Harmony Blog

10 Langkah Mengelola Bisnis Peternakan Kambing Jawa Randu

Diupdate Feb 24th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

kambing jawa randuPin

Sebagai masyarakat di Indonesia sudah mengetahui bahwa dihari raya lebaran idul adha akan memberikan kurban hewan seperti sapi atau kambing yang salah satu jenis kambing yang biasa didengar adalah kambing jawa randu.

Mayoritas masyarakat muslim di Indonesia setiap tahun akan merayakan Lebaran Idul Adha. Akan menguntungkan ketika sudah paham bagaimana memulai usaha peternakan kambing jika ingin memanfaatkannya.

Seperti bisnis musiman yang Anda jalani akan sangat menguntungkan bagi setiap masyarakat petani dan peternak hewan terutama kambing jawa randu, namun kebanyakan bagi setiap pebisnis yang mau memulai bisnis musiman seperti ini atau tahunan kurang memiliki pengetahuan tentang bisnis peternakan maupun pertanian.

Untuk bisnis pertenakan kambing jawa randu dapat dilakukan pada kondisi musiman atau tahunan yang meraup keuntungan besar dan dapat belajar melalui bisnis model canvas.

Hal ini merupakan peluang bagi setiap pengusaha yang tertarik di bisnis peternakan, bahkan terutama bagi suatu negara di Indonesia masih memiliki banyak tenaga ahli di desa atau perkampungan yang dapat Anda manfaatkan untuk mengajak masyarakat dalam bekerja sama dengan Anda yang sebagai pemodal dan masyarakat disana dapat dikatakan sebagai pekerja dan penyedia lahan.

Supaya demikian Anda sebagai pebisnis memiliki keuntungan dan mengurangi biaya modal lahan. Namun berbeda dengan para pekerja yang merupakan penduduk desa dalam ahli bidang peternakan kambing jawa randu tapi tidak cukup memiliki modal, akan merasa sangat menguntungkan karena para pengusaha dapat menyediakan modal bagi pekerja diperdesaan sebagai bentuk kerja sama bahkan menciptakan suatu lapangan pekerjaan, sehingga pihak pengusaha dan pekerja peternak akan merasa saling menguntungkan.

Hari raya idul adha yang juga dikenal sebagai hari raya besar untuk pengorbanan hewan yang merupakan hari libur umat Islam dalam berkumpul bersama keluarga dan hari dimana umat islam berkurban hewan seperti sapi atau kambing.

Hal ini juga merupakan hari yang baik untuk para pebisnis yang ahli pada bidang peternakan terutama peternakan kambing jawa randu yang memiliki keuntungan yang bisa Anda baca pada artikel ini seperti yaitu sebagai berikut :

10 Langkah-Langkah Mengelola Bisnis Ternak Kambing

Saat ini ada langkah-langkah bagaimana Anda menerapkan etika berbisnis untuk memulai usaha perternakan kambing supaya menghasilkan keuntungan dan tidak terjadi kerugian.

Hal ini juga membantu Anda supaya mengetahui bagaimana pemeliharaan kambing yang baik dan benar sehingga Anda meraih keuntungan yang besar yaitu sebagai berikut :

1. Pemasaran Kambing Meluas

Pada negara Indonesia, pangsa pasar kambing sangat luas terutama bagi kambing jawa randu. Itulah sebabnya dalam waktu berbisnis ternak kambing maka Anda tidak perlu khawatir pada penjualannya. Banyak tempat yang memberikan kuliner makanan yg menyediakan menu makanan daging kambing. Bahkan, warung makan khas kambing akan menyediakan untuk sate jika pada warung sate. Sehingga bisnis usaha kambing akan sangat laris pada penjualan kurban dan kuliner makanan.

2. Tempat Pemasaran Dengan Lahan Luas

Bagi Anda, untuk memulai bisnis ternak kambing sudah seharusnya mencari tempat pemasaran yang dapat dilihat orang dan dapat diketahui oleh masyarakat supaya penjualan kambing tersebut dapat menguntungkan. Pemilihan suatu tempat juga merupakan hal penting bagi setiap pebisnis lainnya karena target pemasaran harus diketahui sesuai dan tepat supaya tidak ada kesalahan atau kerugian pada bisnis Anda dikemudian hari.

3. Profit Besar Pada Bisnis Kambing Jawa Randu

Sebagai pebisnis peternak kambing hal ini bisa membuat profit yg besar. Lantaran hanya butuh struktur modal atau uang modal awal dalam membeli induk kambing saja. Kemudian apabila pekerja Anda dalam hal mengurus pemberian makanan untuk ternak kambing dapat secara gratis.

Hanya saja, yang diharapkan pada bisnis ini yaitu energy cukup terkuras dalam mencari suatu makanan seperti rumput untuk kambing. Ada kalanya memang diharapkan perawatan berupa vaksinasi supaya pertumbuhan kambing tidak rentan terhadap penyakit, namun pada biaya vaksin untuk berternak kambing biasanya tergolong murah.

4. Dibutuhkan Modal Yang Sedikit Untuk Ternak Kambing Jawa Randu

Apabila Anda berniat pada bisnis ternak kambing, Anda tidak perlu repot mencari induk kambing untuk memulai suatu bisnis. Ada kalanya Anda hanya perlu mencari tetangga atau orang disekitar yg ingin berinvestasi dalam memberi induk kambing. Sehingga Anda tidak hanya perlu mengurus saja. Namun, Anda perlu membuat pengeluaran pada penjualannya supaya keuntungan tersebut dapat disepakati.

5. Persiapkan Kandang Kambing

Sebelum Anda berbisnis sebagai peternak kambing, tentunya yg wajib dipersiapkan merupakan kandang atau sangkar kambing. Kandang yg dipakai harus sesuai dengan kondisi dan keadaan pada struktur pertumbuhan kambing yang akan dipelihara.

Kandang kambing merupakan kebutuhan dan faktor utama dalam memelihara suatu hewan kambing supaya bisa menghasilkan kambing yang sehat, gemuk dan dapat berkembang biak. Kandang kambing juga wajib bersih, bahkan harus terkena sinar matahari dan berikan jarak kandang tempat tinggal rumah Anda sejauh lima meter. Hal ini dilakukan supaya kambing tidak merasa stress atau tertekan apabila terlalu dekat dengan tempat tinggal.

6. Pengkuran Kandang Kambing Supaya Ideal

• Ukuran buat satu induk & 2 anak : 120 centimeter x 120 centimeter per-ekor.

• Untuk induk baik hamil atau nir : 100 centimeter x 125 centimeter per-ekor.

• Untuk kambing jantan : 110 centimeter x 125 centimeter per-ekor.

• Kambing dara yg siap buat pada pangkas : 100 centimeter x 125 centimeter per- ekor.

7. Pemilihan Dan Pemeliharan Bibit Kambing

Pemilihan bibit kambing harus disesuaikan berdasarkan karakteristik peternakan kambing. Misalnya untuk pemotongan kambing maka pilihlah kambing kacang karena kambing ini gampang berkembang biak bahkan gemuk sehingga menghasilkan daging yang banyak. Selanjutnya, apabila tujuannya untuk menghasilkan susu perah maka bibit kambing yang harus dipilih merupakan kambing etawa.

8. Pemberian Makanan Kambing

Makan kambing yang dapat diberikan berupa rumput atau daun hijau dan makanan tambahan lainnya dalam menunjang supaya kambing cepat tumbuh, sehat, gemuk bahkan bisa berkembang biak. Pemberian makanan kambing sebaiknya diusahakan dua kali sehari yaitu dalam pagi hari dan sore hari. Sehingga pemberian makanan untuk kambing per 3 Kg setiap harinya.

9. Perawatan Kambing Berdasarkan Penyakit

Pencegahan kambing berdasarkan penyakit dilakukan menggunakan melalui sanitasi atau pembersihan kandang supaya bersih bahkan pemberian makanan juga teratur supaya peternakan kambing tersebut tetap bergizi dan diberikan teratur vaksinasi.

10. Keuntungan Hasil Peternakan Kambing

Berikut beberapa hal penyakit kambing seperti: kembung, cacingan, kudis, paru-paru & koksidiosis. Apabila terdapat kambing yg terjangkit penyakit maka lakukan pemisahan dengan kambing lainnya dan lakukan pengobatan secepatnya. Hal ini dilakukan supaya penyakit kambing tidak dapat tertular ke kambing sehat.

Setelah melalui beberapa waktu dan kambing sudah siap untuk dijual. Untuk  pemotongan kambing dapat berumur 1-1,lima tahun bahkan juga sudah memiliki susu perah untuk dihasilkan dan dijual.

Selaian bergunanya kambing dalam menghasilkan daging dan susu untuk diperah, peternak kambing juga mempunyai laba atau keuntungan yang lain yaitu kotoran kambing dalam membuat pupuk kompos pada tanaman. Sehingga penghasilan berdasarkan ternak kambing dapat meraup penghasilan yang besar.

Jenis-Jenis Kambing Untuk Berbisnis

Saat ini sangat beragam sekali jenis-jenis kambing yang dapat dibudidayakan. Masing-masing jenis mempunyai keunggulan dan kelemahannya sendiri. Anda bisa memilih beberapa jenis kambing yang dapat diternak buat diambil daging atau susunya. Berikut ini beberapa jenis kambing yg terkenal dibudidayakan pada negara di Indonesia :

1. Jenis Kambing Etawa / Kambing Jamnapari

Masyarakat biasanya sering kali salah menyebut jenis kambing etawa, pada umumnya yg dimaksud etawa bagi setiap masyarakat merupakan kambing peranakan etawa (PE). Sedangkan kambing etawa sendiri sebenarnya bernama kambing jamnapari berdasarkan wilayah Etawah, di India. Sehingga bisa dibawa pada tahun 1930-an di era Belanda dan pada tahun 1947 pada jaman Presiden Sukarno.

Di masa belanda kambing jamnapari ini dikembangkan pada wilayah Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah. Sedangkan pada masa Presiden Sukarno kambing etawa dikembangkan pada Desa Senduro pada kaki Gunung Semeru, Jawa Timur.

Jenis kambing jamnapari mempunyai perawakan yg relatif bonsor. Kambing jantan sanggup mencapai berat sampai 120 kg, sedangkan betinanya mencapai 90 kg. Kambing jamnapari adalah kambing perah atau biasa diambil susunya. Produksi susunya bahkan bisa mencapai dua liter per hari.

2. Jenis Kambing Peranakan Etawa

Kambing peranakan etawa (PE) dikenal menggunakan sebutan kambing etawa. Jenis kambing ini adalah persilangan antara kambing jamnapari menggunakan kambing lokal.

Kelebihan kambing peranakan etawa merupakan jenis kambing ini sama baiknya buat dibudidayakan dalam menghasilkan daging bahkan produsen susu. Keistimewaan inilah yg menciptakan keragaman bisnis untuk berternak kambing sehingga pebisnis kepincut membudidayakan peranakan etawa. Lantaran selain menerima daging, pebisnis juga bisa menghasilkan susunya.

Bobot kambing peranakan etawa sanggup mencapai 120 kg buat yg jantan berbeda dengan betina yaitu beratnya sebesar 80 kg. Bahkan bagi ras kambing senduro yg berwarna putih, pernah tercatat peternak yangg sanggup mengembangkannya sampai 170 kg bagi yg jantan.

3. Jenis Kambing Kacang

Kambing kacang adalah jenis kambing lokal yg paling dimiliki untuk dibudidayakan pada Indonesia. Tubuh kambing kacang terbilang kecil dibanding jenis kambing lainnya. Tetapi mempunyai ketahanan kondisi tubuh yang sangat baik terhadap alam maupun penyakit diwilayah tropis.

Lantaran kondisi tubuh kambing jenis ini tidak gampang sakit dan tidak memerlukan perawatan khusus, merawat kambing atau beternak kambing kacang ini dapat dibudidayakan secara subsisten atau sampingan.

Bulu kambing kacang tipis, warnanya putih, hitam, coklat bahkan kombinasi berdasarkan ketiga warna bulu tersebut. Ciri spesial lainnya dalam kambing kacang jantan masih ada bulu yg tumbuh membujur mulai berdasarkan leher, pundak, punggung sampai ke ujung ekornya.

Kepala kambing kacang ukuran mini tanduknya pendek. Kedua telinganya berdiri tegak menggunakan janggut yang panjang. Ukuran kambing jantan dewasa sanggup mencapai 30 kg sedangkan betinanya 25 kg.

4. Jenis Kambing boer

Sebagaimana namanya kambing boer asal berdasarkan Afrika Selatan. Kambing ini adalah jenis kambing pedaging unggul. Pertumbuhannya sangat cepat buat berukuran kambing. Menginjak usia tiga bulan telah sanggup mencapai bobot 35-45 kg. Kambing jantan dewasa yg berumur dua-tiga tahun sanggup mencapai bobot sampai 150 kg, sedangkan betinanya 90 kg.

Ciri-karakteristik kambing boer gampang dikenali. Badannya lebar & panjang menggunakan kaki yg pendek. Bulunya secara umum dikuasai putih, dalam bagian ketua berwarna coklat belia sampai coklat. Hidungnya konveks menggunakan indera pendengaran yg panjang menggantung ke bawah.

5. Jenis Kambing Jawa Randu

Kambing jawa randu adalah persilangan berdasarkan kambing peranakan etawa menggunakan kambing kacang. Dilihat berdasarkan bentuknya, jenis kambing ini lebih menyerupai kambing kacang tetapi berukuran tubuhnya sedikit lebih besar.

Namun demikian perihal dengan perilakunya, kambing jenis ini lebih seperti kambing kacang yg senang berkeliaran atau digembalakan. Hanya saja kambing jawa randu sanggup memakan dedaunan hijau ataupun hanya rumput.

Meski tidak sebanyak dan segagah kambing peranakan etawa, kambing jawa randu dapat menghasilkan susu sampai 1,lima liter per hari. Perkembangan kambing jawa randu lebih cepat berdasarkan kambing kacang. Kambing jantan & betina sanggup mencapai bobot sampai 40 kg. Kambing jenis ini dibudidayakan menjadi hewan kurban atau akikah pada suatu acara atau hari besar.

Baca Juga : Wajib Anda Tahu! Cara Mengatasi Stagnansi Dalam Bisnis

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Daftar Harga Kambing Jawa Randu Dan Jenis Lainnya.

Kambing termasuk hewan yang relatif menguntungkan jika dapat diternakkan pada skala yang kecil hingga besar, bahkan apabila telah mendekati hari Raya Kurban akan sangat menguntukan bagi pebisnis perternakan. Jenis kambing yang biasa dijadikan ternak di negara Indonesia terdapat bermacam-macam, mulai menurut kambing etawa yag dapat menghasilkan susunya, kambing gibas, kambing boer, kambing Jawa randu, kambing boerawa, sampai kambing kacang.

Kambing-kambing tadi umumnya dihitung menggunakan harga jual atau hpp dari berbagai jenis usianya, apakah masih anakan atau yg telah dewasa bahkan siap potong dan dijual. Biasanya kambing yg masih anakan harganya akan lebih murah. Berikut ini daftar harga jenis kambing anakan bahkan hingga dewasa pada harga pasaran.

1. Jenis Kambing Gibas

Kambing gibas juga memiliki beragam harga dan akan mengalami kenaikan harga dibandingkan tahun yang lalu. Kemudian, spesifik kambing gibas memiliki umur 3 – 6 bulan (anakan) baik jantan juga betina. Yang sudah terdata sebelumnya jantan pada usia tersebut dijual lebih kurang Rp500 ribu – Rp700 ribu, sekarang naik sebagai Rp600 ribu – Rp1,200rb. Berbeda menggunakan betina menggunakan umur yang sama ternyata lebih murah. Awalnya, dijual seharga Rp400 ribu – Rp600 ribu dan menjadi naik sebagai Rp500 ribu – Rp1,1 juta.

2. Jenis Kambing Peranakan Etawa (PE)

Harga kambing peranakan etawa jua mengalami kenaikan spesifik dalam beberapa kategori pada antaranya, peranakan etawa jantan dan betina umur 3 – 6 bulan (anakan). Untuk kategori jantan sebelumnya dijual seharga Rp900 ribu – Rp1,200rb, sedangkan betina awalnya Rp1,200rb – Rp1,500rb sebagai Rp1,4 juta – Rp1,8 juta.

3. Jenis Kambing Etawa

Kambing etawa betina umur satu – dua tahun 3.300.000 – 4.000.000 Jika diamati menurut penjualan tahun sebelumnya, kambing etawa mengalami kenaikan harga. Misalnya, kambing etawa jantan umur 3 – 6 bulan (anakan) sebelumnya dijual seharga Rp1,8 juta – Rp2,200rb sekarang sebagai Rp2 juta – Rp3 juta. Sama halnya menggunakan kategori betina umur 8 – 12 bulan yg sebelumnya seharga Rp2,8 juta – Rp3,500rb berubah sebagai Rp3 juta – Rp3,500rb.

4. Jenis Kambing Boer

Apabila dibandingkan tahun lalu, beberapa jenis kambing penjualannya mengalami kenaikan harga. Sebagai contoh, kambing boer jantan umur tiga – 6 bulan (anakan) sebelumnya dijual seharga Rp2,8 juta– Rp3,dua juta namun harga penjualan sekarang berkisar Rp3 juta – Rp6,6 juta. Untuk tarif kambing jenis lainnya belum ditentukan.

5. Jenis Kambing Jawarandu

Sama halnya misalnya jenis kambing lainnya yg mengalami harga fluktuatif setiap tahun. Kambing jenis jawarandu tidak jauh berbeda. Misalnya saja, buat kategori jantan umur tiga – 6 bulan (anakan), sebelumnya dijual seharga Rp700 ribu – Rp900 ribu sekarang wajib merangkak naik sebagai Rp800 ribu – Rp1,dua juta. Berbeda menggunakan kategori betina umur tiga – 6 bulan yg awalnya Rp600 ribu – Rp800 ribu sebagai Rp700 ribu – Rp1,1 juta.

6. Jenis Kambing Kacang

Saat ini, penjualan kambing jenis kacang mengalami perubahan harga dibandingkan tahun lalu. Misalnya, kambing kacang jantan umur tiga – 6 bulan (anakan) sebelumnya dijual seharga Rp800 ribu – Rp1,dua juta sekarang sebagai Rp1 juta – Rp1,6 juta. Sama halnya menggunakan kategori betina umur 8 – 12 bulan yg sebelumnya seharga Rp1,lima juta – Rp2,dua juta berubah sebagai Rp1,8 juta – Rp2,tiga juta.

Informasi daftar harga kambing anakan bahkan dewasa pada daftar diatas dapat dicari melalui sumber mana saja. Perlu diingat bahwa harga kambing anakan dan dewasa sanggup berubah sewaktu ketika tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kambing anakan yg berlaku pada setiap wilayah juga dapat berbeda-beda, tergantung penawaran pihak penjual.

Sebelum berbisnis dan menjual tetapkan harga untuk membeli kambing anakan buat dipelihara, pastikan kambing anakan tadi dari berdasarkan bibit atau indukan yg memang sehat dan berkualitas sehingga Anda tidak mengeluarkan biaya ataupun mengalami kerugian.

Setelah Anda tahu mengenai bagaimana cara berbisnis peternakan khususnya kambing jawa randu, keuntungan hingga harga jualnya. saatnya bagi Anda untuk memanfaatkannya dalam mengembangkan bisnis. Anda tidak perlu melakukan secara manual, namun saat ini Anda dapat menggunakan software yang terintegrasi seperti sistem harmony.

Harmony dapat membantu Anda dalam mencatat, menganalisis, dan mengatur laporan keuangan untuk pembukuan Anda dan laporan akuntansi bisnis lainnya dengan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan.

Harmony Accounting Software dapat membuat dan menampilkan laporan keuangan secara lengkap, terperinci, dan terintegrasi dengan bagian akuntansi. Sangat mudah digunakan, oleh para pengguna yang masih pemula atau tidak memiliki keahlian IT ataupun Accounting sekalipun. konsultasikan dengan kami di live chat Harmony. Tunggu apalagi? Segera daftarkan akun Anda dan dapatkan software GRATIS 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony