahaan Anda melalui laporan keuangan. Maka itu, sekarang saatnya Anda menggunakan Software Akuntansi Online dari Harmony untuk mendukung otomasi laporan keuangan bisnis.

Pembukuan usaha, perpajakan, hingga laporan keuangan, bisa dilakukan secara real time, sistematis, dan minim kesalahan. Software Akuntansi Harmony berbasis Cloud, Anda selaku pemilik usaha, dapat memantau manajemen keuangan selama 24 jam, lewat smartphone atau desktop.

Buktikan sendiri kecanggihan fitur-fiturnya, dengan uji coba GRATIS selama 30 hari, klik di sini. Atau, dapatkan info terupdate lainnya melalui akun medsos: InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!