Harmony Blog

5 Cara Memulai Bisnis Yang Efektif Untuk Anda

Diupdate Mar 17th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

cara memulai bisnisPin

Banyak orang yang bermimpi bisa memiliki bisnis sukses di usia muda. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara memulai bisnis dan mewujudkan impian memiliki omzet bisnis berlimpah. Menurut para pakar di bidang bisnis, banyak cara memulai bisnis yang harus dipelajari.

Tak cuma menyiapkan biaya awal, bagi Anda yang ingin belajar cara memulai bisnis makanan juga harus tahu teknik, bahan baku, takaran resep, dan masih banyak lagi. Setiap langkah cara memulai bisnis akan sangat berharga untuk keberhasilan usaha dagang.

Salah satu cara memulai bisnis yang tepat adalah membuat pembukuan dengan rapi dan sistematis.Click to Tweet

Bukan hanya tahu cara memulai bisnis makanan atau bisnis lainnya, tetapi Anda juga perlu bekerja keras dan komitmen untuk pantang menyerah dalam membangun bisnis. Nah, bagaimana cara memulai bisnis yang sukses dari nol? Langsung saja, kita pelajari langkahnya di bawah ini.

  1. Melakukan Riset

    Cara memulai bisnis yang pertama adalah melakukan riset atau survey pasar. Hal ini penting untuk melihat seberapa besar potensi laku atau tidak suatu barang maupun jasa yang ditawarkan. Riset ini juga penting agar nantinya Anda bisa menentukan harga jual produk yang sesuai dengan kondisi calon konsumen.

    Dengan riset harga yang tepat, produk atau jasa yang Anda tawarkan masih bisa bersaing di pasaran. Selain itu, riset juga mengenai demografi pelanggan. Misalnya, jenis kelamin konsumen yang ditargetkan, lokasi jualan yang tepat, atau status ekonomi calon pelanggan potensial usaha dagang Anda.

    Cara memulai bisnis dengan risetPin

  2. Menentukan Bisnis Yang Cocok

    Setelah melakukan riset, Anda akan lebih mudah menemukan gambaran bisnis apa yang paling cocok. Contoh usaha jasa yang bisa dipertimbangkan, seperti: café, warung kopi, salon kecantikan, barbershop, klinik kesehatan, dll. Sedangkan, contoh usaha barang/ produk seperti: jualan pakaian, furniture, peralatan rumah tangga, buku pelajaran sekolah, mainan, dan masih banyak lagi.

    Terkadang, tidak semua pebisnis melakukan usaha yang sesuai jurusan pendidikannya. Ada sarjana IT yang menemukan passion di bidang kosmetik, atau lulusan seni desain interior yang membuka bisnis kuliner. Semua sah-sah saja, yang terpenting Anda siap menghadapi tantangan dalam berbisnis.

  3. Siapkan Biaya Awal

    Selanjutnya, yang tak kalah penting untuk belajar memulai usaha dagang adalah menyiapkan biaya awal produksi atau modal. Mungkin cara memulai bisnis ini sudah umum diketahui. Namun, berapa besarnya dan bagaimana cara menyiapkan modal awal. Tentunya juga butuh trik dan ilmu dari para ahli.

    Anda bisa berkonsultasi dengan mentor atau konsultan bisnis jika ingin benar-benar sukses melakukan usaha dagang tanpa banyak kendala finansial. Anda bisa menyiapkan modal dari keuangan pribadi, maupun mendapatkan bantuan investor dan pinjaman bank.

    Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Minimarket Dengan Modal Terjangkau

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Menjalankan Visi Dan Misi Usaha Dagang

    Bagi pelaku usaha dagang, bisa menjalankan visi dan misi bisnis adalah salah satu prioritas. Cara memulai bisnis yang satu ini mungkin sudah menjadi hal wajib diketahui para pebisnis. Sebab, dengan menjalankan visi dan misi bisnis, seluruh komponen dan tim bisnis bisa lebih mudah bekerja sama dan solid menghadapi berbagai kendala.

    Tak hanya itu, visi dan misi bisnis juga penting dijalankan agar masyarakat atau pelanggan mengetahui karakteristik atau ciri khas dari brand Anda.

  5. Membuat Pembukuan Yang Rapi Dan Sistematis

    Tahukah Anda, salah satu cara memulai bisnis yang tepat adalah membuat pembukuan dengan rapi dan sistematis. Mengapa begitu? Sebab  biasanya, para investor dan mitra bisnis tentunya akan melihat perkembangan bisnis Anda salah satunya melalui pembukuan keuangan sebagai indikator keberhasilan.

Jangan buang waktu dengan membuat laporan keuangan atau mencatat pembukuan  secara manual. Tidak hanya merepotkan staf divisi keuangan, tetapi juga menyita waktu.

Laporan keuangan dan pencatatan transaksi kini, bisa dilakukan secara cepat, mudah, dan otomatis. Anda bisa memanfaatkan software akuntansi Harmony. Stok barang, pembukuan, penggajian karyawan, hingga perhitungan pajak penghasilan, dan menyajikan laporan keuangan secara realtime.

Software Akuntansi Harmony memberikan banyak kemudahan untuk mencatat transaksi tanpa repot atau background akuntansi, cukup dengan fitur dan modul yang fungsional saja. Melalui software akuntansi Harmony, siklus keuangan terus terkontrol dan kehidupan perusahaan akan terus tumbuh lebih baik. Coba dan buktikan kemudahannya klik di sini sekarang GRATIS (30 days). Cek juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk update informasi menarik lainnya.

Tak hanya itu, Harmony juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK