Harmony » Blog » 

3 Unsur Sales Management yang Perlu Diperhatikan Pebisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 23, 2021

Untuk Anda yang sedang menjalankan suatu usaha atau bisnis, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sales management.

Manajemen pemasaran atau bisa juga disebut dengan sales management adalah suatu proses dalam menyusun sales team, mengkoordinasikan operasi penjualan dan tentunya mengimplementasi teknik sales agar suatu usaha atau bisnis dapat mencapai atau bahkan melebihi target penjualan.

Sales management penting karena bisa meningkatkan omzet bisnis.Click to Tweet

Sales management adalah bagian penting dari marketing. Manajemen penjualan sangatlah penting karena pemasaran langsung ini bisa meningkatkan omzet penjualan sehingga sangat memengaruhi untuk bertahannya sebuah perusahaan.

Karena kepentingannya tersebut, sudah banyak perusahaan yang menggunakan konsep penjualan seperti ini sebagai salah satu strategi pemasaran yang terbaik.

3 Unsur Sales Management

Manajemen penjualan memiliki 3 unsur yang perlu diperhatikan oleh pebisnis. Apa saja ketiga unsurnya? Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan di bawah ini ya.

unsur-sales-management

  1. Sales Operation

    Salah satu unsur sales manajemen adalah sales operation atau operasi penjualan. Sales operation ini meliputi penyusunan sales team yang efektif yang menjadi fokus utama untuk seorang sales manager.

    Sales manajer suatu perusahaan juga perlu memperhatikan bahwa orang-orang yang tergabung di dalam timnya mendapat tugas dan tanggungjawab yang sesuai dengan pengetahuan dan keahliannya agar tugas-tugasnya dapat berjalan dengan baik.

    Bayangkan jika timnya tidak ditempatkan dalam tugas yang tidak diketahui dan tidak sesuai dengan keahliannya, bisa dipastikan tugas-tugasnya pun tidak akan berjalan lancar dan yang pasti bisa merugikan perusahaan.

    Sales manajer juga memiliki tugas untuk melatih orang-orang di timnya agar tujuan bisnis bisa tercapai dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

  2. Sales Strategy

    Unsur yang kedua dari sales manajemen adalah sales strategy yang dimana unsur ini menjadi fokus dari manajemen penjualan dan termasuk ke management process.

    Sales manajer haruslah menyiapkan sales funnel disaat timnya sudah siap untuk menjalankan strategi dalam berbisnis.

    Sedangkan, sales funnel ini menjelaskan secara keseluruhan mengenai bagaimana proses penjualan. Yang dimulai dari lead generation sampai dengan konversi yang sukses dan secara berkelanjutan.

    Pada salah satu aspek sales management process ini tentu ada beberapa strategi yang berbeda untuk beberapa kegiatan penjualan, seperti personal selling, customer acquisition, customer retention, dan distribution.

    Sales funnel yang sudah dibuat adalah pedoman untuk sales team agar bisa memantau dan juga mengendalikan performa dalam penjualan.

    [elementor-template id="26379"]

  3. Sales Analysis

    Dan unsur terakhir dasi sales management adalah sales analysis. Sales analysis ini tidak boleh dilupakan dalam sales management process karena mengingat perannya yang sangat penting.

    Sales analysis ini segera dilakukan setelah mendapatkan hasil dari proses implementasi strategi penjualan yang memang harus dikumpulkan, dilaporkan dan tentunya dianalisis agar nantinya dapat memperbaiki dan meningkatkannya.

    Sales management process juga harus mengetahui apa saja indikator kuantitatif yang akan ditinjau nantinya agar kesuksesan rencana penjualan dapat dinilai.

Kenapa Sales Management Sangat Penting?

Sales management sangat penting karena merupakan aspek yang utama dalam perusahaan atau organisasi apapun yang ingin mendapat keuntungan. Jika manajemen penjualan buruk, maka bisa dipastikan bahwa sales team tidak bisa beroperasi secara maksimal dan tentunya perusahaan pun tidak mendapat keuntungan.

Keuntungan sangatlah penting dalam sebuah perusahaan agar bisa tetap bertahan, jika keuntungan tidak ada maka sudah bisa dipastikan perusahaan akan merugi dan bahkan tidak bisa bertahan lama.

Manajemen penjualan (sales management) akan berjalan lancar, jika Anda juga memiliki pembukuan yang rapi dan akurat. Untuk itu demi mendapatkan laporan keuangan Anda secara real time dan otomatis, kini saatnya perusahaan Anda dapat menggunakan Software Akuntansi Harmony. Merupakan sistem akuntansi berbasis cloud atau online yang dapat membantu membereskan pembukuan Anda. Praktis digunakan kapan saja dan di mana saja, fiturnya yang mudah digunakan walau Anda tidak memiki background accounting sekalipun.

Dengan Software Akuntansi Harmony, Anda dapat mengirimkan invoice dengan share link, membuat laporan keuangan, menghitung unsur-unsur pajak, mengelola arus kas dengan baik, serta nikmati berbagai fitur keuangan lainnya secara GRATIS klik di sini untuk Masa trial 30 hari. Dapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya, dengan mengikuti akun sosial media Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram