Harmony Blog

3 Fungsi Riset Pemasaran yang Penting Untuk Diketahui Pebisnis

Diposting Jun 30th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Fungsi Riset PemasaranPin

Penting untuk mengetahui fungsi riset pemasaran sebelum melakukannya lebih detail. Nyatanya dalam bisnis, strategi pemasaran adalah hal yang tidak boleh dilupakan dan bahkan menjadi satu bagian sentral yang wajib dipikirkan dengan matang.

Fungsi riset pemasaran tersebut meliputi evaluating, understanding, dan predicting.Click to Tweet

Strategi pemasaran ibarat peta yang akan membimbing Anda pada kesuksesan bisnis Anda. Jika Anda memiliki produk yang berkualitas, tanpa adanya strategi pemasaran yang baik, penjualan juga tidak akan berjalan dengan maksimal.

Salah satu strategi pasar yang cukup penting adalah adanya riset pasar. Riset pemasaran adalah kegiatan untuk menyusun rumusan masalah, mengumpulkan data, serta melaporkan data yang disusun secara sistematis yang dijadikan indikator dalam menentukan strategi pemasaran produk.

Sedangkan menurut American Marketing Association, riset pemasaran adalah fungsi yang bisa menghubungkan pemasar dengan konsumen melalui identifikasi peluang dan informasi serta permasalahan pemasaran.

Jenis Riset Pemasaran

Jenis riset pemasaran terdapat 2 macam yaitu jenis riset pemasaran primer dan jenis riset pemasaran sekunder. Dan berikut adalah pengertian dari jenis riset di atas.

  • Riset Pemasaran Primer

    Riset pemasaran primer yaitu jenis riset pemasaran dimana data yang diperoleh didapat dari responden langsung atau objek riset. Seperti contoh riset mengenai daya beli konsumen, riset mengenai jumlah orang yang menyukai mobil A.

  • Riset Pemasaran Sekunder

    Sebuah riset yang dilakukan ketika data sudah diolah atau yang sedang berlangsung, di mana riset ini bertujuan untuk mengevaluasi serta kontrol  pemasaran yang sedang berlangsung.

    Contohnya riset mengenai sumber informasi penjualan barang, riset mengenai jumlah orang yang membeli produk.

Objek Riset Pemasaran

Objek riset pemasaran adalah sasaran atau target dari riset yang akan dilakukan. Di mana, setiap riset terdapat objek riset yang berbeda-beda dimana objek riset tersebut meliputi:

  • Harga, obyek yang digunakan untuk mengukur berapa harga yang berpeluang untuk dibeli konsumen serta untuk mengukur daya beli konsumen
  • Produk, obyek produk dapat digunakan untuk mengidentifikasi tingkat kegunaan produk, bentuk produk, kegunaan produk dan nilai produk
  • Alat pemasaran, obyek riset pemasaran ini digunakan untuk mengidentifikasi alat yang digunakan untuk pemasaran apakah sudah efektif ataukah belum
  • Distribusi, obyek riset pemasaran ini digunakan untuk mengukur keefektifan alur konsep penjualan serta pendistribusian produk kepada konsumen
  • Konsumen, objek riset pemasaran yang digunakan untuk mengukur dan menganalisa kebutuhan konsumen dan perilaku konsumen

Fungsi Riset Pemasaran

Seperti yang dijelaskan di atas, riset pemasaran adalah sejumlah kegiatan yang disusun secara sistematis dan dijadikan indikator untuk menentukan strategi pemasaran produk.

Riset bisa dianalogikan sebagai telinga dan mata sebuah bisnis untuk mengetahui keinginan konsumen.

Riset pemasaran sendiri memiliki 3 fungsi di mana fungsi riset pemasaran tersebut meliputi evaluating, understanding, dan predicting yang akan dijabarkan seperti uraian di bawah ini.

Evaluating

Fungsi riset pemasaran yang pertama adalah evaluating, di mana fungsi riset pemasaran ini digunakan untuk mengevaluasi program pemasaran yang sebelumnya dilakukan.

Evaluating ini bagi perusahaan berfungsi untuk melakukan review terhadap perusahaan terkait brand positioning dibandingkan dengan produk dari perusahaan lain.

EvaluatingPin

Dalam proses fungsi riset pasar evaluasi nantinya akan didapat pemecahan masalah terhadap hasil review yang sudah dilakukan.

Selain itu, pemecahan masalah setelah evaluasi juga dapat dilakukan dengan  memahami poin-poin masalah yang membuat bisnis tidak berjalan sesuai yang diharapkan.

Understanding

Fungsi riset pemasaran yang kedua adalah understanding, di mana fungsi riset pemasaran ini bertujuan untuk lebih memahami konsumen yang menjadi salah satu insight bagi sebuah perusahaan.

Dengan melakukan riset mengenai konsumen, perusahaan dapat lebih mengenal konsumen dimana perusahaan mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dan keluhan konsumen terhadap produk yang sudah ada serta keseimbangan pasar saat ini.

Predicting

Fungsi riset pemasaran yang ketiga adalah predicting, di mana merupakan fungsi riset pemasaran yang beresiko tinggi dan dianggap paling susah  karena terdapat ketidakpastian yang tinggi.

Ketika perusahaan akan meluncurkan sebuah produk baru atau mencoba untuk mengubah segmentasi pasar, perusahaan akan dibayangi berbagai pertanyaan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Misalnya, apakah masyarakat dapat menerima produk baru yang dirilis? Atau mungkin apakah segmentasi yang baru lebih menjanjikan daripada sebelumnya?

Dengan adanya riset pemasaran, perusahaan akan terbantu menjawab dari pertanyaan diatas, meskipun fungsi riset pasar prediksi memiliki tingkat akurasi yang lebih kecil dibandingkan kategori fungsi riset sebelumnya.

Manfaat Riset Pemasaran

Informasi yang diperoleh dari sebuah fungsi riset pasar sangatlah penting untuk menentukan strategi pemasaran yang akan selanjutnya Anda jalankan.

Manfaat riset pemasaran sangatlah banyak yang nantinya dapat menentukan kesuksesan bisnis Anda ke depan.

Dan berikut adalah beberapa manfaat riset pemasaran yang bisa Anda peroleh:

  • Mengetahui informasi terkait calon customer
  • Mengetahui seberapa besar peluang pasar
  • Meminimalkan resiko
  • Mengukur reputasi
  • Mengidentifikasi potensi terjadinya masalah
  • Perencanaan menjadi lebih baik
  • Membangun posisi di pasar
  • Membangun tren
  • Menemukan kompromi
  • Melakukan hal persuasif

Itulah pembahasan mengenai fungsi riset pemasaran yang perlu dipahami. Selain melakukan riset pemasaran, jangan lupa untuk selalu mengelola keuangan dan pembukuan bisnis dengan baik.

Pastikan hanya Software Akuntansi Harmony yang jadi andalan bisnis Anda. Didukung fitur-fitur akunting yang lengkap, modern, dan mudah diintegrasikan untuk produktivitas kerja bisnis Anda. Termasuk mengurusi penagihan, pembelian, penghitungan aset, rekonsiliasi bank otomatis hingga membuat 20 jenis laporan keuangan secara instan.

Yuk, klik tautan ini untuk daftar FREE Trial aplikasi Harmony selama 30 hari. Atau follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info selengkapnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony