Harmony Blog

5 Aspek Pemasaran Yang Penting Untuk Diketahui Pebisnis

Diposting Mei 17th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

aspek pemasaranPin

Tahukah Anda apa saja aspek pemasaran? Yuk, pelajari lebih lanjut dalam artikel ini. Sederhana, aspek pemasaran adalah faktor yang paling penting untuk dijadikan sebagai kunci keberhasilan perusahaan dalam memetakan suatu pasar agar menjadi lebih berkembang.

Aspek pemasaran penting dalam meningkatkan kualitas produk perusahaan agar bisa tepat sasaran dan mengenali pangsa pasar.Click to Tweet

Apabila Anda memahami tentang pemasaran bisnis, pasti Anda akan dihadapi dengan aspek-aspek pemasaran. Sebab aspek pemasaran adalah hal-hal dasar yang memiliki koneksi antara satu dengan yang lainnya sehingga tidak bisa dipisahkan.

Dengan mengenali aspek pemasaran dalam kewirausahaan, pebisnis dapat melakukan studi kelayakan bisnis. Bertujuan untuk menganalisis konsep pemasaran bisnis tersebut layak atau tidak untuk direalisasikan dalam pemasaran langsung.

Selain itu, dengan mengenali aspek pemasaran tersebut pebisnis juga dapat menganalisa apa saja kebutuhan pasar sehingga strategi pemasaran bisa berjalan dengan sukses.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja yang menjadi aspek pemasaran. Berikut dalam artikel ini kami akan membahasnya secara detail untuk Anda.

Apa Sih Tujuan Adanya Aspek Pemasaran?

Aspek pemasaran tentu memiliki beberapa tujuan yang tentunya akan menguntungkan perusahaan Anda, yaitu diantaranya:

Tujuan aspek pemasaranPin

  1. Dapat Menguasai Pasar

    Dengan memperhatikan aspek pasar, Anda dapat menguasai pasar secara keseluruhan. Untuk mendukungnya, Anda dapat lakukan dengan menciptakan peluang baru atau mengambil market share kompetitor sendiri.

    Sebab apabila Anda melakukannya, maka perusahaan Anda dapat dengan mudah bisa menyesuaikan produk dengan permintaan pasar.

    Baca Juga: Keseimbangan Pasar: Apa Artinya, Fungsi Dan Prosesnya

  2. Membantu Meningkatkan Penjualan dan Laba Perusahaan

    Tujuan berikutnya adalah agar dapat meningkatkan penjualan dan laba pada perusahaan. Semua bisnis pastinya akan berusaha untuk meningkatkan omset dan juga keuntungannya.

    Sehingga dengan adanya penggunaan aspek pemasaran yang tepat, maka keuntungan dan juga laba yang perusahaan yang Anda dapatkan akan menjadi lebih meningkat.

  3. Untuk Melayani Pihak Tertentu

    Jika Anda mengetahui aspek pemasaran secara tepat, maka Anda bisa gunakan untuk melayani kepentingan pihak tertentu. Misalnya terdapat permintaan dari lembaga pemerintah, asosiasi, institusi besar dan pihak lainnya.

  1. Bisa Mengurangi Adanya Persaingan Pasar

    Penggunaan aspek pemasaran, bisa juga mengurangi persaingan pasar yang tidak terkendali. Salah satunya dengan memahami pangsa pasar.

    Tentu bisnis Anda bisa membuat sebuah produk yang lebih memiliki ciri khas tersendiri, unik, atau juga dapat memiliki nilai tambah tersendiri.

    Dengan begitu, Anda dapat menetapkan harga yang lebih kompetitif dan bisa mengurangi persaingan dengan bisnis atau perusahaan lainnya.

  2. Dapat Menaikkan Jumlah Produk di Pasar

    Dengan memanfaatkan aspek pemasaran, perusahaan bisa membuat produk untuk meningkatkan sebuah prestise produk kepada pelanggannya, baik dengan cara promosi atau lainnya. Sehingga dapat meningkatkan brand awareness secara tidak langsung.

Inilah 5 Aspek Pemasaran yang Perlu Diketahui Pebisnis

Setelah mengetahui tujuannya, berikut terdapat beberapa aspek pemasaran yang perlu untuk Anda ketahui.

5 aspek pemasaranPin

  • Segmen Pasar

    Segmentasi pasar adalah suatu kegiatan pembagian segmen pada sebuah pasar berdasarkan pada karakteristik pembeli atau konsumen.

    Yang mana pada umumnya sebuah demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan juga kelas sosial menjadi sebuah dasar dalam melakukan segmentasi.

    Segmentasi pasar ini bertujuan dalam memberikan gambaran khusus terhadap perusahaan tentang produk yang harus dihasilkan yang sesuai dengan keadaan pasar.

    Selain itu, contoh aspek pemasaran pada kegiatan segmentasi pasar juga bisa mengoptimalkan sumber daya perusahaan, sehingga produk yang dihasilkan akan berdaya guna dan yang penting adalah tepat sasaran.

    Diharapkan dengan melakukan segmentasi pasar, perusahaan dapat meraih laba maksimum dan strategi pemasaran akan berjalan dengan lancar.

  • Analisa Pesaing Bisnis

    Selanjutnya adalah kegiatan analisis pesaing, yaitu salah satu hal yang cukup signifikan. Dalam kegiatan analisa ini menjadi penentu posisi produk bisnis Anda dalam suatu pasar.

    Pesaing adalah perusahaan yang memproduksi atau memasarkan sebuah barang yang serupa atau tak jauh berbeda dengan produk Anda.

    Maka dari itu kenali pesaing potensial dan pesaing umum Anda. Buatlah strategi pemasaran berdasarkan kekuatan serta kelemahan mereka.

    Sehingga bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat terhadap produk atau jasa yang disediakan dan bisa melakukan inovasi yang tepat terhadap produk atau jasa yang dihasilkan.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Analisa Pasar dan Estimasi Permintaan

    Analisa aspek pemasaran dalam hal ini mencakup analisa pasar. Analisa aspek pemasaran dalam kewirausahaan merupakan salah satu tahap yang harus dilakukan dalam merencanakan sebuah strategi yang sesuai dengan kondisi pasar. Yang mana bertujuan untuk menangkap peluang apa saja yang ada dan lebih mengembangkan usaha.

  • Promosi Penjualan

    Dalam dunia marketing, promosi adalah sebuah kegiatan yang sangat penting untuk Anda lakukan.

    Promosi dilakukan untuk menawarkan produk atau jasa yang disediakan kepada calon konsumen agar melakukan pembelian.

    Promosi ini dilakukan untuk memberikan informasi dan menarik sebuah minat dan perhatian konsumen.

    Anda juga harus menggunakan sebuah kata-kata atau aksi yang persuasif yang menarik. Dengan contoh aspek pemasaran tersebut, tentu bisa membangun kepercayaan konsumen Anda terhadap produk atau jasa yang Anda sediakan.

    Baca Juga : Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

  • Spesifikasi Produk dan Diferensiasi

    Aspek pemasaran dalam kewirausahaan terakhir adalah spesifikasi produk dan diferensiasi.

    Produk merupakan hal yang bisa berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen.

    Di mana barang atau jasa ini diharapkan dapat memenuhi apa yang konsumen butuhkan sekaligus memberikan mereka kepuasan.

    Nah, spesifikasi produk yang dimaksud misalnya saja pada bentuknya secara fisik, apa mereknya, bagaimana produk tersebut dikemas, apakah disertai garansi dan lain sebagainnya.

    Sebuah produk baru bisa Anda kembangkan jika Anda sudah mengetahui secara pasti apa keperluan dan kebutuhan pasarnya.

    Hal ini juga menjadikan bisnis Anda berbeda, karena mengikuti permintaan pasar. Karena pastinya Anda ingin mendapatkan permintaan yang potensial dan kontinyu dari pasar.

    Nah jika Anda sudah menemukan solusi atas dua hal ini baru setelahnya Anda memutuskan hal-hal mengenai harga, distribusi dan langkah mempromosikan produk tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai aspek pemasaran. Dari tujuan dan kelima aspek ini harus dimengerti dan juga dipahami oleh pebisnis dan setiap tim pemasar di dalam suatu perusahaan.

Tujuan akhirnya tentu agar bisa menambah pendapatan perusahaan. Seiring dengan hal tersebut, perusahaan juga harus tetap mencatat setiap penghasilan perusahaan secara rapi, tepat dan akurat.

Agar lebih memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan tersebut, maka Anda perlu menggunakan software akuntansi. Salah satu rekomendasi yang cocok untuk Anda adalah software akuntansi Harmony.

Software ini siap menangani sistem pembukuan dan pengelolaan keuangan yang lebih canggih dan bisa diandalkan kapan saja, di mana saja.

Tentunya, jika Anda bisa mengakses Software Akuntansi Harmony berbasis cloud secara realtime, akan lebih mudah memonitoring dan mengambil strategi bisnis yang terbaik.

Tertarik menggunakan aplikasi Harmony untuk memenangkan persaingan bisnis di era digital? Daftarkan diri Anda lewat tautan ini GRATIS pemakaian selama 30 hari dari aplikasi Harmony.

Dapatkan semua info mengenai fitur dan modul aplikasi Harmony dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony