Harmony Blog

10 Tantangan Bisnis Yang Perlu Diketahui Di Era Digital

Diposting Apr 30th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Tantangan BisnisPin

Dengan berkembangnya era digital pada saat ini, tentu saja akan ada banyak peluang dan juga tantangan bisnis yang akan dihadapi. Semakin bebas dan cepatnya informasi pada saat ini merupakan salah satu faktor penyebabnya.

Tantangan bisnis bukan suatu hal yang harus dihindari, melainkan harus di hadapi dengan strategi yang tepat.Click to Tweet

Era digital dipandang sebagai era di mana perusahaan mengoptimalkan penggunaan alat-alat digital untuk kepentingan perusahaan. Keberadaan teknologi ini juga turut mempengaruhi permintaan konsumen yang lebih variatif dan juga menyebabkan tantangan pada bisnis.

Contohnya kini e-commerce mulai dikenal masyarakat, maka tidak heran banyak yang beralih penjualan melalui online. Berjualan online memang menjadi pilihan tepat di era digital ini.

Maka sudah tidak dapat dipungkiri bahwa tantangan bisnis di era digital pada saat ini adalah suatu hal yang harus Anda hadapi. Namun bagi Anda yang tertarik untuk berbisnis di dunia digital, berikut 10 tantangan yang perlu Anda ketahui.

Perkembangan Teknologi

Salah satu tantangan bisnis di era digital adalah harus bisa menyesuaikan diri dengan teknologi yang terus berkembang.

Sebagai pemimpin Anda juga harus memiliki karakter pemimpin yang mau terus belajar dan belajar untuk mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat membawa bisnis Anda semakin maju dari bisnis lainnya.

Perkembangan teknologiPin

Tentu terdengarnya akan menguras waktu dan tenaga, tetapi apabila Anda berhasil nantinya akan sangat mempermudah jalannya bisnis. Sebab di satu sisi teknologi memudahkan segala kegiatan dan pekerjaan manusia.

Kompetitor Semakin Banyak

Tantangan dalam bisnis selanjutnya adalah semakin banyaknya kompetitor. Teknologi canggih tentu sudah mampu dalam mengintegrasi saluran bisnis sehingga tidak adanya batas ruang dan waktu dalam melakukannya.

Menjadi kesempatan yang besar bagi Anda untuk menjalin kerja sama dengan berbagai bisnis di seluruh dunia.

Namun jika bisnis tidak disertai dengan ide kreatif yang baru, maka bisnis Anda tentu tidak dapat bertahan lama di pasar. Untuk itu selalu ciptakan suatu hal yang unik dan tidak pernah ditemui sebelumnya, agar dapat menarik perhatian para konsumen lainnya.

Baca Juga: Sistem Konsinyasi: Pengertian, Keuntungan Dan Kerugian Dalam Bisnis

Semua Serba Cepat

Masyarakat yang hidup di era digital tentu menginginkan sesuatu yang serba cepat dan praktis. Caranya yaitu dengan memanfaatkan teknologi dalam bisnisnya. Jika sebagai pelaku bisnis tidak dapat menandingi kecepatan bisnis digital lainnya, maka bisnis Anda bisa saja kalah dari persaingan.

Pola Masyarakat yang Berubah

Perubahan pola masyarakat sekarang tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Contohnya masyarakat kini mudah sekali merasa bosan dengan satu hal dan mempunyai keinginan yang cukup kompleks.

Selain itu masyarakat juga lebih pintar dalam memilih produk yang sesuai dengan mereka dan mana yang tidak sesuai. Hal ini tentu menjadi sebuah tantangan bisnis untuk lebih sering dalam berinovasi untuk menciptakan produk serta jasa.

Sumber Daya Manusia

Tidak hanya Anda saja sebagai pelaku usaha yang harus mampu mengikuti perkembangan tantangan bisnis di era digital saat ini. Namun, karyawan Anda juga perlu dalam mengikutinya.

Sumber daya manusiaPin

Biasanya para pebisnis terlalu fokus mengikuti perkembangan teknologi yang ada, sehingga lupa dengan kualitas para karyawannya. Jangan sampai biaya yang sudah Anda keluarkan untuk pembaharuan teknologi malah tidak optimal karena karyawan yang terlibat tidak mampu untuk mengikutinya.

Maka dari itu, sebagai pemilik bisnis Anda juga harus memberikan pelatihan tambahan kepada karyawan Anda secara berkala untuk menyesuaikan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Memasarkan Produk Menggunakan Teknologi

Dengan semakin besarnya perubahan teknologi, banyak para pebisnis yang mencoba mengikuti perkembangannya dan menerapkannya ke dalam bisnisnya, salah satu dengan memasarkan produknya menggunakan teknologi.

Mungkin seperti yang kita tahu, dulu setiap pebisnis melakukan pemasaran produknya dengan turun ke lapangan langsung dan menawarkannya kepada pelanggan.

Namun kini Anda sudah lebih mudah untuk mempromosikan produk Anda dengan menggunakan marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya. Anda juga memiliki tantangan bisnis dalam menarik minat konsumen untuk berbelanja ke toko online Anda.

Anda harus dapat membuat konsumen untuk lebih mudah dalam menemukan produk yang diinginkannya pada toko Anda, maka dari itu Anda juga harus pandai dalam memilih dan menjual produk yang sekarang ini banyak untuk dibutuhkan masyarakat.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Hilangnya Jati Diri Sebuah Perusahaan

Bagi pelaku bisnis yang memasukkan bisnisnya ke dunia digital terkadang terlalu cepat dalam melakukan terobosan baru yang kekinian daripada memperhatikan  dan mengembangkan strategi pemasaran dan kemasannya terlebih dahulu.

Sehingga hal tersebut membuat bisnis yang semula sudah berkembang menjadi kehilangan jati dirinya. Maka dari itu sebagai pelaku bisnis Anda juga harus perlu berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan.

Arus Informasi

Tantangan bisnis yang perlu Anda perhatikan yaitu derasnya sebuah arus informasi. Apabila Anda tidak bisa memanfaatkan situasi, hal ini dapat berdampak buruk terhadap bisnis Anda.

Namun apabila Anda menggunakan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis Anda melalui saluran informasi digital pada saat ini seperti Instagram, Youtube dan lainnya, maka keuntungan pada bisnis Anda akan bertambah.

Baca Juga: Research Gap : Metode Evaluasi Penelitian Yang Dapat Anda Terapkan Dalam Bisnis

Kurangnya Inovasi

Jika Anda tidak memiliki banyak inovasi dalam mengembangkan bisnis Anda, tentu perusahaan akan berjalan dengan sulit. Karena pebisnis tidak dapat melakukan perkembangan bisnisnya dengan baik.

Zero Surveillance

Semakin berkembangnya teknologi saat ini, tentu bisnis dapat lebih mudah dilakukan dan dikontrak dari jarak yang cukup jauh menggunakan website, email dan lainnya.

Namun tantangan bisnis yang kerap selalu terjadi dengan metode komunikasi jarak jauh ini adalah hilangnya sosok pemimpin atau disebut zero surveillance. Di mana pemilik bisnis melakukan komunikasi dengan karyawannya mengenai hal-hal yang berhubungan bisnis.

Sedangkan para karyawan membutuhkan keakraban dengan pemimpinnya dalam menjalin komunikasi yang baik, yang mana dapat menambah semangat dalam bekerja mereka.

Dengan adanya konsep zero surveillance ini tentu dapat Anda jadikan peluang dalam mengembangkan bisnis Anda. Para karyawan Anda akan lebih leluasa melakukan kreativitas mereka, dan peran penting juga tidak hanya dipegang olah pemimpin saja, melainkan semua unit karyawan sehingga kinerja karyawan dapat menjadi lebih produktif untuk ke depannya.

Secara menyeluruh perkembangan teknologi ini juga berdampak pada proses pembukuan dan pencatatan keuangan pada bisnis. Dengan majunya teknologi dan berkembangnya kebutuhan bisnis, pembukuan tidak lagi hanya mencatat transaksi dan mencari untung rugi dalam bisnis.

Pembukuan dan akuntansi pada bisnis telah berkembang menjadi data kesehatan bisnis, parameter yang menjadi indikasi baik atau tidaknya bisnis tersebut. Dengan pembukuan yang baik Anda juga bisa membuat bisnis Anda berkembang dengan cepat.

Untuk memudahkan semua itu Anda membutuhkan sistem pembukuan yang mudah, aman, cepat, dan tepat yang bisa mengakomodir semua kebutuhan bisnis. Anda bisa menggunakan software akuntansi Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha.

Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 Hari dengan mendaftar di sini.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK