Harmony » Blog » 

10 Tips Mengelola Permintaan Konsumen Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 11, 2021

Memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen untuk mendapatkan keuntungan merupakan kunci dari keberhasilan sebuah bisnis.

Namun untuk meningkatkan permintaan konsumen terhadap suatu produk tentu memerlukan berbagai strategi.

Mengelola permintaan konsumen dengan baik dapat meningkatkan daya tarik calon konsumen dan menjadi lebih diminati.Click to Tweet

Anda perlu melakukan berbagai cara seperti melakukan penelitian, diantaranya riset pasar, mengetahui bagaimana perilaku konsumen, apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen, dan lainnya.

Sebab dalam sebuah bisnis ataupun usaha, hal yang paling penting untuk dijaga ialah konsumen. Sebab konsumen ini yang akan menjadi faktor penentu apakah bisnis akan bertahan atau tidak.

Maka oleh karena itu, pebisnis sangat penting untuk mempertimbangkan apa saja permintaan konsumen, agar bisnis tetap bisa diterima di kalangan masyarakat.

Mungkin ada sebagian dari Anda yang belum bagaimana cara untuk mengelola setiap permintaan konsumen. Nah, untuk membantu Anda dalam memahaminya.

Berikut dalam artikel ini akan kami bahas mengenai tips mengelola permintaan konsumen. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Mengelompokkan Permintaan Konsumen

    Beberapa perusahaan tentu sudah menganalisis dan mengelompokkan permintaan konsumen berdasarkan jenis produk yang diinginkan, daerah geografis dan seperti apa tipe pelanggan yang dihadapi.

    Mengelompokan Permintaan Konsumen

    Namun selain itu Anda juga harus selalu bersikap siap untuk mengubah cara atau strategi dalam memprediksi permintaan konsumen sesuai dengan perubahan-perubahan permintaan yang bersifat tidak terduga.

    Baca Juga: Positioning Dalam Bisnis : Pengertian, Tujuan, Dan Manfaatnya

  2. Pastikan Bahwa Proses Berjalan Dengan Baik

    Perencanaan atau permintaan yang telah dibuat sebelumnya adalah bagian dari proses dari perencanaan pelaksanaan maupun penjualan. Proses dari kedua hal tersebut tidak bisa berdiri secara terpisah.

    Dengan adanya rencana bisnis yang sifatnya mengintegrasikan semua aktivitas perusahaan merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan.

    Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa rencana yang Anda buat untuk memenuhi kebutuhan permintaan pelanggan dapat terlaksana dengan baik.

  3. Melakukan Riset Pasar

    Dengan Anda memanfaatkan hasil survey maupun testimoni yang sudah diberikan oleh konsumen kepada Anda merupakan suatu strategi yang tepat untuk Anda manfaatkan untuk menjaga permintaan tetap tinggi.

    Lakukan sebuah riset yang disukai oleh masyarakat, lalu cari tahu hal apa saja yang bisa memenuhi permintaan masyarakat tersebut. Selain itu dengan memahami hasil riset tersebut maka Anda akan muncul ide-ide baru yang bisa menciptakan produk baru pada bisnis Anda.

    Melakukan Riset Pasar

    Namun apabila saat melakukan riset pasar, namun hasilnya tidak sesuai dengan harapan yang Anda inginkan maka riset pasar tersebut patut untuk dipertanyakan.

    Namun untuk memahami permasalahan maka pengusaha harus menelusuri research gap dari riset pasar yang dilakukan.

    Dengan Anda melakukan hal tersebut, maka Anda akan bisa mengetahui di mana kesalahan yang terjadi agar menjadi sebuah bahan evaluasi dan juga menjadi masukan dalam membuat strategi baru.

  4. Hasilkan Produk yang Berkualitas

    Menghasilkan sebuah produk yang berkualitas merupakan suatu hal yang penting untuk Anda lakukan.

    Sebab dengan menghasilkan produk yang berkualitas hal ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk dan juga permintaan konsumen Anda.

    Dengan begitu konsumen Anda akan melakukan pembelian secara terus menerus atau pembeliannya bersifat berkelanjutan.

  5. Mengembangkan Produk Komplementer

    Pernahkan Anda menemukan beberapa tempat restoran yang menyediakan produk komplementer berupa menu dessert ataupun papan permainan yang mana disajikan terlebih dahulu?

    Namun bila dilihat sekilas memang tidak terlalu penting. Tetapi hal tersebut tentu dapat mengalihkan perhatian konsumen dari permintaan sebelumnya.

    Maka dengan begitu pengusaha akan memiliki waktu untuk mengevaluasi atau mengelola permintaan konsumen sebelumnya, dan berusaha untuk memenuhi permintaan tersebut dengan sebaik mungkin.

  6. Lakukan Sebuah Proses Secara Kolaboratif

    Data memang sangatlah berperan kuat dalam mengelola permintaan konsumen. Namun pengalaman, pembelajaran, dan juga pengetahuan lapangan juga sangat penting untuk diketahui dan tidak bisa didapatkan dan dikerjakan oleh suatu sistem.

    Penting untuk menggunakan sebuah feeling maupun intuisi pengusaha untuk bisa memenuhi semua dan mengelola permintaan tersebut.

  7. Membuat SOP yang Mudah Untuk Diamati

    Contoh strategi dalam mengelola permintaan konsumen adalah membuat sebuah SOP. Namun hal ini sering kali tidak dilakukan. Padahal contoh strategi ini adalah salah satu cara yang tepat dalam mengelola permintaan konsumen.

    Jangan_Terlalu_Bergantung_Kepada_Sebuah_Ramalan_atau_Prediksi

    Dengan Anda meletakkan SOP utama sebagai tolak ukur, dan selalu melakukan evaluasi setiap saatnya maka apabila terjadi sebuah kesalahan maka Anda akan dapat mengambil sebuah tindakan cepat untuk memperbaikinya.

    Apabila ternyata kesalahan tersebut terletak dalam rantai penyediaan kebutuhan pelanggan, maka tentu tidak membutuhkan waktu yang lama lagi untuk mengurusnya.

  8. Jadikan Kesalahan Untuk Mendapatkan Feedback Positif

    Apabila Anda mengalami kesalahan dalam hal prediksi, maka jangan jadikan kesalahan tersebut menjadikan Anda tidak bangkit lagi. Melainkan jadikan hal tersebut menjadi ajang untuk mendapatkan sebuah feedback positif.

    Dengan hal tersebut maka pengusaha akan diarahkan untuk bertindak melakukan pengelolaan permintaan dengan baik dan layanan yang lebih maksimal.

    Maka dengan begitu permintaan konsumen akan tetap terpenuhi, dengan tambahan tanggapan baik akan didapatkan.

    [elementor-template id="26379"]

  9. Jangan Bergantung Kepada Sebuah Ramalan atau Prediksi

    Memang sebuah prediksi dapat membantu Anda dalam menentukan sebuah rencana. Namun ada baiknya Anda tidak terlalu bergantung kepada hal tersebut. Sebab seperti yang sudah Anda tahu, bahwa permintaan konsumen sifatnya tidak menetap dan selalu berubah-ubah.

    Maka dari itu jangan terlalu bergantung pada sebuah prediksi tidak ada salahnya jika Anda mulai membuat sebuah terobosan baru dan menantang prediksi yang ada.

  10. Memberikan Penawaran Produk Untuk Konsumen Baru

    Cara atau tips terakhir untuk meningkatkan permintaan konsumen adalah dengan memberikan produk sebagai bonus untuk konsumen yang baru bergabung dengan bisnis Anda.

    Contoh penawaran tersebut tidak harus memberikan bonus yang besar, Anda bisa melakukannya dengan memotong harga ataupun memberikan produk kecil sebagai souvenir.

    Hal tersebut tentu akan memancing kepuasan konsumen Anda dan dapat meningkatkan permintaan konsumen Anda untuk mendapatkan barang atau jasa yang mereka inginkan.

Memang contoh permintaan konsumen adalah suatu permintaan yang mungkin terlihat sangat sederhana, namun apabila contoh permintaan konsumen tersebut tidak dipenuhi dengan baik maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha Anda.

Maka dari itu, pastikan bahwa semua permintaan konsumen tersebut dapat terpenuhi dengan baik, agar konsumen juga merasa puas dan terjadi peningkatan permintaan konsumen.

Namun hal lain yang perlu untuk memastikan bahwa bisnis Anda tetap menguntungkan adalah dengan mencatat semua transaksi pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis.

Untuk memudahkan hal ini, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang telah terbukti dan digunakan banyak pebisnis seperti Harmony.

Harmony Accounting Software yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisis, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Tunggu apa lagi? Yuk, silakan coba GRATIS 30 Hari Aplikasi Harmony, di sini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Jangan lupa untuk sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram