Harmony Blog

5 Cara Analisis Kinerja Keuangan Bisnis Dengan Mudah

Diposting Sep 1st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Analisis Kinerja KeuanganPin

Sebagai pelaku usaha, Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana analisis kinerja keuangan perusahaan yang efektif? Bagaimana Anda bisa mengelola anggaran keuangan dengan baik? Atau, ketika ingin berinvestasi, apa jenis investasi yang menguntungkan?

Di tengah pasar yang kompetitif saat ini, sangat penting mengetahui analisis kinerja keuangan perusahaan agar pebisnis bisa memahami posisi keuangannya. Para pakar banyak merekomendasikan metode analisis rasio keuangan usaha dan analisa keuangan untuk menjawab pertanyaan di atas.

Setiap nilai angka, hasil riset dan studi pasar, data keuangan, serta perkembangan ekonomi akan menjadi pertimbangan dalam menjalankan bisnis.Click to Tweet

Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang analisis rasio keuangan serta apa artinya bagi perusahaan. Tetapi, sebelumnya, yuk kita pahami dulu apa itu analisis rasio keuangan.

Apa Itu Analisis Kinerja Keuangan?

Perusahaan skala besar maupun kecil, perlu merancang analisis kinerja keuangan agar tahu sejauh mana kesehatan keuangannya. Analisis kinerja keuangan atau analisis rasio keuangan adalah metode analisa usaha yang diambil dari laporan keuangan seperti neraca, laporan laba, laporan arus kas, dan laporan perubahan modal.

Cara analisis kinerja keuanganPin

Setelah membaca berbagai laporan keuangan di atas, barulah perusahaan bisa melakukan analisis kinerja keuangan atau analisis rasio keuangan. Bukan hanya mengetahui analisa usaha, tetapi dari analisis rasio keuangan dapat dikembangkan berbagai strategi pengembangan usaha ke depannya.

Apa Itu Analisis Rasio Keuangan?

Analisis rasio keuangan adalah mengevaluasi, menelaah, serta menafsirkan laporan keuangan yang disediakan perusahaan. Setiap nilai angka, hasil riset dan studi pasar, data keuangan, serta perkembangan ekonomi akan menjadi pertimbangan dalam menjalankan bisnis.

Berkaitan kinerja usaha, analisis rasio keuangan dapat membantu menemukan penyimpangan dalam nilai moneter perusahaan dari waktu ke waktu. Sebab, analisis kinerja keuangan akan dibandingkan antara periode selanjutnya dengan periode sekarang.

Cara Analisis Kinerja Keuangan Bisnis

Memantau kondisi keuangan bisnis dapat dilakukan dengan beberapa cara analisis rasio keuangan. Secara umum, analisis rasio keuangan untuk mengukur kinerja keuangan diperoleh dari tiga laporan keuangan, yaitu:

  • Neraca keuangan.
  • Laporan laba rugi.
  • Laporan Arus Kas.

Berikut adalah cara analisis rasio keuangan yang umum dijumpai di berbagai industri:

  1. Rasio Likuiditas

    Rasio ini menentukan apakah perusahaan mampu memenuhi kewajiban keuangan seperti hutang jangka pendek. Rasio ini memperhitungkan aset likuid untuk hutang jangka pendek.

  2. Rasio Aktivitas

    Rasio aktivitas melihat angka-angka seperti perputaran aset tetap atau angka penjualan-ke-pendapatan per karyawan untuk menentukan efisiensi. Perusahaan yang efisien umumnya meningkatkan profitabilitas.

  3. Rasio Hutang

    Rasio hutang mempertimbangkan berapa banyak hutang yang dimiliki perusahaan dan aset yang dimilikinya untuk melunasi hutang.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Rasio Profitabilitas

    Rasio profitabilitas mempertimbangkan jumlah keuntungan yang diperoleh dari harga pokok penjualan atau biaya operasional. Ada rasio margin laba kotor dan bersih.

  5. Rasio Pasar

    Rasio pasar membantu investor menentukan kelayakan investasi yang ada atau baru ke dalam perusahaan. Misalnya, rasio harga terhadap pendapatan memberikan jumlah yang dibayarkan perusahaan per rupiah pendapatan kepada pemegang saham.

Perusahaan besar maupun kecil dapat memakai analisis kinerja keuangan untuk mengevaluasi tren internal di perusahaan dan menentukan pertumbuhan dari waktu ke waktu. Yuk, rencanakan keuangan periode selanjutnya secara tepat dan efisien, memakai Software Akuntansi Harmony.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.

Software Akuntansi Harmony menjadi solusi pembukuan usaha dan manajemen anggaran keuangan ribuan klien yang tersebar di seluruh Indonesia. Fitur dan modul Software Akuntansi Harmony sudah terbukti manfaatnya untuk menyelesaikan tugas accounting berulang. Mulai dari penagihan, pelaporan dan inventory, penjualan, bill, otomasi rekonsiliasi bank, dll.

Bahkan, untuk membuat laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan lebih dari 20+ laporan keuangan lainnya, bisa dilakukan semudah sekali klik.

Buat apa menunda, jika Anda bisa meningkatkan sistem pembukuan bisnis, hari ini! Silakan coba aja dulu, aplikasi Harmony GRATIS 30 hari, melalui tautan ini. Nikmati info menarik seputar keuangan dan bisnis lainnya, dengan like dan follow akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!