Harmony » Blog » 

5 Cara Analisis Bisnis, Jenis dan Pentingnya Bagi Perkembangan Usaha

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Agustus 28, 2021

Bisnis yang sukses, membutuhkan analisis bisnis agar berjalan sesuai rencana. Akan tetapi, analisis bisnis membutuhkan data-data akurat yang didapatkan dari studi kelayakan usaha maupun metode evaluasi penelitian bisnis. Para pemimpin bisnis biasanya memakai teknik analisa usaha untuk membantu menimbang keputusan mereka.

Selain itu, berbagai jenis analisis bisnis juga bermanfaat untuk memetakan faktor-faktor potensial apa yang bisa membantu pengambilan keputusan pengusaha. Banyak dari jenis analisis bisnis ini diterapkan pada berbagai skenario kasus yang terjadi pada strategi perencanaan dan pemasaran.

Idealnya, jenis analisis bisnis SWOT dilakukan dengan mendengar masukan dari pemangku kepentingan untuk menghindari titik buntu dalam proses pengambilan keputusan.Click to Tweet

Dengan memahami berbagai manfaat analisis bisnis serta jenis analisis bisnis, Anda akan melihat gambaran besar untuk mengembangkan usaha dengan lebih mudah. Baca terus daftar teknik analisis bisnis umum untuk perusahaan berikut:

5 Jenis Analisis Bisnis Yang Umum

Berikut adalah beberapa jenis analisis bisnis yang paling umum dijumpai di perusahaan. Sebelum membuat keputusan penting, pastikan untuk menerapkan teknik analisa usaha berikut:

5 Cara Analisis Bisnis

  1. Analisis Bisnis Swot

    Perilaku konsumen di era teknologi ikut berubah. Maka itu, pahami dulu jenis menganalisis bisnis SWOT. Singkatan dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), dan Threat (ancaman).

    Bentuk jenis analisis bisnis ini memberikan gambaran yang efektif dari sebuah perusahaan. Sehingga, memungkinkan pemilik bisnis untuk memanfaatkan peluang, memahami kekuatan dan kelemahannya.

    Sebagai contoh, apa kelebihan bisnis dibandingkan pesaing? Atau, apa kekurangan tim bisnis? Selain itu, pertimbangkan adakah peluang yang bisa dimanfaatkan perusahaan? Kalaupun ada ancaman, apakah ancaman tersebut akan berdampak pada perusahaan dan mengubah perilaku konsumen?

    Idealnya, jenis analisis bisnis SWOT dilakukan dengan mendengar masukan dari pemangku kepentingan untuk menghindari titik buntu dalam proses pengambilan keputusan.

  2. Pemodelan Proses Bisnis (Business Process Modeling/ BPM)

    Business process modeling adalah analisa usaha yang juga disebut pemetaan proses bisnis. Manfaat analisa bisnis ini adalah menemukan cara untuk melakukan efisiensi dan menciptakan peningkatan kinerja. Biasanya, analisa usaha BPM akan menjadi cara ideal memberikan gambaran tentang bagaimana suatu proyek akan diselesaikan dan mengidentifikasi efisiensi dalam operasionalnya.

    Manfaat analisis bisnis BPM lainnya adalah menjelaskan kepada karyawan tentang deskripsi tanggung jawab masing-masing. Serta, menyediakan pemetaan strategi yang akan dilakukan selanjutnya.

  3. Analisis Bisnis MOST

    Analisa usaha yang satu ini adalah metode untuk menetapkan tujuan di setiap level perusahaan. MOST adalah jenis analisa bisnis yang fokus pada tujuan terpenting perusahaan. MOST terdiri dari:

    • Misi: Tujuan perusahaan. Semua keputusan harus dipertimbangkan berdasarkan tujuan perusahaan.
    • Tujuan: Apa yang perlu dilakukan perusahaan untuk mencapai misi mereka. Tujuan ini harus “SMART” (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Timely).
    • Strategi: Termasuk langkah-langkah spesifik untuk mencapai tujuan perusahaan dan bagaimana caranya.
    • Taktik: Ini adalah metode kecil dan efisien yang digunakan untuk menjalankan strategi yang dapat dicapai.
  4. Analisis Bisnis PESTEL

    Jenis analisa bisnis selanjutnya adalah PESTEL (Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Lingkungan, Legalitas). Yaitu analisa usaha yang memantau faktor lingkungan dan berpengaruh terhadap perusahaan. Umumnya, PESTEL adalah analisa usaha yang membantu dalam penentuan waktu dan strategi peluncuran produk atau layanan baru.

    Teknik analisa bisnis PESTEL bisa dipakai untuk evaluasi penelitian (research gap) dan membuat analisis SWOT. Terutama, dalam hal Threat (ancaman) dan Opportunity (peluang).

    Contoh teknik analisa usaha PESTEL misalnya, bagaimana situasi politik mempengaruhi industri? Atau faktor lingkungan dan perubahan iklim bisa memengaruhi cara operasional usaha? Sedangkan, dalam hal legalitas, apakah ada yang bisa dilakukan perusahaan dalam hal kepatuhan hukum?

    [elementor-template id="26379"]

  5. CATWOE

    Selanjutnya, jenis analisa bisnis CATWOE. Manfaat analisa bisnis ini didefinisikan oleh Peter Checkland sebagai bagian dari metode untuk mempertimbangkan masalah, tujuan, strategi, dan bagaimana suatu produk/ layanan memengaruhi bisnis. CATWOE adalah singkatan dari Customers – Actors – Transformation process – Worldview – Owners – Environmental constraints.

    • Customers: para pengguna proses atau sistem.
    • Actors: orang yang akan mengimplementasikan perubahan pada sistem.
    • Transformation process: perubahan untuk membawa inovasi atau proses baru.
    • World view: bagaimana cara pandang perusahaan dalam menghadapi suatu masalah atau perubahan sistem.
    • Owners: Siapa pengambil keputusan yang berhak untuk melakukan perubahan sistem.
    • Environmental constraints: kendala lingkungan atau hambatan lainnya yang memengaruhi rencana perusahaan.

Berbagai jenis analisis bisnis ini adalah titik awal mengembangkan keberhasilan usaha. Tetapi, jika Anda ingin mengambil keputusan bisnis yang lebih efektif, jangan lupa tentang manajemen laporan keuangan dan pembukuan usaha sebagai bahan pertimbangan analisa usaha.

Pastikan hanya Software Akuntansi Harmony yang mendukung sistem pembukuan bisnis Anda secara rapi, sistematis, dan akurat. Silakan coba aja dulu, Aplikasi Harmony selama 30 hari, GRATIS tanpa biaya sama sekali, klik di sini.

Dapatkan info menarik seputar finansial dan update aktivitas Harmony setiap hari, follow akun media sosial InstagramLinkedIn, dan  Facebook sekarang.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram